CERMIN: Barbie dan Hasrat Perempuan Menjadi Sempurna

Rabu, 28 Juni 2023 - 09:43 WIB
loading...
CERMIN: Barbie dan Hasrat Perempuan Menjadi Sempurna
200 Pounds Beauty menampilkan Syifa Hadju sebagai perempuan bersuara merdu tapi tak beruntung karena tubuhnya gemuk. Foto/Prime Video
A A A
JAKARTA - Tahun 1959. Boneka Barbie pertama kali dipamerkan di American Toy Fair di New York. Lalu 34 tahun setelahnya pada 1993, boneka Barbie terjual lebih dari 1 miliar di seluruh dunia dan menjadi ikon.

Kehadiran Barbie yang digambarkan dengan serangkaian profesi mulai dari pramugari, dokter, pilot, atlit Olimpiade hingga kandidat Presiden Amerika Serikat dianggap berperan memberi alternatif peran gender tradisional bagi perempuan pada akhir 1950-an. Sayangnya memang tampilan visual Barbie bisa dengan mudah disalahartikan sebagai hasrat perempuan untuk tampil sempurna dengan kulit bersinar, rambut lebat dan panjang dengan tubuh ramping bak model.

Puluhan tahun setelah boneka Barbie terjual 1 miliar, perempuan masih tak luput dari stigma untuk menjadi cantik dan langsing betapapun besar talenta dan kemampuan yang dimilikinya. Itulah yang menjadi tema utama dari film ulang buat dari Korea berjudul 200 Pounds Beautyyang tayang di Prime Video.



Juwita jelas bukan Barbie, setidaknya meski masih berkulit cemerlang tapi ia digambarkan bertubuh super gemuk dan dengan wajah yang biasa-biasa saja. Padahal ia punya suara yang meski tak sehebat Mariah Carey tapi tetap sungguh enak didengar dan penghayatan luar biasa meski belum semeyakinkan Celine Dion.

CERMIN: Barbie dan Hasrat Perempuan Menjadi Sempurna

Foto: Prime Video

Tapi di semesta cerita ini, karena kekurangan fisiknya, Juwita hanya bisa menjadi pemain di pinggir lapangan. Suaranya dipinjam oleh seorang penyanyi bernama menggelikan, Eva Primadonna. Berbeda 180 derajat dengan Juwita, Eva justru digambarkan nyaris seperti boneka Barbie tanpa jiwa.

Tapi Juwita tak ingin menjadi Juwita selamanya. Juwita yang selalu diremehkan, Juwita yang selalu tak terlihat, Juwita yang selalu tak bisa menggapai kesempatan yang bisa dicapai oleh mereka dengan penampilan fisik yang menarik. Juwita ingin berubah. Literal. Maka Juwita menemui dokter bedah plastik dan melakukan transformasi besar-besaran.

Juwita lantas berubah menjadi Angel. Kini ia menjelma sebagai seorang gadis cantik dan ramping. Menjadi mirip dengan boneka Barbie yang selalu digenggam ayahnya. Awalnya segala kemudahan diperolehnya hanya karena satu hal: kecantikannya. Tapi lama kelamaan ia kembali menyadari bahwa ia sesungguhnya tetap seorang Juwita yang memahami bahwa hidup tak selalu berjalan sebagaimana yang kita inginkan. Tak serta merta dengan segala perubahan yang menyertainya maka semesta akan mengitari dirinya.

Premis menarik ini sesungguhnya punya potensi untuk dieksplorasi lebih jauh, melebihi dari versi aslinya yang dirilis pada 2006. Sayangnya memang skenario yang ditulis Upi seperti membatasi diri untuk berusaha terlalu setia dengan materi aslinya.

CERMIN: Barbie dan Hasrat Perempuan Menjadi Sempurna

Foto: Prime Video

Tak banyak pembaruan yang dilakukan, tak banyak kejutan yang dihadirkan. Padahal kekurangan dalam film aslinya masih bisa ditambal dalam film ulang buatnya. Misalnya motivasi Juwita untuk berubah tak sekadar keinginan untuk mendapatkan validasi dari orang lain tapi betul-betul lahir dari sebuah sikap self-love yang sayangnya tak pernah diperlihatkan sebelumnya.

Juga bagaimana proses transformasi Juwita yang terasa terlalu instan dan tak memperlihatkan bagaimana perjuangannya untuk berubah justru membuat kita sebagai penonton tak memberi simpati yang lebih pada sosok Juwita/Angel. Untungnya memang Ody C Harahap yang duduk di bangku sutradara tahu betul bagaimana menambal segala kekurangan pada skenario dan mengeksekusi film ulang buat.

Sebelumnya Ody sudah punya pengalaman dengan film ulang buat yang juga berasal dari Korea berjudul Miss Grannyyang dirilis tahun 2014. Di tangannya, versi Indonesia yang berubah judul menjadi Sweet 20 (dirilis pada 2017) menjadi film yang lebih bagus dari materi aslinya dengan beberapa penyesuaian signifikan di sana-sini yang membuat ceritanya terasa lebih membumi. Meski tak sebaik Sweet 20, 200 Pounds Beautytetap sebuah film dengan pesan penting tentang mencintai diri sendiri yang menghangatkan hati.

CERMIN: Barbie dan Hasrat Perempuan Menjadi Sempurna

Foto: Prime Video

Bisa jadi inilah peran paling menarik yang pernah dimainkan Syifa Hadju. Hampir dalam semua film/serial/sinetron yang dibintanginya, Syifa seperti tak pernah mendapat kesempatan untuk memperlihatkan kecemerlangan aktingnya. Seperti Juwita. Syifa justru selalu tertutupi oleh kecantikan dan kesempurnaannya sebagai perempuan.

Namun dalam 200 Pounds Beauty, Syifa menunjukkan bahwa jam terbangnya selama ini sangat berperan membentuknya menjadi seorang aktris dengan akting yang semakin matang. Terlebih Syifa menyanyikan sendiri semua lagu-lagu yang ditampilkan dalam film.

Dalam perkembangannya, kini Barbie tak hanya dihadirkan berkulit cemerlang. Adanya pergeseran konvensi seputar kecantikan perempuan membuat Barbie pun kini bisa saja berkulit hitam atau justru sawo matang layaknya kulit perempuan Asia.



Kredo self-love yang semakin nyaring didengungkan beberapa tahun terakhir juga menjadi penanda penting bahwa kesempurnaan itu sesungguhnya tak ada. Ketidaksempurnaan kini dirayakan dan tak ada yang salah dengan menjadi perempuan bertubuh gemuk dengan wajah biasa-biasa sepanjang ia selalu bisa mencintai dirinya sendiri.

Semoga pesan ini juga sampai ke penonton setelah menyaksikan 200 Pounds Beauty.


200 Pounds Beauty
Produser: Manoj Punjabi
Sutradara: Ody C Harahap
Penulis Skenario: Upi
Pemain: Syifa Hadju, Baskara Mahendra, Zsa Zsa Utari


Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)