31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Jum'at, 25 September 2020 - 18:41 WIB
loading...
31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu
TXT jadi salah satu boy group yang memperkuat hallyu alias invasi Korea ke seluruh dunia. Foto/Instagram @taehyunofficial
A A A
JAKARTA - Bukan cuma gayanya yang khas, dunia K-pop juga punya istilahnya sendiri. Buat kamu yang baru terjun dalam dunia ini, perlu banget tahu istilah-istilah tersebut dan maknanya.

Berikut beberapa istilah K-pop yang sering muncul dan wajib kamu ketahui.

1. IDOL

Sama dengan "bintang" atau "idola". Jadi kalau ada sebutan "idol K-pop" itu artinya sama dengan "bintang K-pop".

2. ALL-KILL

Istiah ini digunakan saat sebuah grup berhasil menduduki puncak berbagai tangga lagu musik di Korea Selatan, atau mereka telah memasuki puncak kesuksesan.

3. ANTIS

Kependekan dari anti-fans. Antis biasanya bawel dan menunjukan ketidaksukaannya terhadap suatu grup tertentu. ( )

31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto: SBS

4. AEGYO

Sebutan untuk orang yang tingkahnya sangat imut dan bikin gemas, bisa dilihat dari gesture atau kata yang diucapkannya.

5. AIGOO

Istilah ini diterjemahkan menjadi "oh, tidak" atau "oh, my". Buat yang sering nonton drakor, pasti kata ini udah gak asing di telinga kamu. Aigoo sering banget dilontarkan untuk menunjukan rasa kesal, marah, atau heran

6. BUNCH-OF-RANDOM-LETTERS-IN-CAPS

Sebutan Ini dipake saat fangirl/fanboy terlalu bersemangat sampai-sampai asal aja menulis sebuah kata atau komentar.

7. BIAS

Istilah untuk menyebut anggota favorit kamu dalam sebuah grup. Misalnya, di antaranya ketujuh member BTS , kamu paling suka dengan J-Hope, berarti bias kamu J-Hope.

8. BIAS WRECKER

Sebutan bagi sosok idollainnya yang mencuri perhatian kamu. Kalau selain J-Hope kamu juga suka RM, maka RM adalah bias wrecker kamu.

9. TRAINEE

Sebutan untuk calon idolyang masih dalam tahap pelatihan. Mereka berlatih menari, menyanyi, akting, dan juga kemampuan dalam mengikuti reality show.

10. ROOKIE

Pendatang baru dalam industri hiburan Korea. Biasanya gelar rookiedisandang selama satu tahun.

31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Instagram @bts.bighitofficial

11. LEADER

Sama maknanya dalam bahasa Inggris yang artinya pemimpin. Leadermenjadi juru bicara bagi anggota yang lain, juga yang bertanggung jawab terhadap anggota lainnya. Mereka sengaja dipilih atau sudah ditentukan oleh agensi. Leaderbiasanya adalah member yang paling lama mengikuti masa trainee.

12. CENTER

Seperti artinya, center adalah pusat, merujuk pada idol yang dalam satu grup menjadi pusat perhatian, biasanya berada di posisi tengah saat tampil.

13. VISUAL

Istilah untuk merujuk anggota grup yang tampilan fisiknya paling sesuai dengan standar kecantikan/ketampanan di Korea. Mereka biasanya yang ditunjuk sebagai bintang iklan.

14. CF

CF atau Commercial Films, istilah yang merujuk pada iklan atau promosi di televisi. ( )

15. COMEBACK

Istilah untuk menyebut kembalinya grup untuk merilis karya baru setelah lama gak tampil.

31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Play M Entertainment

16. DAEBAK

Sebuah ekspresi, biasa dilontarkan untuk mengungkapkan perasaan kagum, senang, dan terkejut. Pokoknya kata daebak disebutkan ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa.

17. FAN CHANT

Kata-kata yang diteriakkan oleh penggemar selama pertunjukan. Mereka biasanya menyertakan penamaan semua anggota grup selama intro lagu mereka, dan kemudian mengulangi kata atau baris tertentu di sepanjang lagu.

18. GAYO

Program televisi khusus akhir tahun yang menampilkan festival musik yang disiarkan oleh Sistem Penyiaran Seoul. Acara ini menampilkan para idola berbakat, yang melakukan kolaborasi khusus antargrup. Ada tiga stasiun yang melakukan pertunjukan festival, yaitu: KBS Gayo, MBC Gayo dan SBS Gayo.

19. HWAITING

Ada dua artinya, yang pertama adalah sebagai ungkapan dukungan, untuk menyemangati seseorang. Yang kedua bisa juga diterjemahkan menjadi "berkelahi", kedua arti ini disesesuaikan bergantung pada konteks pembicaraannya.

20. HOOBAE

Adalah sebutan untuk orang yang lebih muda.

31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto: Joseph Costa/Unsplash

21. HALLYU

Gelombang Korea atau invasi Korea, merujuk pada popularitas hiburan dan budaya Korea di Asia dan wilayah lainnya di dunia. K-pop dan K-drama adalah kontribusi untuk Hallyu. Kadang-kadang, orang juga memakai istilah bintang Hallyu yang mengacu pada satu orang tertentu yang memberikan pengaruh Korean Wave secara maksimal.

22. IDOLSATION

Sebutan bagi idol yang melakukan tindakan ekstrem demi terlihat sempurna, di antaranya melakukan operasi plastik. Salah satu artis idolsation adalah Xiumin.

23. OTP/SHIPPING

OTP adalah singkatan dari one true pairing. Ketika di dalam grup ada sepasang idol yang dilihat sangat dekat, walau sama jenis kelaminnya, maka mereka akan dijodohkan oleh para penggemarnya.

24. MAKNAE

Merupakan istilah untuk member grup yang paling muda. Bisa diartikan sebagai saudara bungsu. ( )

25. STAN

Aksi mendukung grup atau artis tertentu. Aksi ini bisa dilakukan untuk sebanyak mungkin grup atau idol.

31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto: YouTube iKon

26. SELCA

Selca atau self camera adalah kata lain dari “selfie” atau swafoto.

27. SASAENG

Sasaeng adalah penggemar fanatik yang melakukan aksi esktrem demi menarik perhatian idolanya.

28. SKINSHIP

Istilah untuk menyatakan kedekatan dan keakraban antar-idol melalui kontak fisik. Misalnya ada interaksi seperti mengobrol, merangkul, dan memeluk.

29. THE BIG 3

Sebutan bagi tiga perusahaan agensi artis terbesar di Korea, yaitu JYP Entertainment ,SM Entertainment dan YG Entertainment. Mereka adalah rumah bagi beberapa artis paling sukses dalam sejarah K-pop.

31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto: kpopstyle.com

30. LIGHT STICK

Tongkat beragam bentuk dan warna sebagai tanda komunitas penggemar grup tertentu. Bentuk dan warna light stickuntuk BTS pastinya berbeda dengan TXT atau EXO.

31. V LIVE

V live adalah layanan streaming favorit idol Korea. Dengan V Live, idol bisa menyiarkan video di internet dan ngobrol langsung dengan para penggemar. Grup idol yang menggunakan V Live antara lain BTS, EXO, Big Bang, NCT, BLACKPINK, dan Twice.

Mega Siska Aryanti
Kontributor GenSINDO
Universitas Mercu Buana
Instagram: @egegamega
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)