alexametrics
Hobi Belanja Bisa Mengurangi Stres, Tapi Banyak Dampak Negatifnya
Hobi Belanja Bisa Mengurangi Stres, Tapi Banyak Dampak Negatifnya
Belanja secara berlebihan punya dampak positif, tapi lebih banyak lagi dampak buruknya. Foto/shopify.com
Jakarta - Menurut psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psi, ciri utama orang yang hobi belanja hingga menganut paham hedonisme adalah tidak memedulikan kepentingan orang lain. Yang penting mereka mendapatkan kesenangan walaupun orang lain kesusahan.

“Mereka juga memiliki sifat yang tidak pernah puas. Walaupun sudah memiliki sesuatu, tapi selalu merasa belum puas, sehingga selalu mencari yang lebih,” ujar Rena.

Sifat konsumtif itu dilakukan karena kesenangan, bukan kebutuhan. "Misalnya mau beli tas bukan karena kebutuhan tapi memang karena senang beli tas. Karena setelah dia belanja dia merasakan kepuasan,” ucapnya.



Menurutnya, seseorang bisa menganut hedonisme karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat dilihat dari kebutuhan individu untuk memberikan rasa senang pada diri mereka sendiri.

Untuk faktor eksternalnya adalah karena pengaruh lingkungan. "Lingkungan kita (orang-orangnya) memang sering berbelanja bukan karena kebutuhan tapi keinginan. Nah, lama-lama kalau kita terus melakukan hal tersebut, bisa menjadi kebiasaan dan akhirnya kita bisa bersifat hedonisme itu sendiri,” tambahnya.

Sebenarnya, kata Rena, hedonisme juga punya sisi positif, yaitu untuk menciptakan kesenangan dan dapat menjadi cara untuk mengurangi stres.

Namun dampak negatifnya juga cukup signifikan. Beberapa di antaranya adalah bisa terjerumus dalam pergaulan bebas yang akhirnya bisa memberikan dampak negatif yang lebih, manajemen waktu yang buruk, serta alokasi keuangan yang tidak fokus sehingga tidak ada tujuan dan target jangka panjang.

Nadirah Ali
Gen Sindo
Universitas Binus



(her)
Redaksi SINDOnews
SINDOnews
Artikel Terkait
View More
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Ramadhan Gen SINDO
  • Ramadhan Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Menjelang perayaan Idul Fitri 2019/1440 Hijriah, yuk kembangkan kemampuan menulismu dengan ikut berpartisipasi menulis terkait perayaan Idul Fitri.
    Tulisan bisa berupa : Feature, Opini, Tips serta lainnya.
    Tulisan yang menarik akan dimuat di kanal Gensindo.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
    Kami tunggu hingga 07 Juni 2019.
R Side
R Side
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss