Kebahagiaan, Sebuah Tujuan atau Perjalanan?

Senin, 30 November 2020 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Hal ini dapat mendorong mereka untuk segera menetapkan standar yang lebih tinggi untuk memperoleh sensasi kebahagiaan baru, membentuk lingkaran setan yang membuat frustrasi.

Meskipun demikian, semua bukti ini seharusnya tidak meyakinkan kita bahwa gaya hidup sehat yang seimbang dan berorientasi pada tujuan itu merugikan. Penetapan tujuan merupakan strategi yang berguna untuk merangsang perubahan perilaku, untuk mengeksplorasi arah baru dan pada akhirnya memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan minat dan nilai pribadi.

Oleh karena itu, penting untuk menemukan keseimbangan yang baik antara tujuan ekstrinsik dan kesenangan intrinsik.
Dengan kata lain, mengejar tujuan eksternal dapat mewakili kesempatan berharga untuk mengeksplorasi berbagai nilai dan aktivitas intrinsik baru.

Misalnya, temuan baru-baru ini menunjukkan bahwa terlibat dalam aktivitas sosial yang mendorong keseimbangan antarpribadi dan hubungan positif dengan orang lain adalah cara yang baik untuk menemukan kebahagiaan karena aktivitas tersebut meningkatkan kesejahteraan individu.

Kebahagiaan, Sebuah Tujuan atau Perjalanan?

Foto: Adviceable



Giacomo Leopardi mungkin akan memberi tahu kita bahwa yang penting bukanlah mencapai kebahagiaan, melainkan menemukan strategi yang menyenangkan untuk mencapainya.

Fitri Rizky Hartanti
Kontributor Gen SINDO
IISIP Jakarta
Instagram @frizkyhrtnti
(nov)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)