Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Rabu, 28 Oktober 2020 - 20:00 WIB
loading...
Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun
Musik Korea atau dikenal dengan istilah K-pop makin mengglobal hingga sukses menembus industri musik Amerika Serikat. Foto/korea.net
A A A
JAKARTA - Hari gini,siapa, sih, yang gak tahu tentang budaya Korea? Dari K-pop , K-drama , K-beauty sampai acara-acara televisinya lagi digandrungi banget oleh remaja.

Pengaruh budaya Korea Selatan (Korsel) yang kuat ini pada akhirnya merambat jugake berbagai sektor lain seperti budaya tradisional, kuliner, bahasa, pariwisata, bahkan sampai bidang kecantikan .

Kini, kitabisa dengan gampang melihat pengaruh budaya Korea di sekitar kita. Sesederhana fakta bahwa hampir setiap kita punya teman yang menggemari hal-hal berbau Korea. Atau bahkan kita sendiri juga lagi terkena demam Korea.

Fenomena ini bisa disebut sebagai hallyu atau korean wave. Melansir dari martinroll.com, hallyu adalah istilah China yang secara harfiah berarti korean wave atau pengaruh Korea kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Foto: korea.net

Istilah hallyumemang pertama kali muncul di China sekitar akhir tahun 1990-an. Namun usaha Pemerintah Korea Selatan dalam mendukung industri kreatifnya sudah dimulai sejak tahun 1992.

Menurut situskorea.net, pada 1992, Korea Selatan dan China mulai membangun hubungan diplomatik. Karenanya, drama televisi dan musik-musik Korea mulai masuk dan digemari di Asia Timur, khususnya China.

Bahkan di China, rating drama televisi Korea berjudul “What is Love?”, yang disiarkan pada 1997, mencapai 4,2%. Artinya saat itu ada 150 juta warga China yang menonton drama tersebut.

Sejak saat itu, dunia hiburan Korea mulai menguasai pasar Asia Timur. Beberapa tahun kemudian merambat ke Asia Tenggara, lalu mendunia. ( )

Perjalanan dan usaha yang ditempuh Korea Selatan dalam menciptakankorean wavegaksemudah membalikan telapak tangan. Berikut beberapa usaha yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan (dan beberapa dari perusahaan ternama asal Korea) melansir darimartinroll.com.

1. MENCABUT LARANGAN WN KORSEL UNTUK KE LUAR NEGERI

Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Foto: airlinequality.com

Pada tahun 1990-an, pemerintah Korsel membuat keputusan untuk mencabut larangan bepergian ke luar negeri bagi warga negaranya.

Hal ini membuat banyak warga Korea Selatan pergi ke Eropa dan Amerika Serikat untuk sekolah dan memulai karier di negara-negara tersebut. Setelah itu mereka kembali ke negaranya dengan perspektif baru mengenai bisnis dan industri kreatif, lalu mempraktikan ilmu-ilmu tersebut untuk kemajuan negaranya

2. RESTRUKTURISASI KOREAN CHAEBOL

Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Foto: Kevin Winter/Getty Images

Istilah korean chaebolmerujuk pada keluarga-keluarga konglomerat yang memegang perusahaan besar di berbagai sektor industri di Korsel.

Saatkrisis moneter yang menimpa Asia pada 1997 yang juga melanda Korsel, reputasi negara ini menurun dalam berbagai sektor sehingga hampir gak ada yang ingin bekerja sama dengan mereka.

Bahkan pemerintahnya sampai berutang sebanyak USD97 miliar ke IMF. Menariknya, Korsel cuma memakai kurang dari USD20 miliar saja dan melunasinya pada 2001.

Mereka juga sadar kalau krisis ini akan berdampak pada para korean chaebolsehingga bisa menambah keparahan jatuhnya Korsel. Pemerintah Korea pun menyuruh mereka untuk melepaskan unit-unit bisnisnya dan fokus restrukturisasi model bisnis pada sektor yang sudah mereka kuasai aja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)