Selain Exhuma, Ini 8 Film Korea tentang Dukun, Ada yang Komedi

Rabu, 06 Maret 2024 - 09:58 WIB
loading...
Selain Exhuma, Ini 8 Film Korea tentang Dukun, Ada yang Komedi
Film Korea tentang dukun Ghost Sweepers tampil beda dengan mengusung genre horor komedi. Foto/Next Entertainment World
A A A
JAKARTA - Exhuma kini tengah jadi film horor Korea yang ramai diperbincangkan di kalangan penikmat film di Indonesia. Sudah ditonton oleh 400 ribu orang, Exhuma kini jadi film Korea terlaris sepanjang sejarah di Indonesia.

Exhuma menggabungkan kisah misteri, ritual perdukunan, dan sejarah kelam Korea. Ini bukan pertama kalinya industri perfilman Korea mengangkat tentang perdukunan. Malahan, tren film dukun di sana sudah dimulai sejak tahun 1970-an.

Di Korea, dukun tradisional disebut dengan "mudang". Praktik para dukun pun menjadi inspirasi bagi sejumlah film horor, thrilller bahkan komedi.



Mengutip Korean Film Council, kisah para dukun bahkan membuat lahirnya subgenre baru di Korea yang disebut "musok film" alias film tentang perdukunan. Tren musok film dimulai oleh A Shaman's Story yang dirilis pada 1972, hasil adaptasi novelis terkenal Kim Dong-ree.

Nah, berikut ini deretan film Korea tentang perdukunan yang bisa kamu tonton. Tak semuanya bergenre horor, karena malah ada yang komedi.

Film Korea tentang Perdukunan


1. The Wailing (2016)

Selain Exhuma, Ini 8 Film Korea tentang Dukun, Ada yang Komedi

Foto:20th Century Fox

The Wailing bisa jadi adalah film Korea tentang dukun yang paling populer. Bukan cuma itu, film ini juga jadi film horor Korea terlaris sepanjang sejarah, dengan catatan jumlah penonton 6,8 juta orang.

Namun rekor ini hampir pasti akan segera digantikan oleh Exhuma, yang saat artikel ini ditulis telah mencapai 6,4 juta penonton. Selain prestasi tersebut, The Wailing juga dinobatkan sebagai Best Film dari Baeksang Arts Awards 2017, menumbangkan nomine lainnya seperti The Handmaiden, Train to Busan, The Age of Shadows, dan Asura: The City of Madness.

The Wailing mengisahkan tentang berbagai peristiwa aneh dan mengerikan yang terjadi setelah munculnya pria Jepang yang misterius (Jun Kunimura) di sebuah desa. Polisi bernama Jong-goo (Kwak Do-won) lantas berusaha menyelidiki kasus ini.

2. The Cursed: Dead Man's Prey (2021)

Selain Exhuma, Ini 8 Film Korea tentang Dukun, Ada yang Komedi

Foto:CJ Entertainment

Dari premisnya saja, film horor Korea ini sudah membuat merinding. Lebih seru lagi, karena film ini juga memotret praktik ilmu hitam dari dukun Indonesia.

The Cursed: Dead Man's Prey mengisahkan tentang terjadinya serangkaian pembunuh berantai. Pelakunya ternyata adalah mayat-mayat yang dibangkitkan kembali. Lebih mengerikan lagi, mayat-mayat itu ternyata dikendalikan oleh seseorang untuk melakukan pembunuhan itu.

The Cursed: Dead Man's Prey diperankan oleh Uhm Ji-won, Jung Ji-soo, dan juga Oh Yoon-ah.

3. A Shaman's Story (1972)

Selain Exhuma, Ini 8 Film Korea tentang Dukun, Ada yang Komedi

Foto: Taechang Productions

Bicara tentang film Korea tentang dukun, tak sah rasanya kalau tak menyebut A Shaman's Story. Ini karena filmnya melahirkan tren dibuatnya film tentang dukun di Korea Selatan.

Cerita A Shaman's Story diadaptasi dari novel karya salah satu penulis terbaik Korea, Kim Dong-ree. Ceritanya tentang dukun bernama Mohwa (Yoon Jeong-hee) yang pengaruhnya berkurang setelah kedatangan misionaris Kristen di desanya.

Setelah mengetahui bahwa anak lelakinya belajar agama Kristen, ia memantrai anaknya, bahkan merobek Injil. Ia pun terobsesi untuk menunjukkan bahwa praktik perdukunannya lebih kuat dibanding agama Kristen.

4. The Closet (2020)

Selain Exhuma, Ini 8 Film Korea tentang Dukun, Ada yang Komedi

Foto:CJ Entertainment

Ini juga jadi film horor Korea yang termasuk laris, ditonton oleh 1,2 juta orang di negaranya. Ceritanya adalah tentang Sang-won (Ha Jung-woo) yang istrinya baru saja meninggal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)