Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget

Rabu, 08 Maret 2023 - 16:57 WIB
loading...
Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget
Nasib grup K-pop yang ditinggal leader-nya, yaitu AOA, termasuk yang tak jelas kelanjutannya hingga kini. Foto/FNC Entertainment
A A A
JAKARTA - Nasib grup K-pop yang ditinggal leader-nya memang bisa memprihatinkan, tapi ada juga yang bisa sukses, bahkan meraih penghargaan bergengsi.

Keluarnya sosok leader dari grup yang dipimpinnya memang sangat jarang terjadi. Umumnya, seorang member keluar karena terkena kasus atau skandal, atau ogah memperpanjang kontraknya.

Namun seorang leader biasanya sangat menjaga perilakunya, hingga membuatnya nyaris tak tersentuh skandal. Selain itu, leader juga akan selalu memperpanjang kontrak hingga grup tersebut memilih bubar atau dibubarkan.

Meski begitu, leadergrup K-pop tetap saja manusia yang punya cela. Berikut ini nasib grup-grup K-pop yang ditinggalkan pemimpinnya.

1. 2PM

Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget

Foto: Instagram @jparkitrightthere/JYP Entertainment

Grup asuhan JYP Entertainment ini debut pada 2008 dengan tujuh member. Mereka adalah Jun. K, Nichkhun, Taec-yeon, Wooyoung, Junho, Chansung, dan leader-nya bernama Jaebeom, yang kini dikenal sebagai solois bernama Jay Park.

Jay Park keluar dari 2PM hanya selang sekitar setahun setelah grup itu debut. Keluarnya ia dari grup akibatdirinya diketahui pernah mengeluarkan pernyataan yang menyinggung Korea pada 2005. Lewat akun MySpace yang ditulis dalam bahasa Inggris, ia menyatakan bahwa dirinya "benci Korea" dan "Ingin kembali ke Amerika Serikat".

Setelah keluar karena kontroversi pernyataannya itu, nyatanya 2PM tetap berjalan. Meski sempat menghilang dari televisi selama beberapa minggu akibat kontroversi leader-nya, 2PM akhirnya merilis album studio pertama mereka pada 2009, bertajuk 01:59PM.

Album tersebut sukses besar, sampai membuat mereka meraih penghargaan Best Male Group dan Artist of the Year MAMA 2009. Prestasi mereka terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, hingga grup ini memutuskan hiatus pada 2017 karena harus menjalani wamil.

Setelah hiatus selama empat tahun, pada 28 Juni 2021 mereka comeback sebagai grup lengkap dengan enam member dan merilis album Must. Masih pada tahun yang sama, mereka juga merilis mini-album berbahasa Jepang bertajuk With Me Again.

Hingga kini, 2PM masih tetap berdiri meskipun para member-nya punya proyek solo masing-masing, termasuk sebagai aktor. Ok Taec-yeon dan Junho jadi dua member yang paling populer dan sukses sebagai aktor drama Korea.

2. iKON

Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget

Foto: YG Entertainment

Masih dari boy group, kali ini asuhan YG Entertainment yang debut pada September 2015. Grup iKON awalnya berjumlah tujuh orang, yaitu Jay, Song, Bobby, DK, Ju-ne, Chan, dan sang leader B.I alias Kim Han-bin.

Namun pada 12 Juni 2019 B.I terpaksa keluar dari iKON karena berita dirinya yang disebut membeli ganja dan LSD. Namun polisi tak melakukan penyelidikan atas kasus ini, meski mengetahuinya.

Setelah B.I keluar, iKON sempat absen setengah tahun, hingga akhirnya merilis mini-album I Decide, pada 6 Januari 2020. Mereka juga sempat mengikuti kompetisi program musik dan tari Kingdom: Legendary War pada 2021 bersama beberapa boy group lainnya.

Setelah merilis mini-album Flashback pada Mei 2022, pada 30 Desember tahun yang sama seluruh member iKON sepakat mengakhiri kontrak mereka dengan YG Entertainment setelah tujuh tahun. Seluruh member beralih ke agensi 143 Entertainment dan berencana merilis album baru pada April 2023.

Agensi 143 Entertainment sejauh ini memiliki grup LIMELIGHT, Yeseo dan Mashiro Kep1er, serta aktor Jung Chanwoo.Adapun B.I kini menjadi rapper solo yang baru saja merilis album studio Love or Loved Part.1 pada November 2022.



3. AOA

Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget

Foto: FNC Entertainment

AOA adalah girl group bentukan FNC Entertainment pada 2012. Grup ini terdiri dari delapan member, dengan konsep grup band dan grup dance. Member-nya adalah Choa, Yuna, Youkyung, Hyejeong, Mina, Seolhyun, Chanmi, dan Jimin sebagai leader-nya.

Baru 4 tahun, pada 2016 Youkyung memilih keluar, begitu juga Choa pada 2017 dengan alasan kesehatan mental. Mina lalu menyusul pada 2019 dengan alasan mengejar karier akting.

Namun belakangan, Mina mengaku alasan sebenarnya ia keluar dari AOA adalah karena dirinya sering dirundung Jimin selama 10 tahun, yaitu sejak ia menjadi trainee. Karena skandal ini, Jimin akhirnya keluar dari AOA pada 2020.

Gara-gara hal ini, AOA akhirnya hiatus panjang. Tak cuma itu, Yuna akhirnya juga keluar pada 2021, disusul Seolhyun pada 2022.

Kini, AOA hanya tinggal menyisakan Hyejeong dan Chanmi. Meski begitu, sejak Jimin keluar, AOA belum pernah merilis karya apa pun hingga sekarang. Sementara Jimin sudah aktif lagi dengan muncul dalam survival show JTBC untuk para rapper perempuan berjudul TheSecond World.

4. AB6IX

Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget

Foto: Brand New Music

AB6IX baru debut pada 22 Mei 2019 di bawah Brand New Music, tapi sudah ditinggal leader-nya, Lim Young-min, yang keluar pada 8 Juni 2020. Penyebabnya adalah karena Young-min terkena kasus mengemudi dalam kondisi mabuk (DUI) pada 31 Mei, setelah ia pulang dari pertemuan dengan teman-temannya.

Kondisi ini mengakibatkan AB6IX kini beranggotakan empat member saja, yaitu Jeon Woong, Kim Dong-hyun, Park Woo-jin, dan Lee Dae-hwi. Meski ditinggal leader-nya, tapi grup ini tetap aktif merilis album-albumnya. Terakhir, mereka merilis mini-album Take a Chance pada Oktober 2022.

Sementara itu, Young-min tetap bergabung berama Brand New Music, dan pada Mei 2022 baru bebas dari wamil.



5. OnlyOneOf

Nasib 5 Grup K-Pop yang Ditinggal Leader-nya, Ada yang Mengenaskan Banget

Foto: 8D Entertainment

Boy group asuhan 8D Entertainment ini debut hanya selang beberapa hari dari AB6IX, yaitu pada 28 Mei 2019. Namun nasibnya pun sama, yaitu ditinggal leader-nya, Love, pada 2 Agustus 2021.

Berbeda dengan nama-nama leader di atas, Love keluar tanpa kena skandal apa pun. Alasannya saat itu hanya karena hal pribadi.

Kini, OnlyOneOf terdiri dari enam member, yaitu KB, Rie, Yoojung, Junji, Mill, dan Nine. Mereka juga tetap rajin merilis album, terakhir adalah mini-album Seoul Collection yang dirilis pada 2 Maret 2023.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)