alexametrics
Alasan untuk Tetap Bahagia dan Mencintai Diri Sendiri
Alasan untuk Tetap Bahagia dan Mencintai Diri Sendiri
Kamu bisa bahagia hanya kalau kamu sudah bisa menerima dan mencintai diri kamu sendiri. Foto/virtuesforlife.com
Jakarta - Apa yang sedang merasuki pikiranmu saat ini? Merasa bosan dengan gayamu? Merasa ingin menjadi seperti yang lain? Atau merasa kurang puas dengan apa yang sudah kamu miliki?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang membuat kamu lelah sendiri dan tak bisa menikmati hidupmu.

Kalau kamu bertanya bagaimana agar kamu dihargai dan dicintai, coba tanyakan dulu apakah kamu sudah menghargai dan mencintai diri kamu sendiri?



Mencintai diri sendiri mungkin memang lebih sulit dibanding mencintai orang lain. Apalagi kalau ada berbagai hal yang membuat kita merasa tidak puas dengan kondisi kita ini.

Seperti bentuk tubuh dan wajah yang tak idealis, kehidupan finansial yang tak mendukung, dan sebagainya. Padahal, memiliki kepedulian yang baik dengan diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin hubungan dengan orang lain.

Lantas, bagaimana caranya mencintai diri sendiri? Nah, ini ada alasan-alasan yang bisa membuat kamu merasa berharga untuk menikmati hidup yang Indah ini.

Ada yang Membutuhkanmu
Kamu pasti memiliki orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, saudara dan sebagainya. Dengan hadirnya dirimu di tengah kehidupan mereka, akan berbeda jadinya jika tanpa kehadiranmu.

Percayalah mereka menyayangimu dan membutuhkanmu. Ada harapan besar di hati mereka untukmu, dan kamu mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkannya

Mereka Tidak Bisa Sepertimu
Kamu adalah kamu. Jika kamu ingin merasa dihargai, buatlah mereka menghargaimu saat kamu menjadi dirimu yang sebenarnya, bukan saat kamu menjadi apa yang mereka inginkan.

Jangan terlalu larut pada pemikiran bahwa kamu tidak bisa seperti mereka. Ketahuilah bahwa mereka juga tidak bisa sepertimu.

Tanpa kamu sadari, ada segelintir orang yang ingin menjadi sepertimu. Jadi, bersyukurlah karena kamu diciptakan dengan hidupmu yang indah.

Mimpimu Menantimu
Ketika kamu merasa tidak berharga dalam menjalani hidupmu, percayalah ada sebuah mimpi besar yang menantimu. Itu merupakan alasan yang membuat kamu harus tetap melanjutkan hidupmu dengan tekad dan penuh semangat.

Mimpimu tidak akan pernah bisa kamu raih jika kamu hanya berusaha mengungkapkannya. Berusahalah untuk membuatnya semakin nyata dengan tindakan-tindakanmu sendiri. Namun yang paling terpenting adalah rencana Tuhan yang paling indah, apapun hasilnya nikmatilah hidupmu.

Di Balik kekurangan, Kamu Punya Kelebihan
Tuhan menciptakan manusia dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika kamu hanya memikirkan apa yang tidak kamu miliki, lalu kamu terpicu untuk mengubah diri kamu menjadi orang lain, itu adalah langkah yang salah.

Belajarlah untuk menerima kekuranganmu, dan temukan banyak kelebihanmu yang tak kamu sadari. Mulailah berpikir positif untuk dirimu sendiri. Ada banyak orang yang tidak memiliki apa yang kamu miliki, dan kamu wajib mensyukuri hal itu.

Bukalah matamu untuk melihat mereka di luar sana yang selalu tersenyum meski kekurangan dalam diri mereka. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Yang harus kamu lakukan saat ini adalah tutupi kekuranganmu dan kelebihan yang melekat di dirimu.

So, sudahkah kamu menemukan alasan untuk tetap melanjutkan hidupmu yang indah? Kamu berharga, maka dari itu Tuhan memilihmu untuk hadir di tengah-tengah dunia ini.

Najmah Oktama Wulandari
Kontributor Koran Sindo
Universitas Negeri Jakarta

Najmah bisa dihubungi di:
Instagram: @najmahoctm



(her)
Artikel Terkait
View More
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Ramadhan Gen SINDO
  • Ramadhan Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Menjelang perayaan Idul Fitri 2019/1440 Hijriah, yuk kembangkan kemampuan menulismu dengan ikut berpartisipasi menulis terkait perayaan Idul Fitri.
    Tulisan bisa berupa : Feature, Opini, Tips serta lainnya.
    Tulisan yang menarik akan dimuat di kanal Gensindo.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
    Kami tunggu hingga 07 Juni 2019.
R Side
R Side
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss