Bosan Rapat Virtual? Bikin Seru Suasana dengan Ice Breaking Ini!

Bosan Rapat Virtual? Bikin Seru Suasana dengan Ice Breaking Ini!
Rapat virtual, apalagi yang panjang, emang bisa bikin bosan, dan perlu ada ice breaking biar peserta semangat. Foto/Getty Images
JAKARTA - Pandemi masih berlanjut, bikin kita mesti tetap melakukan banyak kegiatan mahasiswa atau kerjaan kantor secara daring.

Seringkali, untuk mempersiapkan acara penting tersebut, kita mesti melakukan rapat virtual. Pastinya, kita kadang merasa bosan saat rapat masih berlangsung.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan ice breaking atau aktivitas yang seru secara virtual biar peserta rapat gak bosan dan jadi semangat lagi.

Pastinya, ini mesti hal yang bisa dimainkan bersama. Ice breaking juga tentunya bisa menguatkan keakraban antarpeserta. Berikut beberapa situs web atau aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan ice breaking. (Baca Juga: 15 Hal yang Mesti Kamu Punya Supaya Sukses di Dunia Kerja )

1. KAHOOT

Bosan Rapat Virtual? Bikin Seru Suasana dengan Ice Breaking Ini!

Foto: Kahoot

Siapa, nih, yang di kelas sering kuis menggunakan ini? Kahoot adalah situs web yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi edukasi berbasis permainan. Cara menggunakannya adalah dengan membuat kuis, lalu kuisnya dilempar kepada peserta lewat getkahoot.com.

Yang asyik, pake Kahoot juga bisa bikin pertanyaan lewat gambar. Jadi, bisa banget buat bikin tebak-tebakan gambar yang seru. . Jangan lupa untuk membuat empat pilihan jawaban dan atur batas waktu menjawab. Waktu yang cepat dan berlomba-lomba dengan yang lainnya akan bikin permainan ini seru. Pada akhir permainan akan terlihat juaranya. Jangan lupa siapkan hadiah, ya!

2. GUESS WHO GUESS WHAT

Bosan Rapat Virtual? Bikin Seru Suasana dengan Ice Breaking Ini!

Foto: Getty Images

Seperti judulnya, permainan ini menebak siapa dan apa dari kata kunci yang diberikan. Saat rapat virtual, kamu bisa membagi para peserta jadi beberapa kelompok. Lalu masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk memberikan beberapa kata kunci, misalnya empat kata. Sebutkan juga hal yang berkaitan dengan petunjuk tersebut.

Jangan lupa untuk mengaktifkan kamera, jadi yang tahu jawabannya bisa langsung melambaikan tangan. Satu orang akan menjadi juri yang melihat jalannya permainan. (Baca Juga: Tips Bikin Orang Lain Terkesan Denganmu dalam Waktu Satu Menit )

3. GARTIC.IO

Bosan Rapat Virtual? Bikin Seru Suasana dengan Ice Breaking Ini!

Foto: garticio.org

Sama seperti Kahoot, permainan ini ada di situs web dan aplikasi. Kuis ini adalah berupa permainan menggambar dan menebak gambar secara bergiliran. Untuk memulainya, bisa membuka gartic.io, lalu bikin room baru. Kamu bisa kirim tautan (link) room ini ke peserta rapat.

Dalam room permainan, akan ada video gambar yang dibuat peserta yang mendapat giliran menggambar. Nanti yang mendapat giliran menebak harus menulis jawabannya di kolom chat yang tersedia. Jawaban benar akan mendapat poin, tapi kalau salah bisa mencoba berkali-kali sampai waktu habis. Permainan ini akan seru, karena tiap peserta bisa melihat dan dibuat ketawadengan kemampuan menggambar peserta.

4. VIRTUAL BODY LANGUAGE

Bosan Rapat Virtual? Bikin Seru Suasana dengan Ice Breaking Ini!

Foto: Shutterstock

Cara permainan ini mirip dengan Guess Who Guess What, tapi kata kuncinya cuma boleh dibocorin jenisnya aja, misal hewan atau profesi. Kata kunci sisanya akan diberikan lewat gerak tubuh. Kebayang, kan, pasti kuis ini kocak banget. (Baca Juga: Selfie Dysmorphia, Penyakit Psikologis di Balik Tren FaceApp )

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO
Indonesia International Institute for Life-Sciences
Instagram: @nkcandrapuspita


(it)
Share: