alexametrics
5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
Bikin acara kampus bisa jadi ajang latihan kamu untuk membuat konsep dan mengatur acara agar bisa sukses. Foto/womantalk.com
Jakarta - Sekarang, kampus memang lagi kosong karena kita lagi melakukan Pembelajaran Jarak jauh (PJJ). Tapi kalau semuanya udah normal lagi, tips ini bisa kamu pakai.

Salah satu hal yang menyenangkan dari dunia kampus adalah bahwa banyak kegiatan yang bisa dilakukan selain belajar di kelas. Kita bisa ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), lembaga kemahasiswaan, sampai jadi panitia acara ini-itu di kampus.

Dengan terlibat aktif membuat acara di kampus, kamu bisa belajar banyak hal yang bisa jadi modal untuk menjalani siklus hidup berikutnya.



Nah, tapi pernah gak, sih, kamu mengalami bikin acara yang udah kamu susun sedemikian rupa, tapi berakhir dengan kegagalan a.k.a sepi penonton atau acara yang berjalan gak sesuai dengan goals yang diharapkan.

Nah, gak perlu nyewa jasa event organizer untuk mendapatkan acara yang menarik atau pujian dari para tamu, ini lima tips yang bisa kamu coba supaya acara kampus kamu menarik dan ramai pengunjung.

1. BUAT TEMA/KONSEP YANG JELAS DAN MENARIK

5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
Foto: bakrie.ac.id

Konsep yang menarik dan unik jadi modal utama kalo mau acara kamu sukses. Jangan ragu buat tukar pikiran bareng seluruh anggota tim yang terlibat dalam acara. Mintalah setiap orang untuk menyampaikan idenya masing-masing, kemudian lakukan voting untuk pemilihan ide konsep acara yang akan digunakan. Memikirkan ide konsep acara bersama-sama tentunya akan lebih menyenangkan serta akan lebih banyak ide yang didapatkan dibandingkan dengan memikirkannya sendirian.

2. SUSUN STRUKTUR KEPANITIAAN YANG KOMPAK

5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
Foto: es.123rf.com

Kalo cuma tema dan konsepnya aja yang ajib, tapi gak didukung struktur panitia yang solid, ya, bakal berujung sia-sia. Membuat kepanitiaan untuk sebuah acara itu gak bisa dengan asal tunjuk. Pastikan bahwa setiap anggota tertarik dan jangan lupa untuk melakukan penempatan divisi kepanitiaan berdasarkan bakat atau minat mereka masing-masing.

Kalau penempatan struktur kepanitiaan gak dilakukan secara tepat, kemungkinan terburuk yang akan terjadi adalah acara kamu bakal 'gatot' alias gagal total. Sama halnya kayak yang dikatakan oleh mendiang Steve Jobs, yaitu satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai hal yang dilakukan.

3. RENCANAKAN RUNDOWN DAN TIMELINE ACARA JAUH-JAUH HARI

5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
Foto: francescosecli.com

Ingatlah bahwa acara kampus yang sukses gak bisa jadi dalam semalam aja. Maka dari itu, mulailah dengan melakukan persiapan acara (rundown) yang ingin kamu selenggarakan dengan waktu yang cukup memadai agar segala sesuatunya bisa dilakukan dengan matang.

Gak cuma itu, bikin timeline persiapan pengelolaan acara juga sama pentingnya. Ini supaya tenggat waktu untuk setiap target-target persiapan acara sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Kunci utamanya adalah terus melakukan pengecekan secara rutin mengenai segala persiapan agar seluruh kegiatan sesuai dan berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini membantu untuk membuat sejumlah tindakan pencegahan sedini mungkin kalau ada kejadian tak terduga saat persiapan atau saat acara berlangsung.

4. BIKIN PROMOSI UNIK

5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
Foto: solvay.com

Jangan cuma ngandelin media partner, todong juga teman-teman di kelas kamu untuk bantu mempromosikan acara kampus. Manfaatkan juga media sosial sebagai ajang promosi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social pada 2016, dari 7,395 miliar populasi dunia, ada 2,307 miliar orang yang aktif menggunakan jejaring sosial. Sementara di Asia Tenggara, ada sekitar 234 juta pengguna atau 30 persen dari total populasi yang aktif di internet.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat promosi di medsos adalah endorsement dari akun-akun artis, seleb Instagram, seleb Twitter, dan youtuber yang saat ini sedang viral. Kamu juga bisa minta bantuan alumni seleb, loh. Gak cuma itu, iklan berbentuk tulisan panjang yang ditulis oleh reviewer dan blogger juga bisa menjadi salah satu opsi untuk mempromosikan acara kampus kamu.

Jangan lupa untuk menggunakan tagar spesial di semua medsos yang kamu punya supaya acaranya lebih mudah diingat. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan acara kampus dengan mempublikasikannya di berbagai situs web acara.

5. JAGA RELASI SETELAH ACARA SELESAI

5 Cara Bikin Acara Kampus Kamu Ramai Pengunjung
Foto: solutiresponde.com.br

Bukan cuma dalam persiapan dan penyelenggaraannya aja, kiat sukses menyelenggarakan acara kampus juga harus diterapkan saat acara udah kelar. Nah, setelah berhasil menyelenggarakan acara kampus, usahakan untuk tetap menjaga relasi dengan seluruh pihak yang terlibat dalam acara kamu sebelumnya. Mulai dari para peserta acara, tim panitia, sampai para sponsor dan rekan lainnya.

Tujuannya, supaya nanti kalau bikin acara lagi, kamu lebih mudah mengontak dan bekerja sama lagi dengan mereka. Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi setelah acara kampus selesai. Pastikan gak ada permasalahan-permasalahan yang sama terulang kembali saat acara selanjutnya.

Nah, diingat-ingat, ya, tipsnya kalau nanti mau bikin acara!

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @born2inform_



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss