alexametrics
Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Tantangan khas anak kos adalah gimana caranya tetap punya uang dan hidup layak saat akhir bulan. Foto/Freepik
Jakarta - Kemampuan super mengatur keuangan bagi anak kos emang wajib dimiliki biar bisa bertahan hidup sampai dapat gajian lagi.

Apalagi buat mahasiswa yang belum punya penghasilan dan cuma ngandelin uang saku atau kiriman bulanan dari orang tua. Mi instan udah pasti jadi makanan yang setia menemani saat dompet mulai melongo.

Sayangnya, sebagian anak kos seringnya malah hedon tiap awal bulan, makanya langsung melarat saat akhir bulan.



Nah, demi ketenangan dan kesejahteraan finansial kamu, coba lakukan tujuh cara menghemat uang ala anak kos hemat berikut ini.

1. BELANJA ONLINE

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Belanja online bukan hal yang buruk untuk dilakukan selagi gak berlebihan. Apalagi kalo untuk belanja kebutuhan bulanan yang utama kayak sabun mandi, sabun cuci baju, pasta gigi dan lainnya. Sekarang, banyak banget market place yang menjual barang dengan harga jauh lebih murah dibanding kamu berbelanja langsung di minimarket atau supermarket.

Belanja secara daring juga memfokuskan kamu untuk berbelanja barang yang paling dibutuhkan. Beda halnya kalo langsung ke supermarket, biasanya suka laper mata dan akhirnya beli barang-barang yang sebetulnya kurang kamu perlukan.

2. BAWA BEKAL SENDIRI

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Usahakan untuk selalu membawa bekal dan dibawa ke kampus atau kantor. Bukan zamannya lagi gengsi untuk bawa bekal demi keseahteraan finansial kamu saat akhir bulan. Kalau bosan, kamu bisa sesekali beli makanan dari luar selagi harga dalam sekali makan masih aman sesuai hitung-hitungan pengeluaran per hari.

3. HITUNG KEPERLUAN POKOK

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Catat beberapa pengeluaran penting yang gak bisa kamu lewatkan, seperti bayar sewa kos, kuota internet, tagihan listrik, dan sebagainya. Langsung pisahkan biaya total keperluan pokok tersebut supaya kamu bisa mengalokasikan uang untuk kebutuhan lainnya.

4. NABUNG!

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Anak kos tetap bisa nabung, loh. Caranya, sisihkan beberapa rupiah untuk menabung. Gak usah banyak-banyak, yang penting konsisten dengan jumlah tersebut untuk ditabung tiap bulannya. Uang tabungan ini bisa membantu kamu untuk keperluan gak terduga di luar pemasukan bulanan dari orang tua. Ini penting supaya kamu gak ngutang ke teman-teman.

5. NAIK TRANSPORTASI UMUM

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Jangan keseringan naik ojek online. Kamu akan takjub kalo liat berapa uang yang bisa kamu hemat kalo naik transportasi umum dibanding naik ojek online terus. Kalau jarak dari kampus ke kosan dekat, cobalah untuk berjalan kaki atau naik sepeda. Selain hemat, juga sekaligus berolahraga.

6. CUCI BAJU SENDIRI

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Cucian menumpuk pastinya bikin kamu malas mencuci. Ujung-ujungnya nge-laundy aja. Nah, ini yang bikin pengeluaran membengkak meskipun masih awal bulan. Jadi kamu mesti disiplin mencuci baju sebelum cucian menggunung.

7. AMBIL UANG DI ATM SEPERLUNYA

Hidup Sejahtera ala Anak Kos? Begini Cara Hemat Tetap Tajir Saat Akhir Bulan
Foto: Freepik

Hitung kembali sisa alokasi kebutuhan pokok untuk biaya konsumsi dan transportasimu setiap hari selama sebulan. Dengan kamu mengambil uang terlalu banyak dan menyimpannya di dompet, cenderug lebih mudah untuk memakainya sampai melebihi batas. Usahakan pengeluaran harian sesuai dengan perhitungan, ya.

Yang perlu banget kamu ingat adalah, bukan seberapa banyak uang yang dimiliki, tapi seberapa cerdas kamu mengatur uang tersebut. Karena kalo gak pandai mengelola, uang sebanyak apapun pasti akan selalu kurang!

Muthiara Ardiani
Kontributor GenSINDO
Universitas Gunadarma
Instagram: @muthiaardian



(her)
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss