Cerita Kim Sung Eun, Pelatih Vokal BTS, Twice, dan Kang Daniel

Rabu, 06 Mei 2020 - 12:25 WIB
loading...
Cerita Kim Sung Eun, Pelatih Vokal BTS, Twice, dan Kang Daniel
Kim Sung Eun menjadi pelatih vokal bagi beberapa penyanyi K-pop saat masa awal mereka memulai karier. Foto/Kim Kang-min, Korea Times
A A A
SEOUL - Sung Eun mengungkap nama mantan muridnya yang paling baik dan sopan, juga siapa K-pop idol yang menurutnya adalah penyanyi yang luar biasa.

Ada banyak nama-nama hebat di balik kesuksesan sebuah grup atau penyanyi K-pop. Salah satunya adalah para pelatih vokal yang gak kenal lelah menggembleng para penyanyi yang kini menjadi idola dunia.

Cerita Kim Sung Eun, Pelatih Vokal BTS, Twice, dan Kang Daniel

Foto: Kim Kang-min/Korea Times

Dari banyak nama, ada Kim Sung Eun, perempuan yang pernah mengajar Jin, V, dan Jungkook BTS selama setahun, sebelum boy grup ini mengeluarkan debutnya pada 2013.

Sung Eun juga pernah mengajar para personel Twice, Kang Daniel, mantan member Wonder Girl dan artis solo Sunmi, dan member B1A4 dan juga penyanyi solo Sandeul.

Sung Eun adalah pemilik WIP Company, akademi K-pop yang didirikannya di distrik Mapo, Seoul, pada 2011.

Dikutip dari Korea Times, Song Eun punya hasrat yang besar pada dunia musik sejak masih muda. Dia memulai karier profesionalnya pada 2003, setelah tampil dalam video untuk artis hip-hop MC Sniper berjudul "Korean".

Bakat menyanyinya jelas terlihat, jadi gak heran pada akhirnya dia ditawari sebagai pelatih vokal bagi penyanyi magang yang bakal dipoles jadi K-pop idol.

Murid pertamanya adalah para personel girl grup K-pop Baby Vox Re. V, yang memulai debut mereka pada 2007. Dianggap sukses, perempuan berusia 40 tahun ini pun kebanjiran permintaan.

Cerita Kim Sung Eun, Pelatih Vokal BTS, Twice, dan Kang Daniel

Foto: Soompi

Saat awal-awal melatih, Sung Eun yang muncul dengan nama panggung A.G. Sungeun mengaku susah berinteraksi dengan para penyanyi dan pejabat dari label rekaman.

"Tapi sekarang kami cukup dekat dan bisa ada waktu untuk pertemuan pribadi dan bisa saling membantu kalau dibutuhkan," kata pelatih yang punyapengalaman mengajar selama 15 tahun.

Selama kariernya mengajar untuk para calon bintang, Sung Eun menyebut bahwa Jin BTS adalah salah satu dari deretan orang baik yang pernah diajarnya.

“Saat masih magang di Big Hit Entertainment, Jin latihan dengan lagu balada "Try" milik Asher Book, tapi hampir gak bisa menyanyikannya," cerita Sung Eun.

"Beberapa tahun kemudian, dia mengirimi saya rekaman baru. Dia bilang, 'Tolong dengar ini. Saya udah lebih baik, kan?'" imbuh Sung Eun.

Cerita Kim Sung Eun, Pelatih Vokal BTS, Twice, dan Kang Daniel

Foto: Instagram @jinbts.officials

Sung Eun juga memuji Jin yang dianggapnya punya sikap yang baik dan selalu berusaha jadi lebih baik meskipun dia udah jadi idol.

Selain Jin, Jihyo dari Twice juga dipujinya karena penuh semangat dalam belajar vokal. “Dia baru-baru ini ada pertunjukan akustik di teater kecil sebagai bagian dari proyek "Melody" Twice (seri solo) dan berhasil tampil dengan lima lagu yang susah untuk dinyanyikan," ujarnya.

Sementara untuk penyanyi dengan kemampuan yang luar biasa, Sung Eun memilih IU dan Kang Daniel. Alasannya, karena IU sanggup mengekspresikan emosinya dalam lagu-lagu yang dinyanyikannya.

Cerita Kim Sung Eun, Pelatih Vokal BTS, Twice, dan Kang Daniel

Foto: Soompi

"Penyanyi yang menonjol adalah yang mampu mengekspresikan emosi dalam lagunya. Banyak orang tahu IU lihai dalam nada tinggi dan memiliki suara bagus, tapi banyak yang gak sadar bahwa dia pandai mengatur ritme lagu dan mengekspresikan emosinya," katanya panjang lebar.

Sementara untuk Kang Daniel, Sung Eun sempat kaget dengan kemampuan vokalnya waktumendengarkan salah satu lagunya tanpa teknologi autotune, yaitu perangkat yang bisa langsung memperbaiki kesalahan nada saat penyanyi menyanyikan sebuah lagu.

"Dia rapper, tapi suaranya begitu dalam dan dia benar-benar bisa mengartikan lagu-lagunya," pungkas Sung Eun.
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)