Tips Tetap Cool saat Ketemu Mantan Pacar

Sabtu, 20 Mei 2023 - 12:00 WIB
loading...
Tips Tetap Cool saat Ketemu Mantan Pacar
Bertemu mantan pacar tanpa disengaja memang bisa membuat kikuk, tapi tetap bisa kamu atasi jika tahu caranya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Putus dengan pacar menjadi hal yang sangat sulit, apalagi kalau berpisah dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Perasaan sedih, galau, tentu dirasakan.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Neurophysiology mengungkapkan bahwa putusnya hubungan mungkin terasa sangat menyakitkan karena mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan motivasi, penghargaan, dan hasrat kecanduan.

Saat sudah mengakhiri hubungan dengan pasangan, terkadang ada momen bertemu tanpa disengaja. Apalagi bila mantan pasangan berada dalam lingkaran pergaulan yang sama denganmu atau teman sekantormu.



Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan bila bertemu dengan mantan pasangan. Berikut ulasannya dari Psychology Today.

1. Fokus Mengembangkan Diri

Saat putus, gunakan waktu sendirimu dengan fokus pada diri dan kesejahteraanmu. Kejar minat baru, coba bentuk kebugaran baru, atau jelajahi tempat baru. Jadi saat kamu tanpa sengaja bertemu dengannya lagi, kamu punya aura yang lebih kinclong dibanding saat dirimu baru putus.

2. Beri Batasan

Saat bertemu mantan pacar, kamu bisa memberi batasan agar tidak melakukan banyak komunikasi. Lakukan percakapan seadanya, tapi sealami mungkin tanpa terlihat kamu menghindari percakapan tersebut.

Kamu bisa menanyakan kabarnya, atau mungkin kabar anggota keluarga atau temannya yang dekat denganmu. Atau membahas situasi umum yang sedang kalian alami saat itu, misalnya mal yang sedang ramai pengunjung atau lainnya.

Tips Tetap Cool saat Ketemu Mantan Pacar

Foto: Getty Images

3. Bersikap Sopan


Ketika kamu melihat mantan, tetaplah bersikap sopan. Kamu tidak harus menjadi teman baik tetapi cobalah untuk menghormati dan menghindari drama yang tidak perlu.

4. Ketahui Nilai Dirimu

Menghargai dirimu dan menganggap dirimu layak mendapatkan sesuatu yang baik bukanlah sikap sombong. Sebaliknya, memedulikan diri sendiri, terutama saat stres, sangat penting untuk membawa diri kamu ke tempat yang lebih baik atau pasangan yang lebih cocok untukmu.

5. Memberi Jarak

Memberi jarak ini bukan berarti kamu harus pindah kerja atau bahkan pindah rumah. Namun kamu bisa menghindari komunikasi yang tidak penting.

Kalau bisa, hindari media sosial atau hal-hal pribadi yang berhubungan dengan mantan. Semakin sedikit informasi tentangnya yang kamu tahu, semakin kamu akan bersikap santai saat bertemu dengannya.


6. Fokus dengan Lingkungan Sekitar

Kamu bisa mulai kembali mendekatkan diri dengan keluarga atau teman. Kamu juga bisa mencurahkan isi hatimu. Mereka dapat menawarkan telinga yang mendengarkan, kata-kata penyemangat, dan pengalih perhatian dari perpisahan.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)