Terlalu Canggih, Tempat Makan Kucing Malah Bisa Diretas

Rabu, 30 Oktober 2019 - 17:20 WIB
Terlalu Canggih, Tempat Makan Kucing Malah Bisa Diretas
Terlalu Canggih, Tempat Makan Kucing Malah Bisa Diretas
A A A
Kalau kamu punya kucing atau anjing di rumah, baiknya mereka dikasih makan dari tempat makan konvensional aja.

Soalnya, ternyata tempat makan canggih yang bisa otomatis memberi makan kucing sesuai jadwal yang sudah ditentukan pemiliknya, bisa juga di-hack alias diretas.

Ini terjadi pada smart pet feeders Xiaomi FurryTail. Adalah peneliti keamanan digital asal Rusia, Anna Prosvetova, yang mengklaim bisa mengubah atau mengacaukan jadwal di alat itu. Bahkan, dia bilang dia bisa melakukannya tanpa harus tau password-nya.

Dikutip dari ZDNet, Anna mengklaim bahwa hanya dengan bermodalkan satu alat FurryTail, dia bisa tau lokasi 10.950 alat FurryTail lainnya yang ada di dunia.

Dia juga menyebut bisa mengacaukan jadwal makan dari 10 ribu hewan peliharaan tersebut. Ini artinya, dia bisa bikin hewan peliharaan jadi makan terus, atau gak makan sama sekali.

Kasus ini jadi kasus kesekian kalinya yang mempertanyakan keamanan alat-alat smart home, yaitu perangkat di dalam rumah yang bisa diatur secara otomatis dari jarak jauh.

Karena bisa diatur dari jauh, maka peretas atau perampok pun bisa menjebol sistem keamanan rumah, misalnya mematikan lampu atau listrik, sebelum merampok.

Nah, jadi selama sistem keamanannya belum terjamin benar, mending kamu rajin kasih makan kucing atau anjing dengan tangan kamu sendiri aja, ya.
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7134 seconds (0.1#10.140)