alexametrics
Menyusuri Dieng Selama Satu Hari dengan Berjalan Kaki
Menyusuri Dieng Selama Satu Hari dengan Berjalan Kaki
Dataran Tinggi Dieng sering disebut Negeri di Atas Awan karena lokasi desanya yang menjadi salah satu yang tertinggi di Pulau Jawa. Foto/findingbeyond.com
Jakarta - Negeri di Atas Awan, sebutan untuk dataran tinggi Dieng, memang selalu memikat untuk dikunjungi.

Dieng punya banyak keistimewaan. Selain dinobatkan sebagai salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa, Dieng juga punya banyak tempat wisata yang layak buat dikunjungi.

Luas wilayah Dieng cuma 2,82 km², kecil banget, jadi wisatawan bisa menyusuri dataran tinggi dieng dalam waktu singkat. Bahkan dengan jalan kaki pun bisa. Cukup seharian, perjalanan pun kelar.



Jalan kaki di Dieng bakal jadi pengalaman yang menyenangkan, soalnya udaranya dingin-dingin sejuk nan bersih. Bagus banget buat paru-paru kita. Belum lagi, warganya juga ramah-ramah.

Nah, lokasi wisata apa yang bisa didatangi di Dieng, ini di antaranya.

1. KAWASAN CANDI ARJUNA

Menyusuri Dieng Selama Satu Hari dengan Berjalan Kaki
Foto: Instagram @antonwahyd

Untuk kamu yang berminat backpacker ke Dieng, disarankan pakai bus karena lebih gampang dan hemat. Turun di Terminal Mendolo, Wonosobo. Setelah itu naik metromini menuju Dieng. Dari terminal Mendolo menuju Dieng menempuh perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Metromini hanya ada sekitar pukul 05:00 – 17:00.

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi pertama kali adalah kawasan Candi Arjuna karena lokasinya gak terlalu jauh dari lokasi penurunan terakhir metromini. Setelah membayar tiket masuk, kita akan diberikan kain batik yang dikenakan di pinggul.

2. KAWAH SIKIDANG

Menyusuri Dieng Selama Satu Hari dengan Berjalan Kaki
Foto: Instagram @zevanyaalvianoo

Lokasi terdekat dari kawasan Candi Arjuna adalah Kawah Sikidang. Perjalanan dari Candi Arjuna ke Kawah Sikidang melewati sekolah dan rumah-rumah penduduk lokal. Jadi selama perjalanan, kita akan banyak disapa warga lokal. Kadang ada juga warga yang sedang mengemas carica, oleh-oleh khas Dieng. Setelah tiba di pintu masuk pertama, kita masih harus berjalan sekitar 30 menit untuk benar-benar sampai di lokasi Kawah Sikidang.

3. BATU PANDANG RATAPAN ANGIN

Menyusuri Dieng Selama Satu Hari dengan Berjalan Kaki
Foto: Safitri Rochmah

Sesuai namanya, Batu Pandang Ratapan Angin bakal menyuguhkan keindahan Dieng yang luar biasa, ditemani tiupan angin sejuk.

Batu Pandang Ratapan Angin bisa menjadi lokasi penutup kunjungan ke Dieng. Setelah itu, bisa ke lokasi penurunan metromini pertama kali untuk naik metromini kembali ke terminal Mendolo Wonosobo.

Safitri Rochmah
Kontributor GenSINDO
Universitas Al-Azhar Indonesia
Instagram: @safitri.rochmah 



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss