7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Kamu Rentan Kena Depresi

Rabu, 28 Oktober 2020 - 21:44 WIB
loading...
A A A
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media yang berlebihan bisa berefek buruk pada otak. Survei pada 2013 dengan 328 orang yang diterbitkan oleh Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking mengatakan orang yang multitasking media cenderung mengalami banyak gejala depresi dan kecemasan sosial.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah pakai satu media dalam satu waktu. Atau jika perlu istirahat untuk gak menggunakannya. (Baca Juga: Susah BAB? Mungkin Kamu Terkena Depresi)

5. MENGHABISKAN WAKTU DENGAN ORANG YANG SELALU BERPIKIR NEGATIF

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Kamu Rentan Kena Depresi

Foto: Unsplash

Dikelilingi oleh teman, atasan, atau orang penting yang selalu memberikan komentar kritis atau bahkan negatif tentu bisa bikin kita tertekan dan bingung.

“Berada di sekitar seseorang yang memberikan energi negatif itu bermasalah. Itu akan membuatmu merasa sedih,” ungkap Susan Heitler.

Untuk itu bentuklah hubungan positif dengan orang lain dan cari tahu hubungan persahabatan yang beracun dan negatif.

6. GAK PUNYA WAKTU DENGAN MENYATU DENGAN ALAM

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Kamu Rentan Kena Depresi

Foto: Unsplash

Sibuk dengan hiruk-pikuk perkotaan bisa bikin kamu cepat depresi.Sebuah studi pada 2011 oleh Central Institute of Mental Health di University of Heidelberg, menyebut bahwa tinggal di perkotaan bisa meningkatkan risiko stres dan penyakit mental

Upaya menghindari hal itu, cobalah sesekali pergi ke taman kota atau simpanlah tanaman di dalam ruangan supaya suasana lebih segar. “Ada semacam energi positif yang dihasilkan tanaman dan benda-benda alam.”

7. BEGADANG

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Kamu Rentan Kena Depresi

Foto: Unsplash

Pernahkah kamu mendengar pepatah, “ Tidur lebih awal dan bangun pagi membuat kamu sehat, kaya, dan bijaksana.” Ternyata pepatah tersebut benar adanya. ( )

Menurut Journal Cognitive Therapy and Research, bahwa orang yang tidur lebih awal mengalami lebih sedikit pikiran negatif.
Meskipun waktu ideal untuk tidur bergantung pada kesibukan dan tuntutan hidup yang berbeda-beda untuk tiap orang, faktanya tidur satu jam lebih awal membuat kesehatan lebih baik.

Vica Nurul Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @Vicaaan
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)