Lebih Parah dari Anjay, Ini 5 Kelompok Kata yang Gak Boleh Kamu Ucapkan

Senin, 31 Agustus 2020 - 15:52 WIB
loading...
Lebih Parah dari Anjay, Ini 5 Kelompok Kata yang Gak Boleh Kamu Ucapkan
Ada banyak kata yang lebih berbahaya dibanding anjay, mulai dari body shaming hingga yang berbau seksual. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Beberapa hari terakhir, kata "anjay" bikin heboh karena secara resmi dilarang dipakai oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Dalam surat edaran yang dikeluarkan Komnas PA, kata "anjay" disebut sebagai salah satu bentuk kekerasan verbal dan bisa dilaporkan sebagai tindak pidana.

Hal ini kemudian memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat. Bahkan, hingga saat ini kata kunci anjay menjadi trending topic di sejumlah platform media sosial.

Padahal pada kenyataannya, masih banyak beredar kata, istilah, atau sebutan yang punya dampak jauh lebih negatif dibanding kata anjay.

Kata-kata ini bahkan sering jadi bahan lelucon atau dianggap sebagai candaan semata, tanpa memedulikan perasaan ataupun dampak yang ditimbulkan terhadap lawan bicaranya.

Berdasarkan pengelompokannya, berikut kata-kata yang lebih berbahaya dibanding anjay. ( )

1. BAHASA SLANG LUAR NEGERI

Lebih Parah dari Anjay, Ini 5 Kelompok Kata yang Gak Boleh Kamu Ucapkan


Kita sering asal comot bahasa gaul dari luar negeri tanpa tahu asal-usul atau konteksnya, Misalnya "unch-unch" yang di sini suka dipakai untuk menggambarkan sosok yang imut, lucu, cantik, dan bikin gemas.

Padahal, mengutip dari belajarbahasa.id, kata "unch" adalah bahasa slang yang merujuk pada respons seseorang saat bagian intimnya disentuh. Unch adalah bentuk lain dari kata "ouuch" atau dalam perkembangan maknanya, yakni "ulala" atau "uuuhh" sebagai kata seru.

Kata-kata kasar lainnya misalnya "nigger" atau "negro" juga mesti dihindari.

2. SEBUTAN YANG MERENDAHKAN

Lebih Parah dari Anjay, Ini 5 Kelompok Kata yang Gak Boleh Kamu Ucapkan

Foto: healthline.com

Setiap orang punya hak mendapat sebutan atau julukan yang layak tanpa dipengaruhi oleh latar belakang ras, warna kulit, sampai pekerjaan yang mereka tekuni.

Sejumlah sebutan seperti "babu", "jongos", "budak" untuk mengasosiakan orang yang derajatnya dianggap lebih rendah juga bisa menyakiti orang lain. ( )

Tapi perlu dicatat juga, bahwa kata-kata ini bisa dianggap biasa saja kalau diucapkan oleh dua orang yang sudah sangat-sangat akrab dan diucapkan dalam konteks bercanda.

3. KODE ANGKA BERBAU SEKSUAL

Lebih Parah dari Anjay, Ini 5 Kelompok Kata yang Gak Boleh Kamu Ucapkan

Foto: flickr.com

Pelecehan seksual yang terjadi pada perempuan terbagi dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah sandi atau kode tertentu yang merujuk ke hal-hal berbau mesum. Misalnya komentar dengan tulisan "4646", "599", dan "PAP 99".

Kode "4646" punya arti "patnam-patnam" atau kalau dibalik menjadi "mantap-mantap". Biasanya dipakai sebagai ungkapan untuk merespons hasil pencapaian seseorang. Tapi, kode ini bisa dianggap negatif kalau diucapkan dalam konteks tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2834 seconds (0.1#10.140)