19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Senin, 23 Januari 2023 - 09:00 WIB
loading...
19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs
Bungou Stray Dogs dipenuhi karakter dengan kemampuan fantastik. Setiap kemampuan punya keunikan dan kekurangan hingga ada yang lebih kuat dari satu dan lainnya. (Foto: Bstation)
A A A
Bungou Stray Dogs adalah serial seinen buatan Kafka Asagiri yang diilustrasikan Sango Harukawa. Serial ini terlihat seperti shounen tapi sesungguhnya punya muatan lebih berat dengan nada yang lebih gelap ketimbang shounen. Keunikan serial ini ada pada karakternya yang nama serta kemampuannya diangkat dari nama-nama sastrawan kondang beserta karya mereka.

Karakter-karakter itu akan memamerkan kekuatannya ketika mereka dihadapkan dengan musuh mereka. Penonton anime Bungou Stray Dogs telah diperkenalkan dengan karakter beserta kemampuannya sebagai anggota Agensi Detektif Bersenjata, Port Mafia, dan The Guild. Kini, mereka akan diperkenalkan dengan Decay of Angel dan The Hunting Dogs.

Tapi, pembaca manga telah banyak diperkenalkan dengan karakter-karakter tersebut dan juga sepak terjangnya. Dari puluhan karakter dengan kemampuan khususnya, ada sejumlah karakter dengan kemampuan lebih kuat dari satu dan lainnya. Mereka yang terkuat ini adalah pemain penting dalam serial ini. Apa saja kemampuan terlemah dan terkuat serta pemiliknya di Bungou Stray Dogs? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut ini!



19. Undefeated by the Rain — Kenji Miyazawa

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: The Pantless Anime Blogger

Kenji Miyazawa punya kemampuan bernama Undefeated by the Rain, yang diangkat dari sebuah puisi. Terlepas dari namanya, kemampun itu membuat Kenji bisa mengangkat benda berat apa pun. Pada dasarnya, dia punya kekuatan super. Kenji bisa mempreteli rel kereta dengan tangan kosong dan melempar tank ke jalanan.

Undefeated by the Rain sepertinya juga memberikan ketahanan ekstra bagi Kenji. Kepalanya pernah ditendang sapi saat dia masih kecil, tapi dia baik-baik saja. Sayangnya, kemampuan ini jadi tidak berguna ketika Kenji kekenyangan.

18. The Great Fitzgerald — Francis Scott Key Fitzgerald

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Pinterest

The Great Fitzgerald adalah kemampuan yang hanya bisa dipakai mereka yang punya uang tak berseri. Sehingga, kemampuan ini tidak berguna bagi mereka yang berkantong cekak. Kekuatan ini membuat Fitzgerald lebih kuat dengan makin banyaknya uang yang dia hamburkan. Kalau ada orang lain di serial ini punya kemampuan itu, maka itu tidak akan berguna karena tidak ada karakter lain di serial itu yang sekaya dia.

17. The Matchless Poet — Doppo Kunikida

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Twitter

Doppo Kunikida hidup sesuai ide yang ditulis di buku catatannya. Ini bekerja dengan baik baginya karena kemampuannya, Lone Poet memberinya kekuatan menciptakan obyek dengan menuliskannya di buku itu. Doppo juga bisa menggunakan kertas putih untuk menciptakan benda yang bisa mendukung anggota lain Agensi Detektif Bersenjata. Meski keterampilannya ini berguna, kemampuan itu lebih baik dipakai sebagai dukungan.

16. Discourse On Decadence — Ango Sakaguchi

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Pinterest

Discourse On Decadence membuat Ango bisa membaca ingatan pada berbagai macam benda. Dia bisa mengekstraksi informasi yang tertinggal pada uang, senjata, atau bahkan mayat manusia. Kemampuan ini membuat Ango bisa menjadi mata-mata pemerintah dan Port Mafia. Satu-satunya efek samping dari kemampuan ini adalah kalau dipakai berlebihan, Ango menderita kelebihan mental ekstrem dan jadi kelelahan. Kadang, begitu ekstrem sampai menyebabkan gejala fisik.

15. All Men Are Equal — Yukichi Fukuzawa

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Tumblr

All Men Are Equal adalah kemampuan pendukung milik pemimpin Agensi Detektif Bersenjata (ADA), Yukichi Fukuzawa. Seperti namanya, All Men Are Equal membuat Yukichi bisa menekan kemampuan anak buahnya di ADA. Tapi, hanya mereka yang terbukti berharga yang bisa dipengaruhinya, yang membuatnya tidak berguna terhadap yang lain.

Tapi, karena Yukichi punya kemampuan berpedang dan seni bela diri mumpuni, dia masih sebuah kekuatan yang patut diperhitungkan. Dia masih merupakan karakter kuat bahkan tanpa kemampuannya itu. Karena sifat kemampuannya, setiap calon anggota agensi harus menjalani ujian untuk mengukur kekuatan mereka.

14. The Overcoat — Nikolai Gogol

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Anime Trending

Nikolai akan menjadi salah satu antagonis utama di Bungou Stray Dogs season 4. Tapi, pembaca manga pastinya sudah tahu seperti apa kemampuannya, The Overcoat, bekerja. The Overcoat pada dasarnya bertindak sebagai portal yang bisa dipakai Nikolai untuk memindahkan apa saja.

The Overcoat itu pas untuk melakukan kejahatan seperti mengutil, mencopet, menculik, menyadap, atau memindahkan bom saat bertarung. The Overcoat berfungsi sebagai mantel Nikolai, yang pada dasarnya adalah pintu masuk ke dimensi kantong sedalam 30 meter. Nikolai telah memindahkan kaki Atsushi, sebuah revolver, sebuah tiang telepon, Fyodor, Sigma, dan bahkan Dazai lewat mantel itu.

13. Thou Shalt Not Die — Akiko Yosano

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Akiko Yosano hanyalah satu satu dari sedikit karakter cewek di Bungou Stray Dogs. Karakternya diangkat dari seorang feminis yang juga seorang penyair Jepang. Dia punya kemampuan langka bernama Thou Shalt Not Die yang membuatnya bisa menyembuhkan luka luar.

Meski itu adalah kemampuan yang mengagumkan, Akiko hanya bisa menggunakan kemampuan itu pada orang yang terluka fatal. Untuk mengatasi kekurangan ini, dia harus “membunuh” mereka. Akibatnya, Akiko bisa cukup kejam ketika mengoperasi orang sehingga mereka nyaris mati jadi dia bisa memulihkan mereka. Satu-satunya orang yang tidak bisa dirawat Akiko adalah Osamu Dazai.

12. Demon Snow — Kyouka Izumi

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Twitter

Tanpa kemampuannya pun, Kyouka Izumi adalah lawan tangguh untuk dihadapi di seluruh Bungou Stray Dogs. Setelah meninggalkan Port Mafia dan memutuskan menjadi anggota Agensi Detektif Bersenjata, penggemar tahu tentang kemampuannya dan melihatnya menggunakannya atas keinginannya. Untuk beberapa saat, Demon Snow hanya bisa diaktifkan lewat telepon seluler (ponsel).

Demon Snow hanya mendengarkan perintah lewat telepon. Ini adalah kekurangan besar sebelum akhirnya Kyouka bisa mendapatkan kendali utuh atas kemampuan itu. Demon Snow menggunakan katana dan punya kemampuan fisik yang sangat besar.

11. Vita Sexualis — Ogai Mori

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Sebagai bos Port Mafia, anak buahnya dan banyak anggota Agensi Detektif Bersenjata tahu kalau Ogai Mori punya obsesi aneh terhadap cewek-cewek muda. Elise yang selalu bersama Mori diangkat dari cerita The Dancing Girl. Sementara kemampuannya, Vita Sexualis, diangkat dari sebuah novel erotis.

Karena Vita Sexualis hampir selalu aktif, tidak banyak yang berpikir dua kali saat melihatnya berjalan bersama Elise. Ketika dipanggil, Elise bisa terbang dengan kecepatan tinggi dan memegang suntikan raksasa untuk menyerang lawannya. Dia juga tidak mati ketika kalah dan hanya menghilang.

10. The Perfect Crime — Oguri Mushitaro

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Kemampuan The Perfect Crime Oguri Mushitaro sudah cukup menjungkalkan detektif mana pun. Bahkan, Ranpo Edogawa, detektif terhebat di dunia Bungou Stray Dogs, tidak bisa melaluinya selama beberapa saat. The Perfect Crime mengubah realitas yang membuat Mushitaro bisa menghapus semua bukti dari sebuah lokasi kejadian kejahatan.

The Perfect Crime juga punya visual yang cukup menyerampkan. Karena, kemampuan itu bermanifestasi sebagai organisme tembus pandang kecil yang keluar dari tubuh Mushitaro untuk melakukan pekerjaan kotornya. Kemampuan ini tidak berorientasi pada pertempuran, tapi membuat jengkel siapa pun yang berusaha menginvestigasi sebuah kejahatan. Itulah mengapa Mushitaro dijuluki Pembunuh Detektif.

9. Flawless — Sakunosuke Oda

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Pinterest

Flawless adalah kemampuan khusus Sakunosuke Oda alias Odasaku. Kemampuan ini membuatnya bisa memprediksi apa pun yang akan terjadi pada 5—6 detik di masa depan. Karena kemampuan ini, dia tidak bisa diserang secara tiba-tiba dan bisa mengobrak abrik rencana lawan sebelum mereka bisa melakukannya.

Meski begitu, Flawless jauh dari sempurna. Odasaku hanya bisa melihat beberapa detik ke masa depan. Jadi, apa pun yang buruh waktu respons lebih dari itu masih akan melukainya. Meski begitu, Flawless masih sebuah kemampuan yang sangat kuat.

8. Beast Beneath the Moonlight — Atsushi Nakajima

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: CBR

Atsushi Nakajima adalah protagonis Bungou Stray Dogs. Kemampuannya, Beast Beneath the Moonlight, membuatnya bisa berubah menjadi harimau putih. Meski awalnya tidak bisa mengendalikannya, dia belajar bagaimana mengubah satu bagian tubuhnya untuk meningkatkan kemampuan fisiknya, seperti mengubah kakinya menjadi kaki harimau untuk meningkatkan kecepatan.

Atsushi juga mendapatkan peningkatan indera penglihatan dan baru, seperti seekor macan. Kemampuannya juga bisa meningkat ketika dia merger dengan pengguna kemampuan lain, terutama Akutagawa dengan Rashoumon-nya. Satu-satunya kekurangan kemampuan ini adalah dia akan pingsan setelah menggunakannya.

7. Dogra Magra — Q

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki

Kyuusaku Yumeo alias Q selalu terlihat imut dalam setiap penampilannya di Bungou Stray Dogs. Meski begitu, dia adalah karakter yang berbahaya dengan kemampuan bernama Dogra Magra. Kemampuan itu membuat pusing lawan dengan halusinasi dan membuat mereka menyerang siapa pun yang mereka lihat.

Q harus terluka untuk mengaktifkan Dogra Magra. Makanya, dia selalu membawa silet untuk memastikan kemampuan itu aktif dengan sentuhan terkecil. Satu-satunya cara untuk menghentikan kemampuan Q adalah dengan No Longer Human.

6. Mirror Lion — Ochi Fukuchi

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: SportsKeeda

Ochi Fukuchi punya kemampuan bernama Mirror Lion. Kemampuan ini membuatnya bisa memperkuat senjata apa pun yang dia pegang hingga 100 kali lipat. Namun, kemampuan itu bukanlah satu-satunya yang membuatnya menjadi musuh yang berbahaya. Yang membuat Fukuchi lebih berbahaya adalah pedangnya, Shinto Amenogozen.

Pedang itu dipakai Fukuchi untuk mengalahkan dan menyegel Bram Stoker bertahun-tahun lalu. Pedang itu dulunya adalah pengguna kemampuan yang mati dan tubuhnya ditempa sebagai pedang. Di tangan Fukuchi, pedang itu dipakainya untuk memanipulasi waktu. Sampai saat ini, baru Atsushi dan Akutagawa yang tahu bagaimana kemampuan itu bekerja.

5. No Longer Human — Osamu Dazai

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Tumblr

Osamu Dazai mungkin tidak punya kemampuan fisik terkuat di Bungou Stray Dogs. Tapi, dia nyaris tidak terkalahkan dengan kemampuan apa pun. Maniak bunuh diri itu punya kemampuan bernama No Longer Human yang membuatnya bisa membatalkan kemampuan orang lain hanya dengan satu sentuhan.

Ini membuat Dazai pada dasarnya kebal kalau ada yang berusaha melukainya dengan kemampuan. Meskipun, dia masih bisa diserang atau dilukai dengan sarana normal. Sejumlah pengguna kemampuan hanya bisa dilumpuhkan dengan kemampuan pembatalan Dazai itu.

4. Rashoumon — Ryuunosuke Akutagawa

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: YouTube

Ryuunosuke Akutagawa sangat mahir menggunakan kemampuan khususnya, Rashoumon. Kemampuan itu punya banyak variasi yang bisa dia manfaatkan sesuai kemauannya. Kemampuan ini dipanggil dari mantel hitamnya atau apa pun yang dia pakai dan tampak seperti makhluk bayangan.

Rashoumon bisa digunakan untuk bertahan dan menyerang. Kemampuan ini paling kuat dipakai dari jarak mengengah, meskipun ini masih menjadi salah satu kemampuan paling berbahaya di Bungou Stray Dogs di jarak apa pun. Satu-satunya kekurangannya adalah ketika Ryuunosuke jadi terlalu emosional, dia tidak bisa mengendalikannya dengan tepat.

3. Crime and Punishment — Fyodor Dostoevsky

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Tumblr

Crime and Punishment adalah kemampuan milik Fyodor Dostoevsky. Meski Fyodor sudah diperkenalkan sejak season 1, tapi, kekuatan itu masih menjadi sebuah misteri di Bungou Stray Dogs. Berdasarkan apa yang dilihat penggemar selama ini, kekuatan itu sangat mengerikan dan kuat. Akbat kekuatan itu sangat instan.

Fyodor sepertinya bisa membunuh orang hanya dengan satu sentuhan, seperti terlihat dalam pertemuannya dengan Karma. Harus dicatat pula kalau Crime and Punishment bisa melewati sentuhan langsung kulit ke kulit karena seorang agen pemerintah yang memakai sarung tangan pun bisa mati karena dibunuh Fyodor ketika menyentuhnya. Belum jelas apakah kemampuan ini bisa dibatalkan.

2. Another — Yukito Ayatsuji

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: Stray Cat Writer

Penonton anime mungkin belum bertemu Ayatsuji karena dia tampil di manga Bungou Stray Dogs: Another Story. Tapi, kemampuannya, Another, sangat kuat sampai dia diklasifikasikan sebagai pengguna kemampuan berbahaya Kelas A. bahkan, No Longer Human-nya Dazai tidak bisa membatalkan kemampuan ini. Sama seperti kekuatan sebuah Death Note, Another menciptakan kematian yang disengaja terhadap korbannya.

Meskipun harus melewati atau mengubah obyek apa pun secara fisik yang menghalangi kemajuannya, tidak ada yang bisa menghentikan Another begitu Ayatsuji memutuskan membunuh target itu. Tapi, satu-satunya orang yang bisa dibunuh Ayatsuji adalah penjahat. Ayatsuji juga mengakui kalau dia tidak punya banyak kendali atas kemampuannya itu.



1. Upon the Tainted Sorrow — Chuuya Nakahara

19 Kemampuan Terlemah dan Terkuat di Bungou Stray Dogs

Foto: YouTube

Upon the Tainted Sorrow merupakan kemampuan khusus milik Chuuya Nakahara. Tapi, kekuatan sesungguhnya di balik kemampuan itu adalah Corruption. Dengan Dewa Bencana, Arabahaki, bersemayam di diri Chuuya, dia tidak punya kendali atas bentuk asli kemampuannya. Karena itu, cowok pendek itu hanya menggunakannya di waktu-waktu paling mendesak.

Dengan kekuatan itu, Chuuya bisa menciptakan lubang hitam, memindahkan obyek dengan pikirannya, dan membekukan musuh di tempatnya. Dia akan terus menggunakan Corruption sampai kekuatannya terkuras atau Dazai mendeaktifkannya dengan No Longer Human. Di sebagian besar waktu, Chuuya lebih banyak menggunakan Upon the Tainted Sorrow yang membuatnya bisa memanipulasi gravitasi.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)