Ini Asal-Usul Pengendara Vespa Suka Diberi Hormat Anak Kecil

Sementara mod berasal dari kata modernis yang lahir dari London, Inggris, pada awal 1960-an. Istilah yang diambil dari aliran jazz ini sempat menarik perhatian pascapeperangan.

Subkultur mod berangkat dari pemberontakan anak muda pada sistem kolot seperti sistem kelas di Inggris pasca-Perang Dunia II yang rata-rata berasal dari kelas pekerja.

Ini Asal-Usul Pengendara Vespa Suka Diberi Hormat Anak Kecil

Foto:Instagram @febrypraset

Mereka berpakaian rapi, necis, sambil menaiki skuter untuk menunjukkan bahwa mereka bisa bergaya meskipun dari kelas pekerja.

Nah, skuter jadi salah satu bagian subkultur mod, antara lain bersama musik dan mode . Busana rapi seperti kaos polo, mohair Italia, jaket parka, dan sepatu bot yang diwariskan gerakan modernis akhir 1950-an dan awal 1960-an menjadi salah satu penanda pengikut subkultur mod di Indonesia saat ini.

Sebagai salah satu merek skuter paling terkenal, Vespa pastinya juga terkait dengan subkultur mod. Budaya ini pula yang mempopulerkan lagi merek Vespa.

Meski begitu, seiriing waktu, terutama di Indonesia, komunitas ini tidak mengenal kelas, justru sebaliknya punya slogan "Satu Vespa, Sejuta Saudara".

Brand Vespa sudah besar dari sebelum adanya style mod itu sendiri,” ujar Febry. (Baca Juga: Terlalu Sering Ditanya, Astronaut NASA Akhirnya Bikin Video Tutorial Pipis dan BAB di Luar Angkasa )

GenSINDO
Nur Kamilah
Universitas Negeri Jakarta

(it)
halaman ke-2 dari 2
Share: