4 Cara Hubungan Beracun Merusak Kesehatan Kamu

4 Cara Hubungan Beracun Merusak Kesehatan Kamu

Foto: Shutterstock

"Sebagai manusia, kita mengadaptasi untuk merespons ancaman dengan melawan atau pergi. Beberapa peneliti menyebut respons stres kita sebagai reaksi metabolik terhadap perubahan hormonal karena adanya stres yang memengaruhi mental kita,” terang Axe.

Ini terjadi di hipotalamus sebagai pusat komando di otak yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan hormonal. Area otak ini juga yang merespons stres. Axe menjelaskan, saat tubuh sedang stres, sekresi dari hormon stres seperti adrenalin dan kortisol membanjiri tubuh.

Hal ini berpengaruh terhadap mental dan fisik. Ia mencontohkan, perubahan kardiometabolik terjadi ketika kita stres, misalnya gula darah jadi meningkat dan jantung berdetak lebih kencang. Ini bisa terjadi ketika merasa sedang terancam atau pun saat depresi. Hati, sistem pencernaan, sistem reproduksi juga akan bekerja berbeda sebagai respons dari meningkatnya hormon stres dalam darah.

3. PENGARUHI IMUNITAS

4 Cara Hubungan Beracun Merusak Kesehatan Kamu

Foto: elenaleonova/iStock

Insomnia meningkatkan tekanan darah, ketegangan otot, bahkan menurunkan imunitas. Ini adalah kondisi tubuh yang terjadi saat sedang bergulat dengan hubungan yang tidak sehat. (Baca Juga: 3 Langkah untuk Cari Tahu Tujuan Hidup yang Pas Buat Kamu )

4. BISA AKIBATKAN PENYAKIT JANGKA PANJANG

4 Cara Hubungan Beracun Merusak Kesehatan Kamu

Foto: Shutterstock

Axe menyebut beberapa penyakit yang lebih serius seperti kecemasan kronik, gangguan hormonal, dan gangguan pencernaan sebagai penyakit jangka panjang yang berisiko muncul akibat tekanan berada dalam hubungan beracun.

“Kalau masih bergulat dengan stres yang menahun, kamu akan mengalami kelelahan, tidak bersemangat, moody, dan tidak enak badan,” kata Axe.

Pikiran yang stres akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur inflamasi. Karenanya penting untuk mencoba rileks sehingga tubuh akan mulai pulih dan kembali normal. (Baca Juga: Daftar Lagu dari Psikolog untuk Bikin Hati Kamu Bahagia )

(it)
halaman ke-2 dari 2
Share: