Tips Aman Memotret Orang Saat dalam Perjalanan

Senin, 05 Oktober 2020 - 21:32 WIB
loading...
Tips Aman Memotret Orang Saat dalam Perjalanan
Momotret dengan objek orang yang gak kita kenal butuh pendekatan yang baik agar hasil fotonya pun sempurna. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Memotret saat dalam perjalanan tentu sangat mengasyikan, seringkali foto yang dipotret bisa menunjukkan makna yang mendalam.

Selain untuk mengabadikan momen pribadi, terkadang selama dalam perjalanan, kita juga menemukan orang-orang yang bisa dipotret.

Walaupun berbeda dengan foto pemandangan, memotret orang butuh banyak pemikiran, perencanaan yang matang, pengetahuan, bahkan kemampuan berkomunikasi dengan orang yang dipotret.

Nah, dikutip dari South China Morning Post, di bawah ini tips supaya selama perjalanan kamu bisa mendapatkan foto yang sempurna. ( )

1. PERHATIKAN GAYA

Tips Aman Memotret Orang Saat dalam Perjalanan

Foto: Pixabay

Supaya foto yang kamu potret bisa menunjukkan foto yang sempurna, perlu persiapan yang matang, apalagi kalau disandingkan dengan teknologi yang canggih. Foto bisa mengambarkan citra seseorang, bisa ajadiatur biar terlihat idealis, atau yang mencerminkan kenyataan.

Memotret orang bisa memakai gaya yang lebih alami karena bisa menggambarkan karakter yang sebenarnya. Saat memotret, kamu juga perlu mundur agar objek yang difoto lebih luas dan menjangkau semua sudut.

2. HARGAI BUDAYA DAN ADAT ORANG LAIN

Tips Aman Memotret Orang Saat dalam Perjalanan

Foto: Pixabay

Di setiap daerah tentu punya adat dan budaya tersendiri, maka sebagai pendatang, kamu mesti menghargai budaya mereka tanpa terkecuali. Jadi sebelum memotret, ada baiknya kamu bertanya dulu apakah ada pantangan atau aturan soal memotret di tempat tersebut atau saat memotret orang atau momen tertentu.

Di beberapa negara Barat misalnya, ada orang yang gak suka difoto dengan alasan privasi. Ada juga yang melarang memoto anak-anak. ( )

3. KOMUNIKASI DENGAN PARA TOKOH

Tips Aman Memotret Orang Saat dalam Perjalanan

Foto: Pixabay

Saat mengalami situasi yang cukup buruk, cobalah untuk berkomunikasi dengan orang yang berpengaruh di daerah yang kita singgahi. Utarakan maksud dan tujuan berkunjung atau sekadar untuk mengabadikan momen.

Hal ini bisa juga dilakukan sebelum memulai perjalanan, upaya bisa mengurangi segala kemungkinan yang terjadi selama di perjalanan. Kita bisa menghubungi para tokoh yang berpengaruh tersebut, karena di beberapa daerah tindakan tersebut menunjukkan sikap hormat pada mereka.

4. MEMINTA IZIN SEBELUM MEMOTRET

Tips Aman Memotret Orang Saat dalam Perjalanan

Foto: Pixabay

Sebelum memotret, pastikan bahwa kamu emang boleh momotret orang dalam momen tersebut. Meminta izin untuk memotret harus dilakukan dan ditentukan sebelum memotret. Walau hanya sekadar isyarat ke arah kamera memberikan senyuman bisa menjadi hal yang terbaik dilakukan.

Selain itu, perlu juga meminta izin kalau foto orang yang jadi objek tersebut akan kamu unggah di media sosial kamu. ( )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)