Lingkungan Hidup

Kreatif! Murid-Murid SMA 65 Jakarta Ternak Lele di Gorong-Gorong, Airnya Pake Sisa Air Wudu

Kreatif! Murid-Murid SMA 65 Jakarta Ternak Lele di Gorong-Gorong, Airnya Pake Sisa Air Wudu
Para siswa di SMAN 65 Jakarta melakukan budidaya lele mengandalkan lahan minimalis dan air bekas. Foto/Instagram @adiwiyata65jkt
Jakarta - Dalam tiga bulan, mereka bisa panen 8-10 kg, lho! Hasil panen bahkan rencananya mau dijual.

B’tara Angger Pamungkas Suhernanto, selaku ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perikanan SMAN 65 Jakarta tahun 2020 mengatakan, budidaya perikanan ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekolah, yaitu gorong-gorong dan kolam minimalis.

“Budidaya ikan yang kita pilih adalah ternak lele karena perawatannya mudah. Kolam yang kita pakai juga gak luas. Air yang kita pakai berasal dari air sisa wudu. Air ini langsung disalurkan melalui pipa ke gorong-gorong si ikan supaya lebih hemat air,“ ujar B’tara yang bersama teman-temannya secara bergilir melakukan pengecekan terhadap kondisi ikan sampai masa panen.

Untuk memulai budidaya ternak lele, B'tara dan rekan-rekannya melakukan tebar benih, lalu pantau perkembangan ikan (timbang dan ukur panjang ikan). (Baca Juga:Susah Bikin Desain? Website dan Aplikasi Ini Bikin Kamu Gampang Bikin Infografis dan PPT)



Kreatif! Murid-Murid SMA 65 Jakarta Ternak Lele di Gorong-Gorong, Airnya Pake Sisa Air Wudu

Foto:Instagram @adiwiyata65jkt

"Di sini kita juga ngecek ikannya sakit atau gak dengan melihat fisiknya, apakah ada jamur atau gak,” jelas B’tara.

Supaya hasil panennya optimal, tim Pokja perikanan rajin ngasih nutrisi dan makanan sebanyak dua kali sehari dan melakukan perawatan seperti menguras kolam ikan.



“Supaya ikannya tumbuh baik dan bisa kita panen dalam jangka waktu tiga bulan, biasanya aku dan teman-teman menguras kolam selama sebulan sekali. Terus biasanya aku dan yang lain suka mengingatkan yang lagi wudu agar gak cuci muka dengan sabun wajah di tempat wudu. Sebab kita pakai air sisa wudu untuk mengalirkan ke kolam ikan,” terang B’tara.
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss