Indonesia Science Expo 2020 Hasilkan Inovasi Terbaik dari Generasi Muda

Minggu, 22 November 2020 - 09:30 WIB
loading...
Indonesia Science Expo 2020 Hasilkan Inovasi Terbaik dari Generasi Muda
Indonesia Science Expo 2020 diharapkan bisa menghasilkan para inovator muda dalam bidang riset. Foto/Dok. ISE 2020
A A A
JAKARTA - Indonesia Science Expo (ISE) 2020 adalah ajang kompetisi riset dan inovasi, sekaligus titik temu antara pencinta sains dan pemangku kepentingan di bidang Iptek.

Dalam rangkaian ISE tahun ini telah diselenggarakan enam konferensi sains tingkat internasional.

ISE juga bekerja sama dengan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) dan kembali menyelenggarakan kompetisi sains untuk siswa-siswi SMP dan SMA se-Indonesia, berupa National Young Inventor Award (NYAI) dan Lomba Karya Ilmiah Remaja.

Indonesia Science Expo (ISE) 2020 mengusung tema "Infunity Science Exploration". Penyelenggara berharap, sains menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi remaja.

Pada National Young Inventor Award (NYAI) ke-13 tahun 2020, posisi pertama diraih oleh siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Mukhammad Sholikhuddin dan Nabil Nasruddin atas inovasi berupa SADFOREST (Smart Alert Detect for Deforestation).

Indonesia Science Expo 2020 Hasilkan Inovasi Terbaik dari Generasi Muda

Foto: Dok. ISE 2020

Juara kedua ditempati oleh Ginaris Sekar dan almas Fauziyah atas karyanya berupa Detective Pen (Detektor Borax, Formalin dan pewarna Sintetik).

M. Lutfi Usman dan Ratna Juwita meraih juara ketiga untuk penemuan berupa Communication Gloves Device (Sarung Tangan Komunikasi Bebas Pulsa, berbasis Arduini Wireless, Bagi Para Pendaki).

Ketiga pemenang mendaptkan sertifikat, piala dan uang pembinaan. Para pemenang akan mengikuti International Expo Youth Inventor di Rusia dan Asian Student Science Project Competition di Thailand pada tahun depan.

Pada National Young Inventor Award (NYAI) ke-13 dan Lomba Karya Ilmiah Remaja ke-39, pihak panitia menerima 80 proposal dan proyek penelitian dari 142 finalis remaja.

Proses seleksi dan pembinaan telah dilaksanakan sejak Juli hingga Oktober 2020 dan sejak 16--18 November 2020 telah dilangsungkan presentasi hasil dan penjurian. ( )

Pada acara Penganuerahan Kompetisi Ilmiah dan Penutupan ISE 2020 (19/11), Kepala Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko berharap acara ini bisa memunculkan kesadaran dan kepedulian terhadap Iptek dan inovasi sebagai upaya meningkatkan daya saing.

Indonesia Science Expo 2020 Hasilkan Inovasi Terbaik dari Generasi Muda

Foto: Dok. ISE 2020

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Menristek, Bambang Brodjonegoro yang berharap anak muda bisa selalu produktif. "Juga menghasilkan riset-riset inovatif untuk Indonesia dan dunia," ujarnya.

Terdapat beberapa bidang yang dibuka dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja ke-39 tahun 2020, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT), Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), dan Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelauatan (IPK).

Dalam bidang IPH, Juara ketiga dimenangkan oleh Siti Andriyani dan Nisrinah, asal MAN 2 Kota Malang atas karya Kultur Primer Sel Kanker Kolorektal dari Mencit Model BALB/C Terinduksi Diet Tinggi Lemak dan 7,12-Dimethylbenz(a)nthracene (DMBA) Tahun ke - II : Analisis Flowcytometri.

Indonesia Science Expo 2020 Hasilkan Inovasi Terbaik dari Generasi Muda

Foto: Dok. ISE 2020

Pada posisi kedua bidang IPH ditempati oleh Amira Kumala dan Edenia Evelina, asal SMA IT AlIrsyad AlIslamiyyah Purwokerto atas karyanya berjudul Identifikasi Mikroplastik Pada Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) Di Pasar Manis Purwokerto.

Di posisi puncak bidang IPH ditempati oleh Christian Agung Novianto dan Steven Mathias Holme, asal SMA Regina Pacis Bogor atas karya berjudul Sintesis Komposit Mikropartikel GO-CS (Grafena Oksida-Kitosan) sebagai Adsorben Logam Berat Pb(II), Zn(II), dan Mn(II).

Dalam bidang IPK, Juara ketiga dimenangkan oleh Ramadhita Putra Purnomo dan Nadia Yulia Maya, asal SMA Negeri 1 Kertosono atas karya berjudul MANGROPLAST, Pemanfaatan Daun Mangrove (Lumnitzera littorea (Jack) Voigt) sebagai Plester Penyembuhan Luka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5097 seconds (0.1#10.140)