Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?

Senin, 29 Juli 2019 - 10:55 WIB
Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?
Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?
A A A
Di akun Instagram-nya, Awkarin memamerkan dua foto nan unik sekaligus penuh estetika, yaitu foto bersama ayam. Satu foto bahkan menunjukkan Awkarin menggendong ayam tersebut. Padahal, ayam termasuk yang rentan dengan hama.

Memang sih, selebgram sekelas Awkarin pasti sudah mengecek kebersihan ayam tersebut. Tapi gimana dengan kita-kita yang, mungkin aja, jadi terinspirasi mau pelihara ayam, foto bareng ayam, atau malah sudah sering melakukan kontak dengan ayam?

Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?

Foto: Instagram @thisisnotkarin

Nah, berhubungan dengan megang ayam, kalau ada yang merasa gatal setelah melakukan kontak dengan binatang ini, bisa jadi ayam kamu kena penyakit yang disebut gurem. Apalagi kalau ayamnya gelisah dan banyak luka di badannya.

Gurem atau tungau ayam (ornithonyssus bursa) adalah hama yang menyerang unggas. Mirip kutu, gurem juga menghisap darah inangnya.

Oleh karena itu, gurem sangat berbahaya kalau menyerang induk ayam yang sedang mengeram dan juga anak ayam karena dapat menyebabkan turunnya produktivitas hingga kematian.

Jika terkena kontak dengan manusia, gurem dapat menyebabkan gatal-gatal di tubuh. Oleh karena itu sebelum melakukan kontak dengan ayam ada baiknya ayam tersebut bebas dari tungau.

Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?

Penampakan mengerikan tungau ayam kalau di-close up. Foto: Errizqi Dwi Cahyo

Cara mengatasi gurem pada ayam dapat ditangani dengan pemberian obat sintetik yang mengandung akarisida. Sayangnya, obat sintetik mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi ayam dan lingkungan.

Obat ini juga enggak boleh terlalu sering digunakan karena dapat membuat gurem menjadi kebal terhadap obat yang diberikan.

Nah, yang menarik nih, ada mahasiswa-mahasiswa IPB University jurusan kedokteran hewan yang mencari obat alternatif untuk membasmi gurem yang ramah lingkungan.

Mereka yaitu Virgillius Martin Kelake Kedang, Rama Adi Rianto, dan Idho Anugrah AL Kholik. Mereka melakukan penelitian terhadap daun biduri.

Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?

Virgillius, Rama, dan Idho. Foto: Errizqi Dwi Cahyo

“Masyarakat daerah saya percaya jika menanam pohon biduri di sekitar kandang ayam, maka ayamnya akan bebas dari segala macam parasit termasuk gurem,” tutur Virgillius selaku ketua tim penelitian.

Ternyata setelah dilakukan penelitian dan percobaan, daun biduri punya hasil yang lebih efektif dibanding obat sintetik untuk mengatasi masalah gurem.

Senyawa fitokimia pada daun biduri dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan gurem pada ayam lebih baik dari obat sintetik. Penggunaan daun biduri juga ramah lingkungan, lebih aman untuk ayam, dan dapat dibuat sendiri di rumah.

Penggunaan buatan rumah dapat dilakukan dengan menghaluskan daun biduri menggunakan blender dan direndam di dalam air selama beberapa saat agar senyawa fitokimianya terlarut dalam air. Kemudian ayam yang terkena gurem dapat dimandikan/direndam menggunakan larutan daun biduri tersebut.

Awkarin Foto Bareng Ayam, Gimana Kalau Jadi Gatal-Gatal?

Mandiin ayam dengan larutan daun biduri. Foto: Errizqi Dwi Cahyo

Cukup mudah bukan membuatnya sendiri di rumah? Cara tersebut juga bisa digunakan untuk unggas lain yang terkena masalah gurem, lho! Yuk mulai sekarang cek kesehatan hewan peliharaanmu dan gunakan produk yang ramah lingkungan!

Errizqi Dwi Cahyo
Kontributor Gen Sindo
IPB University
Instagram: @errizqidc
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4600 seconds (0.1#10.140)