Inspirasi Olahan Daging Sapi dan Kambing a la Korea, Dijamin Enak!

Jum'at, 31 Juli 2020 - 14:04 WIB
loading...
Inspirasi Olahan Daging Sapi dan Kambing a la Korea, Dijamin Enak!
Makan bulgogi ditambah kimchi di atas lembaran daun selada dijamin terasa makin enak! Foto/Maangchi
A A A
JAKARTA - Buat kamu yang di rumah punya daging kambing atau sapi, bisa banget, nih, dibikin jadi makanan khas Korea.

Biasanya, saat Hari Raya Iduladha, kita mengolah daging kamping atau sapi jadi opor, sate atau rendang.

Nah, kalau kamu bosan dengan menu yang biasa, ada baiknya mencoba mengolahnya dengan gaya khas Korea Selatan, seperti yang berikut ini. ( )

1. KIMCHI-JJIGAE

Inspirasi Olahan Daging Sapi dan Kambing a la Korea, Dijamin Enak!

Foto:Maangchi

Kimchi-jjigae adalah sup kimchi dengan rasa pedas yang sangat terkenal. Sup ini dibuat dengan cara merebus kimchi beserta sari patinya, lalu ditambah sawi putih, daun bawang, tahu, dan daging. Di negara asalnya, kimchi-jjigae biasa dimasak dengan campuran daging babi atau seafood, tapi sekarang kita dapat menggantinya dengan daging sapi.

Sup ini biasanya dimakan sebagai lauk bersama dengan nasi. Menu kimchi-jjigae juga jadi menu favorit anggota BTS, loh. (Baca Juga: Mengenal Hoesik, Budaya Minum ala Korea Selatan yang Penuh Etika)

2. BIBIMBAP

Inspirasi Olahan Daging Sapi dan Kambing a la Korea, Dijamin Enak!

Foto: Instagram @Halalkoreamall

Paket lengkap lainnya adalah bibimbap, merupakan gabungan dari dua kata yaitu bibim yang berarti mencampur dan bap yang artinya adalah nasi. Pada mulanya,bibimbap biasa dimakan oleh para petani yang membawa bekal makan siangnya dari rumah. Saat menyantap makan siang bersama, para petani memutuskan mencampur seluruh bahan makanan dan memakannya bersama.

Hidangan ini merupakan santapan yang sederhana dan gampang untuk dibuat. Syarat utama dari bikin bibimbap adalah bahan-bahan yang digunakan harus terdiri dari lima warna yang berbeda, fungsinya supaya bisa menaikkan selera makan. Warna putih dari nasi, kuning untuk telur, hijau dari sayuran, oranye dari wortel, dan warna gelap dari jamur atau daging. Setelah membuat semua bahan menjadi matang, kamu bisa mencampurnya di mangkuk besar dengan gochujang, sambal khas dari Korea Selatan.

3. BULGOGI

Inspirasi Olahan Daging Sapi dan Kambing a la Korea, Dijamin Enak!

Foto:Maangchi

Kali ini ada hidangan yang lebih khas dengan daging sapi, yaitu bulgogi. Bulgogi merupakan daging yang dipotong tipis-tipis lalu setelahnya dipanggang menggunakan campuran bumbu khas Korea. Biasanya bumbu yang sering dipakai sebelum memanggang dagingnya adalah kecap asin dan gula, tapi kamu bisa menambah rempah-rempah lainnya sesuai dengan selera, seperti bumbu kaldu atau lada hitam.( )

Satu hal yang gak boleh ketinggalan saat menyantap bulgogi ialah cara memakannya yang unik. Kamu perlu menyiapkan lembaran daun selada dan kimchikalau kamu suka. Setelah daging matang, taruh daging di atas daun selada bersama dengan kimchi, lalu makan semuanya dengan satu kali suapan.

Ramdhani Kusuma Putra
Kontributor Gensindo
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @ramable_
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)