Mengenal PBA, Penyakit Joker yang Bikin Penderitanya Mendadak Suka Tertawa

Mengenal PBA, Penyakit Joker yang Bikin Penderitanya Mendadak Suka Tertawa
Arthur Fleck alias Joker suka tiba-tiba tertawa padahal dia tidak sedang senang dan tidak ada peristiwa lucu di sekitarnya. Foto/Warner Bros Pictures
JAKARTA - Yang udah nonton "Joker", bisa jadi penasaran dengan pseudobulbar affect (PBA), penyakit yang diidap Arthur Fleck alias Joker yang bikin dia mendadak suka tertawa, padahal dia sebenarnya lagi sedih atau gugup. Nah, fyi, penyakit ini beneran ada, dan bukan penyakit langka alias cukup banyak pengidapnya.

Dalam film, penyakit ini pertama kali diperkenalkan saat adegan Arthur lagi ngegodain bocah laki-laki di dalam bus. Adegan ini juga bisa kamu liat di trailernya.

Nah, saat lagi asik-asik-nya main dengan bocah itu, si ibu bocah malah ngomel ke Arthur. Bukannya kesal, Arthur malah ketawa gak berhenti-henti, bikin si ibu jadi tersinggung karena dianggap meremehkan omelannya

Adegan berikutnya adalah, Arthur yang masih terus ketawa menyerahkan secarik kertas kepada si ibu. Isi kertas itu adalah keterangan bahwa Arthur mengidap PBA, yang bikin dia suka tiba-tiba tertawa, tak peduli dalam kondisi apapun.



Mengenal PBA, Penyakit Joker yang Bikin Penderitanya Mendadak Suka Tertawa

Foto: Warner Bros Pictures

Hidup Berat Penderita PBA

Beda dengan orang kebanyakan yang ketawa ketika senang dan nangis ketika sedih atau terharu, pengidap PBA suka mengeluarkan ekspresi yang berbeda dengan perasaannya yang sebenarnya.



Ini karena ada sistem saraf mereka yang rusak. Atau lebih tepatnya, ada kerusakan pada korteks prefrontal. Ini adalah area otak yang mengontrol emosi. Karena sistem kontrolnya terganggu, maka mereka bisa tiba-tiba tertawa atau menangis dalam kondisi yang tidak sepatutnya.
halaman ke-1
Share: