alexametrics
Rajin Sikat Gigi Dipercaya Bisa Cegah Penyakit Jantung
Rajin Sikat Gigi Dipercaya Bisa Cegah Penyakit Jantung
Sikat gigi penting buat kesehatan mulut, dan menurut penelitian penting juga buat kesehatan jantung. Foto/getthegloss.com
Korea - Berapa kali kamu sikat gigi dalam sehari? Kalo cuma sekali, mendingan diubah, deh, kebiasaan itu.

Selain gigi kamu gampang rusak atau bolong (apalagi kalo kamu doyan ngemil), sebuah penelitian baru yang dilakukan tahun ini menyimpulkan bahwa rajin sikat gigi sampai tiga kali sehari bisa mengurangi potensi kena gagal jantung sampai 12 persen.

Penelitian yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology, ini mengumpulkan 150 ribu orang Korea usia menengah dan lanjut yang gak punya riwayat sakit jantung. Dalam 10 tahun berikutnya, para peserta dipantau kebiasaan kesehatan mulutnya, juga data asuransinya untuk melacak riwayat kesehatan jantungnya.



Studi ini juga melihat usia peserta dan riwayat merokoknya. Hasilnya, seperti yang tadi sudah ditulis, mereka yang rajin menjaga kesehatan giginya punya peluang lebih kecil untuk kena penyakit jantung.

Dikutip Bustle, saat peserta punya penyakit gusi, 4,17 persen di antaranya kena gagal jantung, dibandingkan dengan 3,95 persen orang yang gak kena penyakit gusi. Sementara orang yang banyak ompongnya berpotensi sampai 35 persen untuk kena gagal jantung dibandingkan orang yang giginya masih utuh.

Selain itu, American Heart Association (AHA) juga menganjurkan untuk sikat gigi sampai dua menit dua kali sehari supaya mulut dan jantung sehat. Penelitian AHA menyebut, bahwa orang yang sikat gigi empat menit setiap hari, kemungkinan kena gagal jantung, serangan jantung, dan strokenya bisa tiga kali lebih kecil.

Meski begitu, penelitian pada 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa penyakit gusi rupanya meningkatkan tekanan darah karena sifat radang gusi.

AHA pun menambahkan bahwa masih belum ada cukup bukti untuk menyebut bahwa kesehatan mulut bisa mencegah penyakit jantung, karena ada banyak faktor untuk terjadinya serangan jantung, misalnya diabetes.

Apapun itu, tetap aja rajin sikat gigi minimal dua kali sehari bagus buat kesehatan. Kalo perlu, kamu juga perlu bawa sikat gigi ke mana-mana, biar tiap habis makan bisa langsung sikat gigi, dan napas jadi lebih segar.



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss