alexametrics
Pernah Kalahkan Gigi Hadid, Pengungsi Sudan ini Raih Penghargaan Model of The Year
Pernah Kalahkan Gigi Hadid, Pengungsi Sudan ini Raih Penghargaan Model of The Year
Adut Akech saat menghadiri Fashion Awards 2019 yang mendapuknya sebagai model tahun ini. Foto/Teen Vogue
London - Adut Akech meraih penghargaan tersebut dari Fashion Awards 2019, penghargaan prestisius yang kerap dianggap sebagai Piala Oscar-nya dunia mode, yang berlangsung di London pada Senin malam (2/12).

Model berusia 19 tahun ini memang jadi wajah baru dalam industri mode dunia, terutama karena latar belakangnya. Lahir dari keluarga sangat miskin di Sudan, Adut mengungsi ke Australia saat masih umur tujuh tahun. Dari sinilah dia memulai karier modelnya.

Tapi bukan berarti semuanya jadi mudah. Adut harus menghadapi banyak tindakan rasis di dunia mode, bahkan dari negaranya sendiri. Misalnya, salah satunya adalah saat sebuah majalah Australia memuat kisahnya, tapi dengan foto orang yang bukan dia.



Tapi perlahan, Adut bisa mengubah stigma negatif model kulit berwarna di dunia mode, bahkan jadi sering muncul sebagai model iklan dan majalah. Adut pernah muncul jadi sampul lima majalah Vogue di beberapa negara, semuanya cuma dalam hitungan satu bulan.

Pernah Kalahkan Gigi Hadid, Pengungsi Sudan ini Raih Penghargaan Model of The Year
Foto: Vogue Italia

Munculnya pun dalam edisi September, yang disebut sebagai edisi paling prestisius karena mengenalkan koleksi pakaian musim gugur dan dingin.

Adut juga pernah dipilih oleh Duchess of Sussex Meghan Markle sebagai salah satu agen perubahan saat Meghan menjadi editor tamu di majalah Vogue Inggris.

Model ini juga masuk dalam majalah Time, Time 100 Next List yang jadi daftar orang-orang berpengaruh yang mengubah wajah dunia di beberapa bidang, di antaranya bisnis, hiburan, olahraga, politik, sains, dan kesehatan.

Dalam artikelnya, Time menulis bahwa Adut "mengkritik rasisme dan menyuarakan kisah teman-temannya sesama pengungsi".

Saat menerima penghargaan Fashion Awards 2019 (dulu bernama British Fashion Awards), Adut juga lagi-lagi menegaskan masalah rasisme dan keragaman di dunia mode.

Pernah Kalahkan Gigi Hadid, Pengungsi Sudan ini Raih Penghargaan Model of The Year
Foto: Chris Colls/Vogue Jerman

"Perlu kita ingat bahwa kemenangan saya ini adalah hal yang jarang terjadi," katanya. "(Piala) ini untuk para perempuan dan laki-laki muda yang juga seperti saya. Saya mau mereka tidak takut untuk bermimpi besar seperti saya," tambahnya.

"Kepada mereka, saya (ingin) mengucapkan hal ini: Apapun yang kamu ingin lakukan, apakah modelling, akting, atau kedokteran, jangan pernah meragukan dirimu sendiri. Jangan biarkan dunia membuatmu yakin bahwa ini adalah hal yang mustahil," tegasnya.

"Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, tapi perjalanan kita masih panjang," kata Adut.

Pernah Kalahkan Gigi Hadid, Pengungsi Sudan ini Raih Penghargaan Model of The Year
Foto: Andrew Nuding/Vogue Australia 

Pidato kemenangan Adut inipun disambut dengan standing ovation dari para hadirin, yang terdiri dari para 'dewa' dalam dunia mode, termasuk Anna Wintour dan Rihanna.

Pada Desember tahun lalu, Adut juga meraih penghargaan sebagai Model of the Year dalam ajang The Model of the Year Industry Awards, yang diadakan oleh media mode Models.com. Dalam kategori ini, dia bahkan mengalahkan Gigi Hadid.

The Model of the Year Industry Awards adalah penghargaan yang diberikan berkat hasil voting lebih dari 250 orang yang bekerja dalam industri mode dunia, termasuk para sutradara audisi (casting director), fotografer, dan penata gaya (stylist).



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss