10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Senin, 06 Februari 2023 - 08:08 WIB
loading...
10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir
Sejumlah anime shounen modern dalam 7 tahun terakhir menampilkan karakter utama atau protagonis yang punya tipe berbeda dari serial sejenis yang lebih klasik. (Foto: We Got This Covered)
A A A
Shounen adalah genre paling populer di anime . Dari genre ini, telah lahir banyak serial dan karakter yang disukai orang di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak serial anime shounen yang punya protagonis mengagumkan. Merekalah yang membuat serial ini tetap berjalan.

Setidaknya dalam 7 tahun terakhir, banyak protagonis shounen yang tidak lagi menggambarkan tampil seperti protagonis konvensional. Jarang dari mereka yang memulai semuanya sebagai underdog seperti Goku dari Dragon Ball atau pun Naruto Uzumaki dari Naruto. Sebagian bahkan muncul dengan kekuatan di tangan mereka.

Di anime shounen modern, para protagonisnya juga tidak lagi mencari kekuatan atau ingin menjadi nomor satu. Sebagian besar hanya ingin menjadi orang baik dan menjalani hidup normal. Meski begitu, itu tidak menjadikan mereka kurang menarik. Alih-alih, twist yang mereka dapatkan membuat karakter mereka jadi berbeda dari yang lainnya. Siapa saja protagonis terbaik anime shounen modern dalam 7 tahun terakhir? Simak ulasannya berikut ini!



10. Shigeo Kageyama — Mob Psycho 100 (2016)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Cultured Vulture

Shigeo Kageyama atau yang akrab disapa Mob adalah seorang anak SMP dengan kekuatan esper luar biasa. Di dunia shounen di mana protagonisnya suka memamerkan kekuatannya, Mob malahan tidak tertarik untuk melakukannya di Mob Psycho 100. Alih-alih, dia lebih tertarik untuk mendapatkan teman dan menarik perhatian dari cewek yang dia taksir, Tsubomi.

Suatu hari, Mob bertemu seorang penipu bernama Reigen Arataka yang memberinya pekerjaan paruh waktu sebagai tenaga esper di kantornya. Di tempat itulah, Mob baru memamerkan kekuatannya untuk membantu orang. Mob tidak pernah ingin menjadi yang terkuat. Yang dia inginkan adalah hidup normal.

9. Takemichi Hanagaki — Tokyo Revengers (2021)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Suman Sourabh

Takemichi Hanagaki seharusnya masuk menjadi karakter utama anime shounen terburuk yang pernah ada. Dia sama sekali tidak memenuhi syarat menjadi karakter utama di genre ini yang biasanya diisi karakter bermental baja. Alih-alih, Takemichi cengeng, sok jago, dan lemah. Di dunia seperti Tokyo Revengers, karakter seperti dia hanya akan menjadi bulan-bulanan para gangster.

Tapi, yang menjadikan Takemichi lain dari karakter utama tipikal shounen adalah dia tidak takut menunjukkan emosinya. Takemichi bisa menangis kapan saja karena hatinya yang lembut, bukan karena dia pengecut. Di dunia di mana cowok selalu dicap lemah ketika menangis, Takemichi menunjukkan kalau tidak mengapa menangis agar semua emosi terluapkan. Sementara, meski lemah, Takemichi tidak pernah lari dari pergulatan apa pun.

8. Hyakkimaru — Dororo (2019)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: YouTube

Hidup Hyakkimaru bukan apa-apa selain neraka. Dia lahir tanpa kulit, suara, telinga, mata, hidung, dan anggota tubuh gerak. Setelah diselamatkan seorang dokter dan tumbuh dewasa, dia tidak menginginkan apa-apa lagi selain mendapatkan kembali anggota tubuhnya yang telah ditumbalkan kepada para iblis.

Di sepanjang Dororo, awalnya, Hyakkimaru tidak pernah berpikir untuk balas dendam. Dia hanya ingin mendapatkan kembali anggota tubuhnya itu dan hidup normal. Namun, semakin dia tahu tentang hidupnya, dendam itu pun tumbuh dan semakin menjadi. Misinya untuk mendapatkan kembali anggota tubuh itu menjadi sesuatu yang lebih berbahaya.

7. Yoichi Isagi — Blue Lock (2022)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Forever Geek

Sudah biasa bagi sebagian besar anime olahraga shounen untuk berfokus pada protagonisnya yang membentuk persahabatan dan ikatan kuat dengan rekan setim mereka. Tapi, itu tidak berlaku bagi Blue Lock. Yoichi Isagi tidak bisa lebih peduli untuk membuat kenangan dengan tim sepak bola SMA-nya. Satu-satunya yang dia pedulikan adalah menjadi striker terbaik di Jepang.

Makanya, dia ikut program kontoversial bernama Blue Lock di mana 300 stiker muda harus bersaing satu sama lain untuk mengamankan posisinya di tim nasional Jepang. Hanya satu orang yang bisa keluar sebagai pemenang sementara 299 lainnya harus berhenti bermain sepak bola selamanya. Meski Isagi butuh sedikit waktu untuk bisa mengikuti ideology program itu, dia secara perlahan-lahan mendapatkan kepercayaan diri dan ego yang dibutuhkan untuk menjadi yang terbaik di lapangan.

6. Loid Forger — Spy x Family (2022)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: CBR

Ketika sebagian besar protagonis shounen tampil dalam diri seorang bocah ABG atau remaja, Spy x Family menampilkan karakter utamanya dalam bentuk lain. Dia adalah Loid Forger, seorang pria dewasa dengan pekerjaan sebagai mata-mata. Dia sangat misterius, sampai tidak ada yang tahu siapa nama aslinya. Dia hanya dikenal sebagai Twilight dan Loid adalah salah satu aliasnya.

Sebagai pria dewasa, Loid tidak lagi ingin menjadi orang terkuat atau menguasai dunia. Alih-alih, dia sangat berdedikasi dalam pekerjaannya demi mencegah terjadinya perang antara Ostania dan Westalis. Misinya saat ini mewajibkannya punya anak dan istri. Dia menemukannya pada Anya dan Yor. Tapi, dia harus menyembunyikan identitas aslinya sebagai seorang mata-mata dari mereka.

5. Senku Ishigami — Dr. Stone (2019)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Crunchyroll

Sebagai seorang protagonis shounen, Senku Ishigami tidak punya kekuatan supranatural atau bahkan kekuatan fisik yang besar. Di Dr. Stone, dia mengandalkan kekuatan otaknya dan wawasannya tentang sains untuk menyelesaikan semua masalah. Senku tidak ingin menjadi raja atau yang terkuat di antara yang lainnya. Dia hanya ingin mengembalikan peradaban manusia modern.

Senku mengawali semuanya dengan menjadi korban petrifikasi yang melanda bumi. Lebih dari 3.000 tahun kemudian, Senku terbangun di sebuah dunia yang berbeda. Bumi telah kembali ke zaman sebelum manusia ada. Tapi, itu tidak membuatnya putus asa. Alih-alih, Senku bertekad mengembalikan peradaban manusia dengan memanfaatkan pengetahuan luasnya tentang sains. Senku memang cerdas, tapi dia sama sekali tidak kuat.

4. Izuku Midoriya — My Hero Academia (2016)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: SportsKeeda

Izuku Midoriya mengikuti ciri khas seorang protagonis shounen tradisional sejati di era modern. Di My Hero Academia, dia diperkenalkan sangat ingin menjadi Pahlawan Nomor 1 di Jepang seperti idolanya, All Might. Masalahnya, Izuku lahir tanpa Quirk, bakat bawaan yang sangat diagungkan di dunianya. Tapi, itu tidak menjadi masalah baginya. Izuku tetap yakin dia akan mewujudkan cita-citanya.

Pertemuannya dengan All Might membuatnya hampir bisa mewujudkan cita-citanya. Idolanya itu memberikan Quirk-nya, One for All, kepada Izuku. ABG itu pun harus berlatih menggunakannya demi mencapai cita-citanya menjadi pahlawan nomor 1 dan menyelamatkan semua orang. Izuku hampir mewujudkan cita-cita itu. Hanya, ada sejumlah twist yang membuat impiannya itu belum terwujud sampai sekarang.

3. Denji — Chainsaw Man (2022)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Showbiz Cheat Sheet

Denji tidak seperti sebagian besar protagonis shounen. Dia tidak punya cita-cita besar untuk menjadi Raja Perompak atau Hokage atau bahkan Pahlawan Nomor 1. Dia sangat menghargai hal-hal kecil dalam hidup. Setelah tumbuh dalam kemiskinan ekstrem, Denji senang bisa bermimpi tentang main video game, makan roti bakar dengan selai dan mentega, dan punya pacar.

Di Chainsaw Man, Denji harus berfusi dengan Iblis Gergaji Mesin, Pochita, untuk menjadi Chainsaw Man demi bertahan hidup. Dia lantas bergabung dengan Biro Keselamatan Publik untuk menjaga masyarakat dari ancaman para Iblis. Sementara, dia juga diburu Iblis lain yang berusaha mendapatkan jantungnya. Di sisi lain, ketika protagonis shounen lain dikenal sopan dan ramah, Denji justru tampil sebagai sosok kasar, kurang sopan, dan mesum.

2. Tanjiro Kamado — Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (2019)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: SportsKeeda

Tanjiro Kamado memulai perjalanannya di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba dengan tragedi. Seluruh keluarganya dibantai iblis dan salah satu adiknya, Nezuko, diubah menjadi iblis. Alih-alih bertekad bulat untuk melakukan balas dendam di sepanjang hidupnya, Tanjiro berusaha mengembalikan adiknya agar menjadi manusia normal.

Demi mencapai tujuannya itu, Tanjiro pun menjadi Pembantai Iblis. Jalan yang dia lalui tidaklah mudah. Dia selalu menggendong Nezuko ke mana pun dia pergi. Sebagai protagonis shounen, Tanjiro termasuk yang terlalu serius. Dia jarang bertingkah konyol dan selalu berfokus pada misi yang diberikan kepadanya. Tanjiro adalah salah satu karakter utama paling tulus di dunia anime.



1. Yuji Itadori — Jujutsu Kaisen (2020)

10 Protagonis Terbaik Anime Shounen Modern dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: SportsKeeda

Yuji Itadori memenuhi semua persyaratan untuk menjadi protagonis anime shounen. Di Jujutsu Kaisen, dia diperkenalkan sebagai sosok yang cuek, santai, kocak, dan baik hati, tapi, punya kekuatan tersembunyi. Yang membedakannya adalah Yuji ditakdirkan untuk mati sejak dia memakan jari Raja Kutukan Ryoumen Sukuna demi menyelamatkan Megumi Fushiguro.

Di sepanjang Jujutsu Kaisen, Yuji tidak pernah berusaha menjadi yang terkuat. Dia tahu apa yang akan menjadi akhir hidupnya, tapi itu tidak membuatnya menjadi lembek. Dia terus teringat kata-kata kakeknya agar terus berbuat baik. Dan, itulah yang akan dia lakukan. Twist terakhir di manga Jujutsu Kaisen sepertinya akan mengubah nasib Yuji.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4131 seconds (0.1#10.140)