Recap Cerita Attack on Titan dari Season 1 sampai The Final Chapters Part 1

Sabtu, 04 November 2023 - 21:41 WIB
loading...
Recap Cerita Attack on Titan dari Season 1 sampai The Final Chapters Part 1
Attack on Titan punya cerita kompleks dengan tema survival, balas dendam, sampai politik. Menjelang finale, ada baiknya mengingat semua rangkaian ceritanya. (Foto: Penn Live)
A A A
Attack on Titan akhirnya mencapai ujung ceritanya. The Final Chapters Part 2 yang akan tayang besok, Minggu (5/11), menjadi pamungkas perjalanan 10 tahun kisah perang manusia melawan raksasa bernama Titan karya Hajime Isayama itu. Selama 10 tahun itu, sudah banyak cerita yang diceritakan tentunya.

Attack on Titan adalah serial yang sangat populer dan disukai banyak orang. Sejak tayang pada 2013, cerita yang awalnya merupakan kisah tentang survival dan balas dendam itu berubah menjadi sesuatu yang lebih mendalam. Serial ini punya twist dan turn sementara menghadapi topik berat seperti politik dan rasisme.

Karena tema yang diangkat, sulit untuk memahami atau mengingat cerita spektakuler Attack on Titan sekaligus. Menjelang akhir serial ini, banyak yang harus diingat kembali agar bisa mengikuti jalan ceritanya sampai tuntas. Terlebih, cerita ini saling berkesinambungan dari season 1 sampai final chapters part 1. Berikut recap cerita Attack on Titan dari season 1 sampai final chapters part 1!



1. Recap Attack on Titan Season 1

Recap Cerita Attack on Titan dari Season 1 sampai The Final Chapters Part 1

Foto: Distractify

Season 1 memperkenalkan Eren, Armin, dan Mikasa. Hidup mereka berubah setelah Titan Kolosal dan Zirah menembus Tembok Maria, yang melepaskan Titan Abnormal di Distrik Shiganshina. Saat itulah Eren harus menyaksikan ibunya tewas dilahap Titan.

Eren kemudian masuk ke Pasukan Kadet ke-104 dan berlatih dengan tujuan masuk Pasukan Pengintai. Saat itu, dia hanya punya satu cita-cita, yaitu menyingkirkan setiap Titan yang dia lihat ada di hadapannya. Setelah beberapa saat, Eren melihat mimpi di mana ayahnya menyuntikkan sesuatu ke tubuhnya dan memberikan kunci ke kantornya.

Setelah 5 tahun berlatih, Eren akhirnya lulus pelatihan. Sejumlah rekannya, seperti Armin, Mikasa, Sasha, Connie, Reiner, Berthold, dan Jean juga lulus. Di hari pertama setelah menyelesaikan pelatihan itu, mereka kembali melihat kehancuran yang disebabkan Titan Zirah dan Kolosal.

Eren kemudian berusaha melawan ancaman itu. Tapi, dia malah dimakan Titan saat berusaha menyelamatkan Armin. Meski begitu, itu bukan akhir perjalanan Eren karena dia kembali lagi ke tanah, sebagai Titan, yaitu Attack Titan.

Eren segera melawan Titan lain dengan bentuk barunya itu. Segera, Armin, Mikasa, dan lainnya tahu kalau Eren-lah yang mengendalikan tubuh Attack Titan tersebut. Tentu saja, orang di dalam tembok mempertanyakan loyalitas Eren dengan bentuk barunya itu. Tapi, dia membuktikan bisa dipercaya setelah memperbaiki lubang di Tembok Maria dengan batu besar.

Setelah itu, Pasukan Pengintai menaungi Eren, yang mengemukakan karakter seperti Levi dan Erwin. Pasukan Pengintai kemudian berusaha mengklaim kembali Distrik Shiganshian, yang menjadi kunci rahasia dan sejarah Titan. Pada ekspedisi ini, mereka bertemu Titan Wanita, yang hampir menangkap Eren. Tapi, cowok itu selamat berkat usaha Pasukan Pengintai, Levi, dan Mikasa.

Kemudian, Armin mendeduksi kalau Annie, salah satu teman seangkatan mereka, adalah Titan Wanita. Ini menyebabkan pecahnya pertarungan antara Eren dan Annie di dalam Tembok dengan bentuk Titan mereka. Eren memenangkan pertarungan kedua, tapi, sebelum dia bisa memakan atau membunuh Annie, cewek itu menggunakan kristalisasi untuk menyelamatkan diri. Di season ini juga diketahui kalau ada sejumlah Titan Kolosal terjebak di dalam Tembok.

2. Recap Attack on Titan Season 2

Recap Cerita Attack on Titan dari Season 1 sampai The Final Chapters Part 1

Foto: Coub

Season 2 mengangkat kisah latar Sasha. Season ini juga memperkenalkan Titan Monyet, yang bisa mengendalikan Titan lain. Titan ini menggunakan kekuatan itu untuk melepaskan serangan ke menara di mana Reiner, Historia, Connie, Berthold, dan lainnya ditangkap.

Titan Abnormal mengalahkan semua orang di menara. Jadi, Ymir, yang cukup dekat dengan Historia, mengungkapkan bentuk Titan dan melawan para Abnormal itu. Ymir terluka parah, tapi, Eren dan yang lainnya tiba di saat yang tepat untuk menyelamatkan semua orang.

Pada titik ini, Reiner dan Berthold memutuskan mengungkapkan niat asli mereka dan fakta kalau mereka adalah Titan Zirah dan Kolosal. Eren terguncang dengan pengkhianatan itu. Jadi, dia menyalurkan amarahnya ke Titan Zirah. Tapi, dengan bantuan Titan Kolosal, Reiner berhasil menangkap Eren dan Ymir.

Reiner dan Berthold berniat membawa Eren dan Ymir ke desa mereka, yang berada di luar tembok. Tapi, Pasukan Pengintai berhasil mencapai mereka. Setelah banyak usaha, Eren berhasil ke luar dari cengkraman Reiner dan Berthold.

Pada saat yang sama, Titan Abnormal yang memakan ibu Eren datang. Eren berusaha berubah menjadi Attack Titan karena dia ingin membunuh monster yang telah menghabisi ibunya. Tapi, Eren gagal.

Hannes akhirnya tewas melindungi mereka. Eren hampir kehilangan semua harapan. Tapi, berkat Mikasa, Eren menyalurkan kemampuan bernama Koordinasi, yang membuatnya bisa mengendalikan Abnormal. Menariknya, kemampuan inilah yang menjadi alasna mengapa Reiner dan Berthold mengejar Eren.

Berkat Eren, semua orang selamat. Reiner dan Berthold kabur dan Ymir mengikuti duo itu. Kemudian, diketahui kalau Titan Abnormal sebenarnya adalah manusia yang entah bagaimana berubah menjadi Titan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6070 seconds (0.1#10.140)