11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:19 WIB
loading...
11 Mata Uang Anime dan...
Sejumlah serial anime punya struktur ekonomi tersendiri. Alih-alih memakai mata uang biasa, serial ini punya mata uang sendiri yang ada nilainya di dunia nyata. (Foto: Narutopedia)
A A A
Mata uang memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari semua orang. Ini juga berlaku di anime . Sebagian besar anime berlatar Jepang, sehingga wajar kalau mereka memakai mata uang yen sebagai alat tukar menukar. Tapi, sejumlah anime berlatar di dunia fiktif yang punya struktur tersendiri, termasuk ekonomi.

Di banyak anime berbasis game atau isekai, mata uang yang mereka pakai adalah emas dan perak. Tapi, anime yang berlatar di dunia fantasi punya mata uang fiktif tersendiri yang punya nilai tertentu ketika dihitung di dunia nyata. Ini membantu penggemar untuk bisa lebih memahami sistem ekonomi dan dinamika kekuasaan di dunia khayalan ini.

Sejumlah mata uang jelas terkait ke yen Jepang atau dolar Amerika Serikat (USD) di dunia nyata. Tapi, ada juga yang punya ukuran tersendiri. Tidak semua kreator memberikan catatan pada nilai tukar mata uang mereka. Jadi, dibutuhkan mata yang cermat dan riset untuk menentukan nilainya di dunia nyata. Apa saja mata uang yang dipakai di anime dan berapa nilainya di dunia nyata? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



11. Double Dollar — Trigun

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Kombo/Reddit/An Anime Journey

Di Trigun, tipe uang yang dipakai disebut Double Dollar. Meski tidak ada konversi resmi, ada asumsi yang bisa dibuat. Di satu adegan, Vash memesan 2 BLTdogs, 2 susu, 4 kantong pretzel, dan sekotak kismis dengan total harga $$12,75. Amtrax memberi harga USD5 (Rp74.320) untuk hot dog, USD1 (Rp14.841) untuk susu, dan USD2 (Rp29.728) untuk pretzel. Dengan mengasumsikan kalau kismis itu seharga USD3 (Rp44.592), maka total belanjaan Vash adalah USD23 di dunia nyata. Dengan membagi Double Dollar dengan USD, bisa diasumsikan kalau 1 Double Dollar setara dengan USD1,80 (Rp26.755).

10. Wong — Outlaw Star

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Outlaw Star Wiki – Fandom

Outlaw Star memakai Wong sebagai mata uangnya. Dengan perjalanan antargalaksi, sulit membuat perbandingan 1:1 dengan nilain uang bumi. Tapi, dengan menggunakan petunjuk konteks bisa mempersempit konversinya. Pada 1998, ketika Outlaw Star dirilis, harga semangkuk ramen di Jepang adalah 512 yen. Saat itu, di serial itu, semangkuk ramen dibayar dengan 3 koin perak Wong. Jadi bisa diasumsikan kalau 1 Wong setara dengan sekitar 171 yen.

9. Woolong — Cowboy Bebop

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Cowboy Bebop Wiki – Fandom

Cowboy Bebop memakai mata uang Woolong yang punya simbol yang sama dengan won Korea. Mata uang ini cukup rendah nilai tukarnya dengan 130 Woolong setara dengan USD1 (Rp14.841). Sayang, kreatornya, Hajime Yatate, tidak memberikan penjelasan resmi atas asal usulnya dan nilainya di dunia nyata. Padahal, mata uang ini juga dipakai untuk dua anime lain, yaitu Space Dandy dan Carole & Tuesday, yang juga disutradarai Shinichiro Watanabe.

8. Zeni — Dragon Ball

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Dragon Ball Universe Wiki – Fandom

Zeni adalah mata uang yang digunakan di berbagai karya Akira Toriyama, termasuk Dragon Ball, Dub & Peter 1, dan Jaco the Galactic Patrolman. Simbol Zeni adalah huruf kapital Z dengan dua garis vertikal yang melintasinya, mirip seperti dolar. Menurut Akira, 1 Zeni setara dengan 1 yen (Rp106). Tap, di Jaco the Galactic Patrolman, 100 Zeni sama dengan 150 yen (Rp15.979).

7. Dalc — Spy x Family

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Tumblr

Di Spy x Family, dunia Ostania memakai uang kertas warna biru yang disebut Dalc, yang direpresentasikan dengan huruf besar D dengan tanda takik di sisi datarnya. Ada juga sistem koin bernama Pents dan 100 Pents setara dengan 1 Dalc. Menurut Spy x Family: Eyes Only, 1 Dalc setara dengan 320 yen (Rp34.000).

6. Berry — One Piece

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Kombo/One Piece Wiki – Fandom

One Piece memakai mata uang bernama Berry. Simbolnya mirip seperti mata uang Thailand, Bath, dengan garis yang lebih cerah. Di Mugiwara Store di Nagoya, 1 yen (Rp106) sama dengan 1 Berry. Tapi, mungkin nilai tukar Berry bisa berbeda ketika di konversi ke USD. Di sampul Chapter 476, Mimpi Buruk Luffy, kubis besar berharga 150 Berry. Di Amerika Serikat, kubis besar berharga USD2 (Rp29.680), jadi USD1 senilai sekitar 75 Berry.

5. Cens — Fullmetal Alchemist

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Kombo/Fullmetal Alchemist Wiki – Fandom

Amestris, latar prinsip di Fullmetal Alchemist, punya sistem mata uang bernama Cens. Mata uang ini punya uang kertas dan juga koin berbeda. Sayang, tidak ada konfirmasi dari kreatornya, Hiromu Arakawa, terkait nilai Cens di dunia nyata.

Karena Fullmetal Alchemist adalah anime ikonis Jepang, sepertinya Cens setara dengan yen. Kalau melihat harga di semesta itu, seperti telepon umum berbiaya 520 Cens dan secangkir kopi sekitar 100 Cens, masuk akal kalau mata uang itu setara yen. Sekarang, secangkir kopi di Jepang rata-rata seharga 100—500 Cens.

4. Jenny — Hunter x Hunter

11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Foto: Hunterpedia
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)