Penjelasan Ending Sweet Home 3, Yi-su Hidup atau Mati?

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:59 WIB
loading...
Penjelasan Ending Sweet...
Ending Sweet Home 3 berakhir bahagia meski beberapa karakter mati secara tragis. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Ending drakor Sweet Home 3 bisa dibilang berakhir bahagia, dengan berhasil dikalahkannya antagonis utama dan masyarakat akhirnya bisa hidup berdampingan.

Sweet Home 3 tayang di Netflix dengan delapan episode sekaligus pada 19 Juli 2024. Ini sekaligus jadi kisah final dari seri tentang kemunculan wabah monster di Korea Selatan tersebut.

Berikut ini rangkuman akhir cerita Sweet Home Season 3 untuk kamu simak.


Penjelasan Ending Sweet Home 3


1. Cara Eun-hyuk Menjadi Neohuman

Penjelasan Ending Sweet Home 3, Yi-su Hidup atau Mati?

Foto: Netflix

Eun-hyuk (Lee Do-hyun) sempat muncul lagi dalam ending Sweet Home 2 setelah pada ending Sweet Home mengalami proses monsterisasi dan menghilang tanpa jejak.

Pada pertengahan Sweet Home 3 akhirnya dijelaskan bagaimana Eun-hyuk bisa muncul lagi dan menjadi neohuman.

Rupanya, setelah berubah menjadi monster dan mati, Eun-hyeok masuk ke dalam "jantung". Ini adalah kepompong yang fungsinya seperti rahim.

Terdapat adegan Eun-hyuk yang jatuh dari kepompong dalam kondisi telanjang, layaknya bayi yang baru lahir. Inilah tahap akhir atau proses sempurna dari monsterisasi, yaitu lahirnya neohuman.

Meski begitu, proses neohuman yang dijalani Eun-hyeok membuatnya memiliki semua ingatan saat masih menjadi manusia, tapi tanpa emosi. Itulah alasan saat kembali bertemu Eun-yu (Go Min-si), Eun-hyuk melihat adiknya itu tanpa ekspresi sama sekali.

2. Sang-won Mati di Tangan Sang-wook

Penjelasan Ending Sweet Home 3, Yi-su Hidup atau Mati?

Foto: Netflix

Sang-won jadi antagonis utama dalam Sweet Home 3. Ia adalah tunangan Yi-kyung (Lee Si-young) yang menjadi korban eksperimen dokter Lim (Oh Jung-se).

Tanpa diketahui Lim, Sang-won ternyata berubah menjadi monster cair tanpa bentuk layaknya parasit. Pada season 2 ia masuk ke tubuh Sang-wook (Lee Jin-uk), lalu setelah itu berpindah-pindah tubuh, termasuk ke anaknya, Seo Yi-su (Kim Si-a).

Sang-won masuk ke tubuh Yi-su setelah membunuh Yi-kyung, juga dokter Lim. Namun saat Sang-won dalam tubuh Yi-su berusaha melawan Hyun-su (Song Kang), ia mendapat serangan dari Eun-hyuk.

Serangan ini membuat Yi-su terluka parah, membuat Sang-won akhirnya keluar dari tubuh anaknya itu. Belakangan, Sang-won akhirnya kembali masuk ke tubuh Sang-wook.

Meski di bagian ini secara logika terasa aneh karena Sang-wook sudah cukup lama mati (setelah Sang-won keluar dari tubuhnya), tapi masuknya kembali Sang-won ke tubuh Sang-wook membuat penonton melihat bahwa sisi manusia Sang-wook ternyata masih ada.

Sisi manusia ini pula yang membuat Sang-wook menggerakkan tubuhnya mendekati api, membuat akhirnya Sang-won lenyap termakan api bersama tubuh Sang-wook.

3. Serma Tak Mati, tapi Para Penyintas Selamat Berkatnya

Penjelasan Ending Sweet Home 3, Yi-su Hidup atau Mati?

Foto: Netflix

Serma Tak (Yu Oh-seong) akhirnya mengalami monsterisasi setelah tak bisa mengontrol gangguan post-traumatic stress disorder (PTSD) yang dialaminya. Ia akhirnya mati dengan cara meledakkan dirinya dengan bom saat membimbing para penyintas keluar dari stadion.

Meski begitu, ia berhasil menciptakan pintu aneh yang tak bisa dilalui monster. Lewat pintu itu pula para penyintas akhirnya bisa keluar dengan selamat di bawah pimpinan Sersan Kim Yeong-hu (Kim Moo-yul).

Di tempat penampungan baru, Jin-a (Hong Su-zu) yang terkena virus HIV bisa bertahan hidup dengan obat yang ditemukan oleh kekasihnya yang tentara, yang menitipkan obat tersebut ke Sersan Kim sebelum meninggal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2383 seconds (0.1#10.140)