Pengembangan Diri

Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai

Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai
Jadi sutradara mesti punya modal awal yang cukup, di antaranya adalah mesti paham skenario. Foto/@chuklanov/Unsplash
Jakarta - Menjadi sutradara gak cuma sekadar ngelihat monitor dan ngatur pemain aja, tapi juga harus bisa memahami skenario dengan baik.

Apa yang tebesit dalam pikiran kamu kalau melihat seorang sutradara? Pasti membayangkan orang yang kerjaan-nya duduk di depan monitor kamera dan memantau jalannya syuting.

Kelihatannya, sih, kayak gampang dan bisa dilakukan oleh siapa aja. Eits, nanti dulu! Profesi seorang sutradara gak semudah itu, lho.

Menjadi seorang sutradara dituntut buat bisa mengatur semua hal yang ada di dalam sebuah film, mulai dari pemilihan kru, pemain, dan menentukan visi untuk visual, suara, dan musiknya.



Hal ini diungkapkan Ichwan Persada, sutradara film-film seperti web series "Cerita Dokter Cinta" (2019), film pendek "Hari Ke 40" (2019), dan miniseri "Asya Story" (2020). (Baca Juga:Film-film untuk Belajar Memperjuangkan Hubungan yang Penuh Perbedaan)

Mau Belajar Jadi Sutradara? Ini Modal Utama yang Mesti Dikuasai

Ichwan Persada. Foto: tangkapan layar oleh AnnisaAninditha Pricilla

Menurut produser film "Batas" (2011), "Hijabers in Love" (2014), dan "Guru Ngaji" (2018) ini, seorang sutradara harus punya visi yang jelas dan sence of artistic.



Ichwan lalu mencontohkan satu karakter dengan sifat-sifat tertentu. Nah, kalau karakter ini punya kamar, seperti apa kira-kira bentuk dan desain kamarnya, mood 'warna' kamarnya, dan hal-hal lain yang mendukung gambaran karakter tersebut lewat visual.
halaman ke-1 dari 2
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss