10 Film Seri Pertama Paling Laris Sepanjang Sejarah

Minggu, 05 November 2023 - 14:11 WIB
loading...
10 Film Seri Pertama Paling Laris Sepanjang Sejarah
Film pertama sebuah franchise sering menjadi tolak ukur sekuelnya. Kesuksesan film pertama ini biasanya melecut studio untuk membuat franchise film populer. (Foto: IMDb)
A A A
Hollywood punya kebiasaan membuat sekuel untuk film laris. Tapi, sejumlah studio ada yang sudah merencanakan sekuel atau trikuel untuk film yang hendak mereka produksi. Film pertama inilah yang menentukan langkah untuk sekuelnya.

Kesuksesan film pertama ini diharapkan bisa diikuti sekuelnya. Meski begitu, sekuelnya tidak selalu sesukses film pertamanya. Banyak franchise besar yang harus menelan kekecewaan ketika sekuel dari film pertama yang sukses itu malah jeblok di box office.

Sejumlah film pertama yang memecahkan rekor di box office sulit diikuti hasil sekuelnya. Namun, dalam sejumlah kasus, meski sekuelnya gagal, tapi, seri ketiga atau keempatnya malah sukses. Apa pun, kesuksesan film pertama ini menjadi tonggak untuk film keduanya. Apa saja film seri pertama paling laris sepanjang masa berdasarkan data Box Office Mojo? Simak ulasannya berikut!

*) Daftar ini berisi film pertama yang lebih sukses ketimbang sekuel atau seri keduanya. Remake live action yang masuk daftar ini punya sekuel yang tidak sukses.



10. The Lion King — 1994

10 Film Seri Pertama Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: IMDb

Sutradara: Rob Minkoff, Roger Allers
Pemeran: Matthew Broderick, Jeremy Irons, James Earl Jones, Jonathan Taylor Thomas, Rowan Atkinson
Tayang: Disney+ Hotstar

The Lion King telah dianggap sebagai salah satu film kartun terbaik Disney. Film ini juga memulai serangkaian sekuel yang sayangnya tak sesukses film pertamanya. Disney juga membuat remake film ini dan hasilnya luar biasa di box office. The Lion King versi kartun ini meraup USD968 juta di box office.

The Lion King berkisah tentang Simba, pewaris kerajaan ayahnya, Mufasa. Tapi, paman Simba, Scar, berencana merebut takhta Mufasa dan menyingkirkan Simba. Simba selamat dari rencana Scar, tapi, dia harus pergi jauh dari kerajaannya. Dia kemudian kembali ketika dewasa untuk mengklaim takhtanya.

9. The Hobbit: An Unexpected Journey — 2012

10 Film Seri Pertama Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: Slant Magazine

Sutradara: Peter Jackson
Pemeran: Martin Freeman, Ian McKellen, Richard Armitage, Graham McTavish
Tayang: HBO Go

The Hobbit: An Unexpected Journey adalah prekuel trilogi Lord of the Rings. Namun, secara pendapatan, film ini jauh lebih sukses ketimbang film pertama Lord of the Rings. An Unexpected Journey meraup USD1,01 miliar di box office.

The Hobbit: An Unexpected Journey berkisah tentang Bilbo Baggins muda. Kehidupannya yang sederhana dan damai di desanya terganggu setelah Gandalf datang dan meyakinkannya agar bergabung dengan sekelompok kurcaci yang dalam misi mengklaim kembali kerajaan mereka, Erebor. Meski awalnya ogah-ogahan, Bilbo akhirnya mengikuti para kurcaci itu.

8. Harry Potter and the Sorcerer's Stone — 2001

10 Film Seri Pertama Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: ScreenCrush

Sutradara: Chris Columbus
Pemeran: Daniel Radcliff, Rupert Grint, Emma Watson, Robbie Coltrane, Richard Harris, Alan Rickman
Tayang: HBO Go

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone merupakan seri pertama Harry Potter. Film ini diangkat dari seri pertama novel laris dengan judul yang sama karya JK Rowling. Penggemar Harry Potter pun antusias untuk menyaksikan adaptasi tersebut. Film ini meraup USD1,024 miliar di box office.

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone berkisah tentang Harry Potter, anak yatim piatu yang hidup menderita di bawah asuhan bibinya. Pada ulang tahunnya yang ke-11, dia tahu kalau orang tuanya adalah penyihir kuat dan dia punya kekuatan sihir. Dia lantas menjadi siswa di Hogwarts, sebuah sekolah untuk penyihir. Di sana, dia bertemu teman-teman yang membantunya menggali masa lalunya.

7. Alice in Wonderland — 2010

10 Film Seri Pertama Paling Laris Sepanjang Sejarah

Foto: ReelRunDown

Sutradara: Tim Burton
Pemeran: Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham-Carter, Alan Rickman, Anne Hathaway
Tayang: Disney+ Hotstar

Alice in Wonderland merupakan salah satu usaha Disney untuk membuat ulang film kartun klasiknya dalam bentuk live-action. Digarap sutradara nyentrik, Tim Burton, film ini tampil dengan penuh warna dan mirip dengan film aslinya. Di box office, film ini meraup USD1,025 miliar. Sayang, sekuelnya tidak sesukses ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)