alexametrics
5 Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Noda Sepatu Suede
5 Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Noda Sepatu Suede
Sepatu berbahan suede memang cantik, tapi kamu harus pandai merawatnya biar bulunya tak terlihat kusam. Foto/Seventeen
Jakarta - Dari menjaga supaya warna tetap kinclong sampai membersihkan dari noda air kotor, lumpur, dan minyak, semua bisa dicoba. 

Sepatu berbahan suede memang cantik. Tapi sepatu ini juga musuh bagi air dan debu tebal. Kalau kamu pake sepatu ini seharian, apalagi setiap hari di luar ruangan, bisa jadi sepatu suede kesayangan kamu jadi gampang buluk atau rusak.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, terutama buat kamu yang warna sepatu suede-nya masih cemerlang, lima tips dari Seventeen ini mudah untuk dipraktikkan. Kuy, langsung cek di bawah ini.



1. Cegah dengan Pakai Semprotan Pelindung
Karena sepatu suede termasuk barang ‘manja’, jadi kamu harus lebih ekstra dalam merawatnya. Nah, untuk berjaga-jaga kalau-kalau sepatu itu akan kena noda atau debu, maka semprotkanlah spray pelindung di sepatu tersebut.

Dengan spray ini, kalau tiba-tiba sepatu kamu kena noda lumpur atau genangan air hujan, maka noda tersebut tidak akan langsung merusak sepatu. Artinya, kamu masih punya waktu untuk membersihkan sepatu kesayangan agar kerusakannya tidak sampai permanen.

Untuk mencari produk semprotan pelindung sepatu, kamu bisa membelinya di toko-toko khusus sepatu atau beli di toko daring. Tinggal cari produk dengan kata kunci “spray pelindung sepatu” atau “waterproof spray” atau “protect spray”, pasti ketemu. Pelindung ini bukan cuma berlaku untuk bahan suede, tapi bahan-bahan lainnya juga bisa.

2. Pakai Kuas untuk Membersihkan
Masih berhubungan dengan poin pertama, untuk membersihkan sepatu yang terkena noda, kamu bisa pakai sikat atau kuas khusus untuk membersihkannya.

Kalau sepatu kamu basah, remas koran (atau jenis kertas lainnya) dan masukkan ke sepatu untuk membantu sepatu mempertahankan bentuknya. Kemudian, biarkan sepatumu benar-benar kering. Setelah kering, gunakan sikat pembersih sepatu (mudah dicari di toko daring) untuk membersihkannya.

3. Tiap Noda Punya Strategi Masing-Masing
Tidak semua noda dibuat sama, jadi kamu harus punya strategi juga saat membersihkannya.

Noda lumpir termasuk yang mudah dihilangkan, tapi kamu harus sabar. Tunggu sampai lumpur mengering sepenuhnya. Setelah itu, sikat dengan permukaan datar sikat pembersih, gosok perlahan kotoran yang mengeras. Kemudian, tekan dengan kuat dan gosok kotoran yang tersisa.

Untuk noda sulit seperti minyak, kalau sepatu masih basah, tuangkan tepung jagung dalam jumlah banyak ke area bernoda (tepung jagung seharusnya menyerap minyak). Biarkan semalaman dan bersihkan tepung jagung dengan lembut. Jika noda masih ada, bersihkan dengan cuka putih menggunakan sikat gigi atau sikat halus.

Untuk noda air, bersihkan (jangan digosok!) dengan tisu atau kain kering untuk menyerap air. Kemudian, biarkan sepatu di tempat yang sejuk agar kering. Tapi waspada terhadap segala jenis panas karena bisa merusak suede lebih banyak.

4. Simpan di Tempat Kering
Nah, untuk pencegahan, warna suede bisa memudar dengan cepat karena bahannya yang halus. Oleh karena itu, simpan di tempat yang gelap. Atau yang penting, jauh dari kamar mandi atau tempat yang lembap agar tidak merusak kainnya.

5. Jangan Ditaruh di Kantong Plastik
Kalau kamu membawa sepatu suede untuk bahan ganti, lebih baik taruh di kantong atau tas kain dibanding kantong plastik. Soalnya, bahan plastik menyimpan hawa lembap. Kalau kamu membawa sepatu itu di dalam plastik dengan durasi yang lama, maka berpotensi membuat bulu sepatu jadi kasar dan warnanya memudar.



(her)
Artikel Terkait
View More
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Ramadhan Gen SINDO
  • Ramadhan Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Menjelang perayaan Idul Fitri 2019/1440 Hijriah, yuk kembangkan kemampuan menulismu dengan ikut berpartisipasi menulis terkait perayaan Idul Fitri.
    Tulisan bisa berupa : Feature, Opini, Tips serta lainnya.
    Tulisan yang menarik akan dimuat di kanal Gensindo.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
    Kami tunggu hingga 07 Juni 2019.
R Side
R Side
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss