Melakukan Tes Kepribadian Saja Tidak Cukup

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 19:50 WIB
loading...
A A A
Dasar karakter kepribadian seseorang tidak dapat berubah, tapi bisa berkembang untuk beradaptasi. Setiap manusia punya dasar kepribadian tertentu, tetapi kepribadian itu berkembang agar individu dapat bertahan di lingkungannya.

“Biasanya, kita menekan karakter yg tidak dapat membuat kita beradaptasi, sebaliknya karakter yang mampu membuat kita beradaptasi secara alami akan kita kembangkan, sehingga ada kesan sifat negatif dan sifat positif, padahal dalam dunia psikologi tidak ada kepribadian baik dan buruk, kepribadian itu unik,” jelas Rina.

Survei Masyarakat Tipe Tes Kepribadian Paling Dipercaya

GenSINDO melakukan minisurvei secara daring untuk mengetahui tes kepribadian mana yang paling mewakili kepribadian banyak responden. Responden adalah laki-laki dan perempuan berusia di atas 17 tahun. Survei dilakukan pada 30 September 2020 dengan jumlah responden 107 orang. Berikut hasilnya.

1. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Melakukan Tes Kepribadian Saja Tidak Cukup


Sebanyak 49,5% responden terwakilkan dengan tipe tes kepribadian ini. Sebagian besar responden yang memilih mengatakan MBTI memiliki penjelasan spesifik dan mendalam. Ada 16 tipe kepribadian yang diungkap dalam tes ini.

2. Golongan Darah

Melakukan Tes Kepribadian Saja Tidak Cukup


Sebanyak 39,3% memilih ramalan kepribadian ini. Sebagian besar responden mengatakan ramalan kepribadian pada tes ini sangat menggambarkan kehidupan sehari-hari. Tetapi, ramalan kepribadian ini belum banyak diakui validitasnya secara ilmiah bahkan disebut sebagai pseudosains.

3. Zodiak

Melakukan Tes Kepribadian Saja Tidak Cukup


Sebanyak 33,6% responden menyukai ramalan kepribadian yang didasari ilmu astrologi ini. Responden mengatakan tes kepribadian ini populer di masyarakat. Meskipun begitu, ramalan kepribadian zodiak tidak dapat dibuktikan validitasnya secara ilmiah.

4. Big Five

Melakukan Tes Kepribadian Saja Tidak Cukup


Sebanyak 20,4% responden terwakili dengan Big Five. Sebab, tes ini sudah terbukti secara ilmiah oleh psikolog. Tes ini mengungkap 5 karakteristik kepribadian yang disingkat dengan OCEAN.

5. The Four Temprament

Melakukan Tes Kepribadian Saja Tidak Cukup


Sebanyak 13,9% responden memilih tes ini karena memiliki penjelasan karakteristik kepribadian yang rinci dan mendalam. Tes ini mengungkap 4 karakteristik kepribadian (sanguine, koleris, melankolis, dan plegmatis. ( )

6. DISC (Dominant, Influence, Steadinessdan Compliant)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)