Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai

Rabu, 05 Agustus 2020 - 17:07 WIB
loading...
Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai
Jadi sutradara mesti punya modal awal yang cukup, di antaranya adalah mesti paham skenario. Foto/@chuklanov/Unsplash
A A A
JAKARTA - Menjadi sutradara gak cuma sekadar ngelihat monitor dan ngatur pemain aja, tapi juga harus bisa memahami skenario dengan baik.

Apa yang tebesit dalam pikiran kamu kalau melihat seorang sutradara? Pasti membayangkan orang yang kerjaan-nya duduk di depan monitor kamera dan memantau jalannya syuting.

Kelihatannya, sih, kayak gampang dan bisa dilakukan oleh siapa aja. Eits, nanti dulu! Profesi seorang sutradara gak semudah itu, lho.

Menjadi seorang sutradara dituntut buat bisa mengatur semua hal yang ada di dalam sebuah film, mulai dari pemilihan kru, pemain, dan menentukan visi untuk visual, suara, dan musiknya.

Hal ini diungkapkan Ichwan Persada, sutradara film-film seperti web series "Cerita Dokter Cinta" (2019), film pendek "Hari Ke 40" (2019), dan miniseri "Asya Story" (2020). ( )

Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai

Ichwan Persada. Foto: tangkapan layar oleh AnnisaAninditha Pricilla

Menurut produser film "Batas" (2011), "Hijabers in Love" (2014), dan "Guru Ngaji" (2018) ini, seorang sutradara harus punya visi yang jelas dan sence of artistic.

Ichwan lalu mencontohkan satu karakter dengan sifat-sifat tertentu. Nah, kalau karakter ini punya kamar, seperti apa kira-kira bentuk dan desain kamarnya, mood 'warna' kamarnya, dan hal-hal lain yang mendukung gambaran karakter tersebut lewat visual.

"Termasuk juga sampai cari tau zodiaknya apa. Intinya bukan pada visual yang bagus, tapi visual yang mendukung penceritaan karakter tersebut," ujarsaat Ichwan saat menjadi pembicara dalam webinar “Belajar Jadi Sutradara Bersama Ichwan Persada” yang diadakan SINDO Media, Selasa (04/08).

Yang juga penting menurut Ichwan adalah cara memilih pemain. Karena bagaimana pun, menurutnya, 90% faktor keberhasilan film ada di tangan pemain.

"Jadi sutradara memang berperan penuh dan jeli dalam memilih aktor dan pemain,” ujar sutradara yang tengah menyiapkan episode baru untuk "Asya Story" di Genflix ini. ( )

Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai

Foto: @jakehills/Unsplash

Ichwan juga berbagi ilmu tentang hal mendasar yang perlu dikuasai kalau kita mau menjadi seorang sutradara, yaitu punya pemahaman yang baik tentang skenario.

Basic yang paling sederhana adalah harus punya pemahaman yang baik pada skenario. Hal ini bisa dicapai dengan berbagai cara, dengan banyak menonton film bagus," katanya sambil mencontohkan film "Social Network" (2010) dan film Indonesia "Lovely Man" (2011) karena dinilainya punya skenario yang luar biasa dan penyutradaraan yang bagus.

"Bagi saya skenarionya sederhana dan simpel, tapi rasa dalam film nyampe. Donny Damara dan Raihaanun aktingnya juga bagus banget,” kata pria berkacamata itu mengomentari "Lovely Man".

Nah, buat kamu yang pengen belajar menjadi sutradara, Ichwan menyarankan buat mulai belajar dari nol, seperti membaca buku tentang skenario dan penyutradaraan. ( )

Setelah itu, kamu bisa mencoba ikut pelatihan, workshop, dan magang dalam produksi film. Saat magang, banyak-banyaklah observasi dan melakukan apa pun yang diperlukan agar kamu bisa menyerap ilmu di lapangan sebanyak mungkin.

Annisa Aninditha Pricilla
Kontributor GenSINDO
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Instagram: @annisaninditha11
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)