Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Selasa, 27 Oktober 2020 - 15:00 WIB
loading...
Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius
Teddy Park saat diwawancarai untuk film dokumenter BLACKPINK: Light Up the Sky. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Siapa K-popers yang gak tau Teddy Park? Produser yang satu ini emang terkenal banget karena andil yang besar terhadap kesuksesan lagu-lagu penyanyi naungan YG Entertainment seperti 2NE1, Big Bang, hingga BLACKPINK.

Ia juga terkenal karena punya wajah ganteng, dan sempat dirumorkan pacaran dengan salah satu anggota girl band populer yang bekerja sama dengannya. Penasaran siapa anggota girl band itu dan siapa sebenarnya Teddy Park? Inilah enam faktanya.

1. BERBAKAT MUSIK SEJAK DINI

Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Foto: Twitter @godhyesung

Teddy Park yang punya nama asli Park Hong-jun dilahirkan pada 14 September 1978 di Seoul, Korea Selatan. Teddy Park pindah ke New York City saat masih anak-anak. Setelah ayahnya dipindahkan ke Diamond Bar, California, dia bersekolah di Diamond Bar High School dan berteman dengan Im Danny, teman yang belakangan jadi rekan boy band-nya dalam 1TYM.

Beranjak dewasa, keduanya bernyanyi bersama di bar karaoke dan ngulik peralatan rekaman. Mereka kemudian ditemukan oleh seorang produser yang bekerja dengan Yang Hyun-suk, pendiri YG Entertainment. ( )

Setelah mengikuti audisi dan mengirimkan demo rekaman, keduanya menandatangani kontrak dengan labelnya yang baru didirikan, kemudian mereka pindah ke Korea Selatan. Meskipun Teddy Park terdaftar di sebuah universitas ketika ia kembali ke Korea Selatan, ia memutuskan untuk berhenti agar fokus pada kariernya.

2. SEMPAT JADI MEMBER BOY GROUP

Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Foto: Kpopprofile

Teddy Park dan Im Danny bergabung dengan rapper Jinhwan dan Baekyoung dan memulai debutnya sebagai 1TYM pada 1998 dengan album, "One Time for Your Mind". Album ini menjadi salah satu album terlaris pada tahun tersebut dan memenangkan beberapa penghargaan besar.

Hal ini kemudian diikuti dengan rilis berikutnya "2nd Round" pada 2000 serta "Third Time Fo' Yo' Mind" pada 2003. 1TYM membuat total lima album sebelum akhirnya hiatus.Meskipun bergenre hip hop, 1TYM dipengaruhi oleh reggae dan R&B. 1TYM bersama dengan duo Jinusean dikenal membawa musik hip hop dan YG Entertainment ke jalur utama. Pada usia 22 tahun, Teddy Park juga mulai memproduseri artis lain pada label tersebut, yang kebanyakan jauh lebih tua dan lebih berpengalaman daripada dirinya.

3. PRODUSER MUSIK YG ENTERTAINMENT DAN PENDIRI LABEL THE BLACK LABEL

Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Foto: The Black Label

Dengan 1TYM dalam masa hiatus, Teddy Park bertransisi menjadi produser untuk artis YG lainnya. Kontribusi besar pertamanya adalah "La La La" untuk album Seven bertajuk "Sevolution". Teddy Park juga berkolaborasi dengan Big Bang untuk beberapa lagu mereka, terutama "Sunset Glow".

Ketika salah satu anggota Big Bang Taeyang memulai karier solonya pada 2008, Teddy Park memproduksi album mininya, "Hot". Tahun berikutnya, Park memproduksi "Lollipop" untuk kolaborasi antara Big Bang dan 2NE1. Lagu tersebut berada di papan atas Gaon Chart selama bulan April.

Pada pertengahan awal tahun 2013, Teddy memproduksi single hit Lee Hi "Rose", single debut solo pemimpin 2NE1 CL bertajuk "The Baddest Female," dan debut Kang Seung-yoon di YG bertajuk "Wild & Young". Dia mulai bekerja dengan BLACKPINK pada 2016, memproduksi album singlemereka "Square One" serta "Square Two".

Dua dari lagu mereka dalam Square One yaitu "Whistle" dan "Boombayah" menjadi hit utama. Pada tahun yang sama, ia mendirikan The Black Label, anak perusahaan dari YG Entertainment. Label tersebut saat ini menaungi Zion.T, artis terlaris Korea kedua pada 2015 setelah Big Bang.

4. PERNAH TOLAK LADY GAGA DAN TERSERET KASUS PLAGIARISME

Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Foto: Kpopprofile

Dia menghadapi tuduhan plagiarisme pada 2009 ketika lagu 2NE1 bertajuk “I Don't Care” dituduh meniru lagu penyanyi Amerika Serikat, Lionel Richie bertajuk “Just Go”. Untuk terus memproduksi karya bagi 2NE1, Teddy Park menolak tawaran bekerja dengan Lady Gaga. ( )

Dia berkolaborasi kembali dengan Seven untuk menghasilkan single promosi "Better Together," selain lagu-lagu lain untuk EP Digital Bounce (2010) dan lagu G-Dragon bertajuk "The Leaders.” Ia juga punya peran dalam album solo Taeyang Solar, termasuk dalam singel “Where U At” dan “Wedding Dress”. Pada akhir tahun, ia juga berpartisipasi dalam produksi album GD & TOP, serta membuat bersama baik lagu “High High” dan “Oh Yeah”.

5. TAK CUMA BEKERJA UNTUK YG ENTERTAINMENT

Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Foto:Twitter @godhyesung

Teddy Park memproduksi lagu untuk pertama kalinya bagi artis non-YG Entertainment dengan "Just Dance," lagu tema untuk kompetisi televisi realitas Mix Nine. Lagu ketika para peserta menyanyi dan menari dirilis dan tiga versi lagu dirilis secara keseluruhan: versi laki-laki yang dipimpin oleh Hyojin dari ONF, versi perempuan yang dipimpin oleh Lee Sujin dari Fave Entertainment, dan versi bersama yang dilakukan oleh kedua tim.

Dia memproduksi dua lagu bagi Sunmi: "Gashina" dan “Heroine,” yang terakhir menuai kritik bagi produser karena diduga menyalin "Fight for This Love,” sebuah hit dari penyanyi Inggris Cheryl Cole.

6. DISEBUT MEMBER KELIMA BLACKPINK HINGGA GOSIP PACARAN DENGAN JENNIE

Mengenal Teddy Park, Produser Musik YG Entertainment yang Misterius

Foto: Netflix

Sejak debut pada 2016, setiap lagu-lagu BLACKPINK selalu diproduseri oleh Teddy Park. Jadi gak heran sang produser dan para member BLACKPINK menjadi akrab. Bahkan saat diwawancarai Netflix untuk film dokumenter mereka yang berjudul “Light Up To Te Sky”, Jisoo mengatakan bahwa Teddy adalah member kelima BLACKPINK.

Jisoo mengatakannya bahwa ia merasa Teddy Park sangat mengenal setiap member, dia juga tahu kepribadian para member dan merefleksikan itu untuk mengarahkannya pada setiap lagu-lagu BLACKPINK.

Sakingakrabnya, Teddy juga sempat dirumorkan pacaran dengan Jennie meski akhirnya rumor itu dibantah keras oleh agensi mereka yaitu YG Entertainment. ( )

Itulah enam fakta dari Teddy, si misterius yang gak punya akun media sosial. Jadi jangan harap bisa stalk dia, ya!

Lulu Faradiza
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @lulufrdza
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)