alexametrics
Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Small talk alias basa-basi jadi keterampilan berkomunikasi yang belum banyak dikuasai orang-orang, padahal diperlukan dalam berinteraksi. Foto/Strelka Institute for Media, Architecture and Design, Flickr
Jakarta - Small talk alias basa-basi meski kadang malesin untuk dilakukan, tapi ini sebenarnya bagian dari keterampilan berkomunikasi yang mesti diasah.

Basa-basi jadi salah satu strategi kesopanan yang biasa dilakukan saat berinteraksi. Daripada cuma sekadar senyum atau menyapa dengan kata “halo”, akan lebih bersahabat kalo percakapan dimulai dengan bentuk yang sedikit berbeda.

Misalnya dengan memuji penampilan orang tersebut atau menanyakan kabar. Selain itu, small talk penting dilakukan untuk mencairkan suasana sebelum masuk ke pokok pembicaraan yang lebih serius atau utama.



Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Foto: @bbcamerica/GIPHY.com

Tapi, topik untuk bas-basi jangan yang bersifat kontroversial supaya gak ada perselisihan pendapat dengan lawan bicara. Sebisa mungkin hindari topik berbau SARA. Pilih topik-topik yang ringan, misalnya cuaca, kondisi di jalan, atau film yang lagi tayang di bioskop. Durasi basa-basi juga jangan terlalu lama biar bisa langsung masuk ke pokok pembicaraan.

Nah, masalahnya, walau jadi bagian keterampilan berkomunikasi, tapi gak semua orang bisa melakukannya. Tapi tenang, banyak yang merasakan hal yang sama, kok!

Nah, kalau kamu termasuk di antaranya, berikut empat tips supaya small talk bisa lebih efektif, dikutip dari seorang pakar komunikasi, Devito, dalam bukunya yang berjudul "The Interpersonal Communication Book".

1. BICARAKAN HAL-HAL YANG POSITIF

Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Foto: fallontonight.tumblr.com

Bicarakan hal-hal yang menyebarkan aura positif, jangan sampai lawan bicara kamu ilfil karena kamu terlalu negative thinking.

2. PEKA DENGAN ISYARAT

Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Foto: imgflip.com

Kamu harus peka apakah lawan bicara kamu ingin terlibat dalam small talk atau gak. Soalnya, gak semua orang menganggap small talk perlu dilakukan. Jadi kamu mesti pintar dalam membaca bahasa tubuh dan intonasi suara lawan bicara.

3. PILIH TOPIK YANG DISUKAI SEMUA ORANG

Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Foto: @tvland/GIPHY.com

Langkah ini penting untuk menghindari topik yang kontroversial. Kamu bisa membicarakan film yang lagi jadi box office, hal yang lagi banyak diomongin di kantor, event besar yang lagi diadakan, dan topik lainnya yang seru.

4. MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN PEMAPARAN

Mau Small Talk Lebih Efektif? Cek 4 Tips Berikut Ini
Foto: imgflip.com

Menjawab dengan pemaparan bakal menambah informasi yang dibutuhkan lawan bicara kamu untuk melanjutkan percakapan. Misalnya lawan bicara kamu memuji penampilanmu hari ini dengan bilang “Wah baju kamu keren banget!”. Kalau kamu menjawab dengan cuma bilang “terima kasih” ini akan menutup lawan bicara untuk melanjutkan interaksi.

Tapi kalau kamu bilang, “Terima kasih, padahal ini barang diskon akhir tahun, loh.” Nah, jadi lawan bicara bisa dapat umpan untuk melanjutkan percakapan, misalnya dengan bertanya di mana kamu membeli baju tersebut. Nah, selamat mencoba, ya!

Fathimah Waqaarah Siregar
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @wforwoodley 



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss