6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Senin, 30 September 2019 - 20:00 WIB
6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi
6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi
A A A
Revisi Rancangan Undang-Undang (RUU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan ini ramai diperbincangkan publik. Perubahan yang tertuang dalam RUU tersebut memicu berbagai polemik.

Banyak yang enggak setuju sama peraturan tersebut, soalnya dianggap merugikan lembaga independen yang tugasnya memberangus para pelaku tindak pidana korupsi itu.

Revisi RUU KPK diprotes banyak pihak karena dikhawatirkan akan mengancam keberadaan KPK sebagai lembaga yang independen. Apabila RUU tersebut diteken, tidak hanya akan menghambat kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi, tapi juga akan membuka celah-celah baru bagi para oknum yang memanfaatkan momen tersebut semakin terbebas dari jeratan pidana korupsi.

Terlepas dari itu semua, perilaku korupsi memang udah jadi salah satu kebiasaan buruk di negara kita sejak dulu. Untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik, enggak mungkin dilakukan dengan instan, perlu sebuah proses yang tentunya dimulai dari diri sendiri.

Nah, supaya terhindar dari perilaku korupsi, kita perlu membiasakan diri dengan hal-hal berikut!

1. PUNYA MENTAL KAYA DAN BANYAK BERSYUKUR

6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Foto: ibelieve.com

Orang yang mentalnya kaya, biasanya malu kalo minta-minta sesuatu ke orang lain. Koruptor, meski hartanya udah bertumpuk, tapi kalo mentalnya miskin, selalu enggak pernah merasa cukup dengan yang sudah dia punya. Bawaannya kurang bersyukur dan mau selalu lebih!

Nah, mulai sekarang, kurangi, deh, mental meminta-meminta atau melakukan segala cara demi dapet gratisan. Ajaran agama pun sudah melarang kita meminta-minta. Bisa jadi kalau dibiasakan, nantinya bisa menumbuhkan bibit hobi nilep atau ngambil hak orang lain.


2. DEKATKAN DIRI PADA AGAMA

6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Foto: indonesiainside.com

Agama tidak hanya menjadi pedoman dari segi spiritual, tapi juga berfungsi sebagai norma aturan yang mengatur nilai-nilai kemanusiaan. Korupsi merupakan perilaku tercela yang melanggar nilai-nilai kemanusiaan karena merugikan banyak orang.

3. JANGAN BERORIENTASI PADA UANG
6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Foto: smallbizdaily.com

Niatkan segala sesuatu dengan hati yang tulus, jangan sampe terlalu berharap pada sesuatu yang sifatnya materialis. Sifat materialis akan menimbulkan ketidakpuasan batin dan ketidak-ikhlasan dalam bertindak.

Buat yang masih berstatus pelajar atau pun mahasiswa dan pengen nyari kerja, jangan hanya menganggap pendidikan sebagai jembatan yang mempermudah kita mencari lowongan kerja, tapi juga sebagai jembatan untuk memberikan manfaat terhadap sesama. Kalo kita hanya berorientasi pada uang, maka besar kemungkinan kita jadi lebih gampang disogok.

4. BERSIKAP JUJUR

6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Foto: theguardian.com

Kejujuran adalah modal penting dalam menjalani kehidupan. Sebuah pepatah Arab menyebutkan, "Katakanlah kebenaran walau itu pahit", yang berarti jangan sampai kita berbohong atau menyembunyikan sesuatu di hadapan orang, karena kebohongan yang terbongkar akan menghilangkan kepercayaan.

5. JANGAN PERNAH TAKUT!

6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Foto: 20th century fox

Untuk menyatakan kebenaran, maka diperlukan sebuah keberanian. Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan dan menolong seseorang yang sedang dalam penindasan akan melatih diri untuk tegas dalam bertindak. Untuk memberantas perilaku korupsi pun diperlukan keberanian, karena enggak jarang para penyidik KPK yang mendapatkan ancaman para tersangka lantaran tugasnya yang dianggap mengancam kejahatannya.

6. TUMBUHKAN RASA TANGGUNG JAWAB DARI HAL YANG KECIL

6 Hal Ini Bantu Kamu Tumbuhkan Sifat Anti-Korupsi

Foto: weetechsolution.com

Koruptor merupakan sosok yang tidak bertanggung jawab dan ingkar terhadap tugas yang menjadi amanatnya. Agar terhindar dari perilaku korupsi, kita perlu membiasakan diri dengan bertanggung jawab terhadap hal-hal kecil, misalnya mengerjakan tugas kuliah dengan usaha sendiri, enggak nyontek pas ujian, mengembalikan barang temuan kepada pemiliknya, dan tidak mengurangi atau mengambil jatah barang titipan.

Maulana Ali Firdaus
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @maulanaalifi
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4077 seconds (0.1#10.140)