KAMPUS

Viral Curhat Mahasiswa dapat Dosen Pembimbing Galak, Ini Tips Lancar Berhadapan dengan Dospem Skripsi

Layaknya semua orang dan profesi, tiap dosen punya gaya berkomunikasinya masing-masing. Muhammad Irfan termasuk yang beruntung dapat dospem baik hati, gak masalah saat dia nekat mengirim pesan via WhatsApp jam 12 malam.

“Bersyukur banget punya dosen yang membimbing gak kenal waktu kerja. Masih kirim materi yang harus dipersiapkan ketika sidang meski udah jam 12 malam. Ini bukti kalau dosen gue menganggap kita (mahasiswa) sebagai anaknya sendiri, secara naluri orang tua pasti memberikan yang terbaik untuk anaknya,” kata Irfan, mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta 2.

Meski begitu, yang dilakukan Irfan gak bisa diterapkan ke semua dospem. Sebagai mahasiswa, kita juga harus punya etika dalam berkomunikasi demi kenyamanan kedua belah pihak.

Saat menghubungi dosen, mahasiswa disarankan untuk menyampaikan salam pembuka, memperkenalkan diri, menyampaikan maksud dan tujuan, dan mengakhiri dengan salam penutup yang sopan, seperti gambar berikut ini. (Baca Juga:5 Member EXO Korban Shipping Penggemar, Siapa Favorit Kamu?)

Viral Curhat Mahasiswa dapat Dosen Pembimbing Galak, Ini Tips Lancar Berhadapan dengan Dospem Skripsi

Foto: Twitter @gulanomali

Kalau pesan kamu belum dibalas dalam 3x24 jam, pantau dan ingatkan kembali dosen, barangkali pesanmu tenggelam. Pastikan kamu mengirim pesan pada jam kerja (pukul 09.00 hingga 17.00).

“Jangan memaksa ketika mengirim pesan ke dosen, seperti memaksa tanda tangan untuk keperluan sidang atau sebagainya. Sabar menunggu, itu kuncinya, tapi tetap dipantau," kata Lutfiah Intan, mahasiswi Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom Bandung.

Nah, tips lain supaya urusan komunikasi dengan dospem bisa lancar, kamu mesti cari tahu karakter dosen pembimbing kamu.

Di beberapa kampus, ada dua cara untuk memilih dospem. yaitu mahasiswa bebas memilih atau mahasiswa dipilihkan dari kampus.

Kalau kampus kamu membolehkan memilih dosen, carilah dosen yang peminatannya atau bidangnya sama dengan topik yang kamu kerjakan.
halaman ke-2 dari 4
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Terkait
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss