Jarang Dilirik, Ini Tempat Wisata Unik di Jakarta

Rabu, 15 Juli 2020 - 18:00 WIB
loading...
Jarang Dilirik, Ini Tempat Wisata Unik di Jakarta
Hutan Kota Arboretum di kompleks Kementrian Kehutanan di Senayan, Jakarta. Foto/Facebook Museum Kehutanan Ir.Djamaludin Suryohadikusumo
A A A
JAKARTA - Selain tempat wisata ikonik kayak Kota Tua, Ancol, dan Monas, Jakarta punya banyak tempat wisata lainnya yang belum terlalu populer, loh.

Dari mulai kampung yang banyak penjual parfumnya sampai hutan kota di tengah kota, berikut tempat wisata yang bisa kamu datangi.

1. KAMPUNG WANGI CONDET

Jarang Dilirik, Ini Tempat Wisata Unik di Jakarta

Foto: eviparfum.com

Buat kamu yang warga Condet, pastinya udah gak asing lagi dengan Kampung Wangi. Lokasinya ada di sepanjang Jalan Raya Condet, atau warga sekitar biasa menyebutnya dengan Al Hawi.

Menurut Ketua Yayasan Cagar Betawi Condet, Iwan Setiawan, konon tempat ini menjadi ramai dengan pedagang parfum saat orang-orang Arab mulai menetap di Condet sekitar tahun 1975. Selain parfum, banyak juga dagangan pakaian muslim, kurma, dan oleh-oleh haji yang dijual dengan harga murah.

2. HUTAN KOTA ARBORETUM

Jarang Dilirik, Ini Tempat Wisata Unik di Jakarta

Foto: Facebook Museum Kehutanan Ir.Djamaludin Suryohadikusumo

Selain hutan kota GBK Senayan, ada lagi hutan kota yang asyik di kawasan Senayan, yaitu Hutan Kota Arboretum Ir.Lukito Daryadi, M.Sc. Lokasi tepatnya ada di dalam kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Suasana hutan kota ini bakal bikin kamu merasa ada di luar kota yang sejuk. Arboretum ini ternyata udah dibangun sejak tahun 1978. Pepohonan rindang ditambah suasana yang asri dan tenang enak banget buat kamu bersantai di sini.

3. BUMI PERKEMAHAN DAN GRAHA WISATA PRAMUKA CIBUBUR

Jarang Dilirik, Ini Tempat Wisata Unik di Jakarta

Foto: energizeoutbond.com

Tempat ini dikenal dengan nama Buperta Cibubur, sekaligus sebagai tempat kemping atau kemah acara sekolahan. Selain itu, sebenarnya ada lumayan banyak aktivitas lain yang bisa kita lakukan di sini, misalnya main outbound.

Kawasan Buperta Cibubur juga punya beberapa tempat wisata lainnya, misalnya Taman Wiladatika, Cibubur Junction, dan Taman Lalu Lintas. Tiket masuk wilayah Buperta Cibubur murah banget, cuma Rp3.000 – Rp6.000.

4. KAMPUNG BETAWI SETU BABAKAN

Jarang Dilirik, Ini Tempat Wisata Unik di Jakarta

Foto: nativeindonesia.com

Mau belajar tentang Kota Jakarta? Kampung Betawi di Setu Babakan udah paling bener buat kamu datangi. Perkampungan budaya Betawi ini didirikan pada 18 Agustus 2000, berlokasi di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di sini ada danau buatan yang asyik, dengan banyak pedagang makanan khas Betawi, misalnya es selendang mayang, kerak telor, bir pletok sampai aksesori Betawi.

Selain itu setiap akhir pekan juga ada pertunjukan budaya Betawi, misalnya lenong. Kadang ada juga seleb beken ikut tampil. Pertunjukan ini juga bisa ditonton gratis.

Ramdhani Kusuma Putra
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @ramable_
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)