5 Tips Memilih Sepatu untuk Dipakai Sehari-hari

Jum'at, 16 Juni 2023 - 14:44 WIB
loading...
5 Tips Memilih Sepatu untuk Dipakai Sehari-hari
Tips memilih sepatu untuk sehari-hari perlu mempertimbangkan jenis aktivitas harianmu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Saat memilih sepatu untuk kegiatan sehari-hari, penting untuk memilih yang nyaman dan sesuai dengan gaya hidup atau rutinitas.

Sepatu yang cocok tidak hanya memberikan kenyamanan selama melakukan aktivitas, tetapi juga melengkapi penampilan. Karena itu, saat memilih untuk membeli sepatu, kamu bisa mempertimbangkan dua hal utama itu.

Selain itu, ada lagi beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih sepatu, seperti yang berikut ini.


1. Perhatikan Rutinitas


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan aktivitas apa saja yang biasanya kamu lakukan dalam satu hari atau bahkan satu minggu. Apakah kamu menghabiskan banyak waktu berjalan kaki dan menaiki transportasi umum untuk ke sekolah atau kuliah?

Apakah kamu sering berolahraga? Atau apakah kamu menghabiskan mayoritas waktu bekerja di kantor? Setiap kegiatan memerlukan jenis sepatu yang berbeda. Sebagai contoh, kalau kamu lebih banyak melakukan aktivitas luar ruangan, kamu bisa memilih sepatu dengan sol yang tahan lama. Namun kalau menghabiskan sebagian besar waktu di kantor, mempertimbangkan sepatu yang lebih formal, tapi ini kembali lagi ke tipe tempat kamu bekerja.

2. Ukuran dan Bentuk Kaki


Ukuran dan bentuk kaki tiap orang beragam, harus dipastikan bahwa kamu memilih sepatu dengan ukuran yang tepat dan model yang tepat untuk tipe kakimu. Sepatu yang terlalu sempit sangatlah tidak nyaman, hal yang sama juga bisa terjadi pada sepatu yang terlalu longgar.

Carilah sepatu yang memberikan ruang yang cukup bagi kaki untuk bergerak. Lalu, perhatikanlah bentuk lengkung kakimu dan pilihlah sepatu yang sesuai dengan lengkung alami kaki.

5 Tips Memilih Sepatu untuk Dipakai Sehari-hari

Foto: Jagran

3. Kualitas dan Material yang Tahan Lama


Investasikan uang untuk sepatu yang berkualitas dan tahan lama. Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan dasar berkualitas. Pastikan juga sol sepatu terbuat dari bahan yang kokoh dan anti-slip untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menghindari tergelincir.

Periksa dengan teliti jahitan dan kualitas material sepatu sebelum membeli. Meskipun harga mungkin akan lebih tinggi, sepatu yang tahan lama akan menjadi investasi yang baik dalam jangka panjang.

4. Gaya dan Penampilan


Faktor yang tidak bisa dilupakan adalah gaya dan penampilan sepatu. Pilihlah model sepatu yang cocok dengan gaya pribadi dan preferensi gaya berpakaianmu. Kalau kamu suka gaya kasual, pertimbangkanlah sneakers atau sepatu low-rise yang berbahan kanvas.

Bagikamu yang menyukai gaya yang lebih formal, bisa memilih sepatu dengan bahan kulit atau kulit sintetis yang elegan sehingga penampilannya tidak gampang termakan oleh waktu. Warna-warna netral selalu menjadi pilihan yang baik saat memilih sepatu karena bisa cocok dengan warna baju apa pun


5. Perawatan


Perhatikan juga bagaimana cara merawat dan memelihara sepatu. Pastikan kamu telah membaca petunjuk atau informasi yang disediakan oleh produsen. Akan lebih baik jika mengikuti langkah-langkah yang dianjurkan terkait perawatan sepatunya.

Bersihkan sepatu secara teratur dan gunakan produk perawatan yang sesuai dengan bahan sepatu. Lalu carilah tempat untuk menyimpan sepatu yang sesuai demi mencegah kerusakan.

MG/Thesalonika Alvina
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)