10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Kamis, 16 Maret 2023 - 09:09 WIB
loading...
10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!
Sejumlah aktor dan aktris kini menyesali keputusan mereka setelah pernah menolak tawaran tampil di sebuah film yang ternyata malah menjadi hit dan laris manis. (Foto: MovieWeb)
A A A
Penyesalan selalu datang di akhir, karena kalau datangnya di awal, namanya pendaftaran. Ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk aktor dan aktris terkenal sekalipun. Para aktor kondang ini melewatkan satu kesempatan emas yang tidak akan datang berulang dan bisa mengubah hidup mereka. Kini, mereka harus menyesali keputusan itu seumur hidupnya.

Para aktor ini ditawari sebuah peran yang bisa mengubah hidup mereka. Sayang, mereka menolaknya dengan berbagai alasan. Dari jadwal bentrok, tidak paham dengan konsep film sampai terasa meremehkan film tersebut, mereka tidak menyangka kalau film itu malah jadi hit dan populer sampai saat ini.

Tapi apa lacur, mereka sekarang hanya tinggal menyesali keputusan tersebut. Meski tidak semua film yang mereka tolak itu benar-benar meledak di box office, sejumlah film itu sukses secara kritik dan masih dipuja sampai saat ini. Tapi, andaikan mereka menerima tawaran itu, nasib film itu pun mungkin bisa berubah dan tidak seperti sekarang. Siapa saja aktor dan aktris yang menolak peran di sebuah film yang ternyata populer dan menyesali keputusan itu? Simak ulasannya berikut!



10. Halle Berry — Annie (Speed)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Hello Magazine/IMDb

Sandra Bullock berutang budi kepada Halle Berry yang secara tidak sengaja membuatnya sebagai bintang. Mengapa? Karena, seharusnya, Halle memerankan Annie di film laris Speed. Tapi, Halle menolak peran itu di film tentang bus yang diteror bom yang juga dibintangi Keanu Reeves pada 1994 tersebut.

“Saya ditawari sebelum Sandra Bullock. Dengan bodohnya saya bilang tidak. Tapi, dalam pembelaan saya, ketika saya baca skripnya, busnya tidak meninggalkan tempat parkir. Saya nonton film itu dan saya seperti, aarrrrggghhh,” ujar Halle kepada Entertainment Tonight.

9. Michelle Pfeiffer — Clarice Starling (The Silence of the Lamb)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Encyclopedia Britannica/Deadline

Di awal 90-an, Michelle Pfeiffer dikabarkan menolak banyak peran besar, dari Thelma & Louise, Pretty Woman, Basic Instinct sampai Sleepless in Seattle. Michelle mengakui kalau dia menolak Thelma & Louise karena jadwal yang bentrok. Tapi, dia paling menyesal ketika menolak The Silence of the Lamb karena itu membuatnya tidak bisa bekerja dengan mendiang sutradara Jonathan Demme lebih dari sekali.

Jonathan mengarahkan Michelle di film Married to the Mob dan selalu mengincarnya untuk peran Clarice Starling di The Silence of the Lamb. Tapi, Michelle malah ketakutan. “Saya gentar. Ada kejahatan di film itu. Penjahatnya menang pada akhirnya, sehinggadi akhir film itu penjahatnya berkuasa. Saya tidak nyaman dengan ending itu. Saya tidak mau menempatkan itu di dunia,” katanya kepada The New Yorker. Peran itu jatuh ke tangan Jodie Foster dan mempersembahkan sebuah Oscar kepadanya.

8. Gwyneth Paltrow — Rose (Titanic)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Us Weekly/Pure Now

Titanic adalah film yang identik dengan pasangan Rose dan Jack yang diperankan Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio. Tapi, awalnya, James Cameron ingin agar Gwyneth Paltrow yang memerankan Rose. Tapi, aktris itu menolak setelah membaca skripnya. Baginya, film itu terasa terlalu sentimental. Apalagi, saat itu, dia ada proyek lain yang membuatnya lebih tertarik ketimbang Titanic. Tak disangka, Titanic ternyata nge-hits dan jadi film terlaris saat itu. Gwyneth pun menyesal.

Gwyneth mengeluh kalau dia tidak bisa mengubah masa lalu. “Saya melihat ke belakang atas pilihan yang saya buat dan berpikir. ‘Mengapa saya bilang iya ke itu? Dan tidak pada itu?’ Dan kalian melihat gambaran besarnya dan berpikir: Ada pelajaran umum di sini. Apa gunanya memegang peran?” kata Gwyneth kepada Howard Stern.

7. Kevin Costner — Andy Dufresne (The Shawshank Redemption)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Tumblr/CNN

Secara finansial, The Shawshank Redemption bukanlah film yang menguntungkan ketika dirilis. Tapi, film ini jadi melejit dan menjadi sebuah kultus hingga dianggap sebagai film terbaik sepanjang masa setelah masuk sebagai nominasi Oscar, meski tidak menang. Di film itu, protagonisnya, Andy Dufresne, diperankan Tim Robbins. Sebenarnya, Tim adalah pilihan kedua. Pilihan pertamanya? Kevin Costner.

Seandainya Kevin menerima peran itu, kariernya mungkin masih bisa diselamatkan. Tapi, saat itu Kevin menolak film itu karena sibuk tampil di film lain, yaitu Waterworld. Film itu terbukti menjadi film paling jeblok pada 1995 dan dicaci maki kritikus. Kevin mengaku menyesal telah menolak peran Andy di The Shawshank Redemption.

6. Bruce Willis — Sam Wheat (Ghost)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: People/The Parody Wiki – Fandom

Bruce Willis melewatkan satu kesempatan emas untuk tampil bareng istrinya, Demi Moore, di film Ghost pada 1990. Pasangan itu sebenarnya sama-sama diberi skrip film itu, tapi hanya Demi yang menerimanya. Sementara, Bruce memilih menolaknya karena konsep film itu membingungkan baginya. Ghost, yang menjadi film terlaris pada 1990, mengisahkan hantu seorang pria yang berusaha membantu ceweknya yang berduka untuk move on sementara menguak pembunuhan terhadap dirinya sendiri.

“Saya tidak paham. Saya bilang, ‘Hei, orang ini sudah mati. Bagaimana dia akan punya kisah cinta?’ Kata-kata terakhir yang terkenal,” kata Bruce kepada The New York Times. Bruce akhirnya menyesali keputusan itu. Dia menyebut dirinya “orang bodoh” karena menolak peran tersebut. Peran Sam Wheat jatuh ke tangan Patrick Swayze.

5. Christina Applegate — Elle Woods (Legally Blonde)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: PopSugar/Glamour UK

Karakter Elle Woods di Legally Blonde sudah lekat dengan sosok Reese Witherspoon. Tapi, peran ini sebenarnya ditawarkan kepada Christina Applegate sejak awal. Christina menolak tawaran tersebut karena peran itu mirip karakter yang dia perankan di Married… with Children.

“Saya takut mengulangi diri saya sendiri. Keputusan yang bodoh, ya? (Tapi) Reese layak mendapatkannya. Dia lebih baik ketimbang yang saya bisa, dan, itulah hidupnya, itulah jalannya,” papar Christina pada 2015. Di sebuah twist yang aneh, baik Christina dan Reese sama-sama memerankan adik Rachel Green, yang diperankan Jennifer Aniston, di Friends.

4. Nicolas Cage — Aragorn (Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Time/Game Rant

Trilogi Lord of the Rings akan sangat berbeda kalau Nicolas Cage menerima tawaran untuk memerankan Aragorn di film pertamanya, The Fellowshiop of the Rings. Nicolas telah bertemu produser film itu dan menolak tawaran untuk tampil di film tersebut. Peran Aragorn akhirnya jatuh ke tangan Viggo Mortensen.

Menurut Nicolas, dia sebenarnya bisa beruntung dengan mengambil peran Aragorn itu. Lord of the Rings adalah salah satu franchise terbesar di dunia. Dengan tiga film, Nicolas tentu bisa meraup banyak uang. “Ada hal-hal berbeda yang terjadi pada hidup saya waktu itu yang mencegah saya untuk bepergian dan jauh dari rumah selama tiga tahun,” ujar Nicolas kepada Newsweek.

3. Josh Hartnett — Bruce Wayne (Batman Begins)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Today/People

Christian Bale bukanlah pilihan pertama Christopher Nolan saat membuat film pertama trilogi The Dark Knight, Batman Begins. Awalnya, Josh Hartnett-lah yang ditawari untuk memerankan Bruce Wayne di film itu. Tapi, Josh menolaknya karena ketakutan.

“Saya begitu fokus untuk tidak dikucilkan dan takut dianggap hanya untuk satu hal sebagai aktor,” ujar Josh. Tapi, penolakan Josh berbuntut panjang dan itu yang dia sesali. Nolan tidak lagi menghubunginya untuk film The Prestige. Josh menyadari kesalahannya itu dan sangat menyesal karena gagal bekerja sama dengan Nolan.

2. Will Smith — Neo (The Matrix)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: People/The Independent

The Matrix mengalami perjalanan panjang menemukan aktor untuk memerankan Neo sebelum menjatuhkan pilihan kepada Keanu Reeves. Awalnya, Wachowski Bersaudari mengontak Brad Pitt yang menolaknya. Kemudian, mereka beralih kepada Will Smith. Tapi, dia juga menolaknya.

Will mengatakan, dia sempat bertemu Lana dan Lily Wachowski, tapi dia kesulitan memahami ide mereka untuk waktu peluru atau efek slow-motion yang dikuasai Neo di film itu. “Saya malahan bikin Wild Wild West. Saya tidak bangga pada film itu,” ujar Will, merujuk film jeblok pada 1999 yang disesalinya selama 20 tahun lebih.



1. Matt Damon — Jake Sully (Avatar)

10 Aktor Ini Menolak Film yang Ternyata Cuan Gede, Nyesel deh!

Foto: Wikipedia/We Got This Covered

Avatar sejatinya bisa mengubah hidup Matt Damon seandainya dia menerima tawaran untuk memerankan Jake Sully di film pada 2009 itu. Padahal, iming-imingnya tak bisa disepelekan. Selain menerima gaji atau bayaran pokok, dia juga akan mendapatkan 10% keuntungan dari pendapatan film itu. Tapi, dia terpaksa menolak peran itu karena punya komitmen lain. Akibatnya, dia rugi sekitar USD200 juta. Peran Jake Sully akhirnya jatuh ke tangan Sam Worthington, yang tidak terkenal saat itu.

“Saya meninggalkan lebih banyak uang ketimbang aktor lain,” ujar Matt kepada GQ pada 2019. Menurut Matt, penyesalan terbesarnya adalah kehilangan peluang untuk bekerja dengan James Cameron. “Dia bekerja tidak begitu sering … Saya sadar kalau bilang tidak maka saya mungkin melewatkan peluang bekerja sama dengannya. Itu menyakitkan dan kejam. Tapi, anak-anak saya masih makan. Saya baik-baik saja,” kata dia.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)