5 Film Barat yang Terinspirasi dari Indonesia

5 Film Barat yang Terinspirasi dari Indonesia
Salah satu film Barat yang terinspirasi dari Indonesia adalah film laris Avatar 2. Foto/20th Century Studios
JAKARTA - Beberapa film dari luar negeri, termasuk film produksi studio di Hollywood, terinspirasi langsung dari Indonesia, terutama dari kekayaan budayanya.

Inspirasi dari Indonesia itu pun bisa diketahui dari pernyataan sineas atau timnya. Sebagiannya juga bisa dilihat langsung saat menonton filmnya.

Berikut ini lima film Barat yang terinspirasi dari Indonesia.


1. Raya and the Last Dragon (2021)

5 Film Barat yang Terinspirasi dari Indonesia

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Raya and the Last Dragon adalah film animasi genre petualangan buatan Disney yang disutradarai oleh Carlos López Estrada dan Don hall. Film ini terinspirasi dari budaya Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Ada beberapa kemunculan elemen-elemen dengan referensi budaya Indonesia di dalam film ini, seperti kesenian wayang kulit, pedang yang menyerupai keris, gamelan, struktur atap rumah gadang, dan buah kelengkeng.

2. Avatar: The Way of Water (2022)

5 Film Barat yang Terinspirasi dari Indonesia

Foto: Entertainment Weekly/20th Century Studios

Film fiksi ilmiah petualangan Avatar: The Way of Water adalah film laris yang disutradarai oleh James Cameron. Dalam wawancaranya bersama National Geographic, sang sutradara secara langsung menyebut bahwa inspirasi kehidupan Metkayina, salah satu klan dalam film itu, terinspirasi dari salah satu suku di Indonesia.

"Ada suku-suku di Indonesia yang tinggal di rumah panggung, hidup di atas rakit, dan lain-lain," ujarnya mengacu salah satunya pada Suku Bajo yang tinggal di perairan Indonesia. Warga suku ini juga dikenal sanggup mnyelam dalam waktu lama.

Baca Juga: 10 Film Populer Ini Dibenci Kritikus, tapi Laku di Box Office

3. Eat Pray Love (2010)

5 Film Barat yang Terinspirasi dari Indonesia

Foto: Columbia Pictures

Eat Pray Love merupakan film drama yang disutradarai oleh Ryan Murphy. Film yang dibintangi oleh Julia Roberts ini menceritakan tentang seorang perempuan yang memutuskan untuk pergi ke Bali setelah mengalami perceraian yang menyakitkan.

Ketika berada di Bali, terdapat adegan saat Liz melakukan meditasi di Teras Sawah Tegalalang.

4. Position Among the Stars (2010)

5 Film Barat yang Terinspirasi dari Indonesia

Foto:Cinema Delicatessen

Position Among the Stars merupakan film dokumenter yang digarap oleh sutradara asal Belanda Leonard Retel Helmrich. Filmnya bercerita tentang kisah tiga generasi dalam sebuah keluarga miskin yang tinggal di dalam pemukiman kumuh.

Persoalan yang ada dalam kisah keluarga ini antara lain terkait identitas, agama, serta tekanan sosial.
halaman ke-1
Share: