alexametrics
Hati-Hati, Tinder dan Aplikasi Kencan Lainnya Jual Data Pribadi ke Perusahaan
Hati-Hati, Tinder dan Aplikasi Kencan Lainnya Jual Data Pribadi ke Perusahaan
Yang suka main Tinder atau aplikasi kencan lainnya, hati-hati dengan data pribadi kalian yang rawan dicuri atau dijual ke pihak lain. Foto/hipertextual.com
Norwegia - Buat kamu yang suka main Tinder, OkCupid, atau aplikasi kencan lainnya, hati-hati, nih. Bisa jadi data pribadi kamu dijual ke perusahaan pihak ketiga.

Dikutip dari Futurism, data yang dicuri di antaranya lokasi real time pengguna, orientasi seksual, dan sejarah penggunaan obat. Pengambilan data ini dinilai melanggar hukum.

Laporan ini dibuat oleh Norwegian Consumer Council (NCC), LSM nonprofit yang didanai pemerintah. LSM ini memakai jasa perusahaan keamanan cyber Mnemonic untuk meneliti hal tersebut.



Cara kerjanya, Mnemonic menganalisis cara perangkat lunak yang tertanam di 10 aplikasi Android menarik data pengguna aplikasi, yang diserahkan ke perusahaan teknologi iklan.

Dalam laporan itu, Mnemonic juga membeberkan secara rinci informasi pribadi apa aja yang disebar aplikasi tersebut, dan dikirim ke perusahaan mana aja.   

Misalnya, Tinder mengirim data target gender ke dua perusahaan. Sementara Grindr alias Tinder untuk LGBT menyebarkan lokasi para penggunanya, yang bisa dianggap berbahaya, terutama di negara yang menganggap LGBT adalah hal yang ilegal.  

"Tindakan ini sudah di luar kontrol. Kita tidak punya pilihan tentang bagaimana data pribadi kita dikumpulkan, dibagikan, dan digunakan pihak lain," ujar Finn Myrstad, direktur NCC untuk kebijakan digital.



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss