Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos

Jum'at, 04 September 2020 - 12:30 WIB
loading...
Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos
Film Pendek Laka menyajikan kisah ironi kehidupan dan keluarga di kota besar. Foto/FFTV IKJ 2017
A A A
JAKARTA - Seorang remaja ngebet ingin punya iPhone supaya merasa setara dengan teman-teman sekolahnya. Padahal ayahnya sehari-hari cuma mampu makan di warteg dengan menu tempe saja.

Si remaja adalah anak SMA bernama Viola (Silma Rahmaina). Merasa galau karena ponselnya paling butut di antara teman-teman high class-nya, dia pun selalu mengejar-ngejar ayahnya untuk segera dibelikan iPhone yang sama seperti teman-temannya.

"Cuma ini, kok, Yah, gak minta yang lain," kata Viola di depan ayahnya, Kusnandar (Franky Chandra), yang matanya menatap acara ceramah agama di televisi, tapi pikirannya seperti melayang ke mana-mana. ( )

Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos


Gerah selalu dituntut anaknya, Kusnandar pun, seperti tertulis di sinopsis "Laka", terpaksa "harus mengorbankan sesuatu".

Dalam durasi yang sangat singkat, cuma 9 menit, film "Laka" berhasil menggambarkan dilema sang ayah saat dia "harus mengorbankan sesuatu".

Dilema yang dihadapinya jadi menarik, karena kita sebagai penonton diberi latar belakang si ayah. Dalam satu adegan, Kusnandar digambarkan sedang salat.

Dalam satu-dua adegan lainnya, tersirat juga bahwa dia adalah orang yang senang atau rutin mendengar ceramah agama di televisi. ( )

Singkatnya, Kusnandar tergolong orang yang religius. Pertanyaannya adalah, apakah keimanannya cukup untuk mencegahnya "mengorbankan sesuatu" demi iPhone idaman anaknya?

Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos


Sebelum bisa menarik kesimpulan atas pertanyaan tersebut, penonton lebih dulu diajak gemas dengan berbagai adegan yang melibatkan Kusnandar, dalam prosesnya mengambil keputusan atas dilema tersebut.

Sementara Viola, dia adalah gambaran remaja yang umum terjadi di kota besar. Punya gaya hidup tinggi, padahal bujet (keluarga) pas-pasan.

Dalam "Laka", pembuat filmnya tampaknya ingin menampilkan ironi ini. Hidup di kota besar bukan berarti pikiran seseorang otomatis bisa terbuka, tapi malah bisa membuatnya terjerumus untuk fokus ke hal-hal yang cuma tampak mata saja, remeh nan receh.

Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos


Buat Viola, iPhone adalah senjata praktis Viola untuk pansos (panjat sosial), menaikkan status sosialnya supaya bisa merasa setara dengan teman-temannya. ( )

Sementara teman-temannya, tampaknya memakai iPhone juga cuma sekadar untuk foto-foto narsis dengan teman, pacar, dan pamer makan makanan enak di kafe instagramabledi media sosial.

Tak ada kesadaran bahwa ponsel pun sangat berguna untuk mendapat dan menggali segala jenis informasi lewat internet, untuk mengedukasi diri sendiri tentang berbagai hal.

Film Pendek Laka: Gagapnya Anak Muda Saat Ngebet Pansos


Ini dibuktikan dengan adegan saat Viola ada di pasar, dan menanyakan sesuatu kepada pedagang.

Kalau kamu menonton film ini dan bingung kenapa Viola menanyakan hal tersebut, coba perluas wawasanmu. Ketik kata tersebut di Google.

Kamu bisa menonton film "Laka" di layanan streaming Genflix dalam kategori "Film Pendek Indonesia dari ISP". ISP atau Indonesia Sinema Persada adalah rumah produksi yang didirikan oleh produser dan sutradara Ichwan Persada.



Film: Laka
Penata Seni (Art Director): Dean Aska
Asisten Sutradara 1: Rafiu Wibi
Asisten Sutradara 2: Erina Adeline
Cerita: Vikri Nugraha
Durasi: 9 Menit
Produksi: FFTV IKJ 2017
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)