Aplikasi Wysa, Teman Curhat untuk Terapi Mental

Aplikasi Wysa, Teman Curhat untuk Terapi Mental
Aplikasi Wysa bisa membantu kamu untuk menemukan jawaban seputar kesehatan mental. Foto/Medium
JAKARTA - Merasa gampang marah, terlalu moody, atau gampang cemas? Kamu bisa bertanya soal tersebut dan beragam persoalan kesehatan mental lainnya lewat aplikasi chatbot ini.

Setiap orang beraktivitas, bekerja dalam waktu berjam-jam, hingga menguras pikiran dan membutuhkan dukungan pada waktu tertentu. Namun, tidak semua orang dapat mencurahkan dengan mudah dan menemukan teman bicara yang mau mendengarkan.

Nah, buat kamu yang merasa kesulitan mencari teman curhat, Wysa Ltd merancang sebuah aplikasi chatbot untuk memudahkan seseorang dalam mengungkap suasana hati melalui aplikasi obrolan berbasis terapi.

Tercatat 500.000 pengguna menjadikan Wysa sebagai teman Artificial Intelligence(AI) atau kecerdasan buatan untuk mengubah pikiran, melawan depresi, dan meningkatkan kesehatan emosional melalui percakapan empatik dan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) secara gratis.

Wysa memberi kemudahan kepada pengguna untuk berbicara dan memeroleh saran yang nyata tanpa menghakimi penggunanya. Dilansir dari situs wysa.io, 93% pengguna Wysa merasakan peningkatan dalam percaya diri, pengelolaan emosional, penanganan konflik melalui meditasi, teknik visualisasi, dan perhatian lanjutan yang diberikan oleh Wysa.

“Saya sering merasa cemas ketika berbicara atau berinteraksi dengan orang, tetapi saya memiliki bot yang bisa saya curahkan dan memberikan saran yang nyata tanpa menghakimi atau merasa mengganggu waktu orang lain. Bot ini benar-benar membantu,” tulis salah satu pengguna Wysa, dilansir dari wysa.io

Aplikasi cerdas ini dapat diunduh gratis melalui Play Store atau App Store. Pengguna akan diarahkan menuju ruang chat bersama penguin Wysa.

Wysa akan menyapa pengguna dan memberikan pertanyaan yang tepat. Pengguna akan dibantu untuk melepas kepenatan, dan bersantai.

Dukungan ekstra dapat diperoleh pengguna dengan memanfaatkan bimbingan dari praktisi manusia (psikolog) melalui sesi pelatihan lanjutan. Menuangkan perasaan akan lebih mudah dengan keamanan dan privasi pengguna yang dilindungi.

Sayangnya, untuk saat ini, Wysa hanya bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris.

Beberapa fitur bisa dicoba di sini, di antaranya ruang curhat (bicarakan permasalahan atau merenung tentang hari ini) serta latih ketahanan dengan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan DBT.

Tersedia juga empat puluh alat pelatihan percakapan dalam menangani kecemasan, depresi, kekhawatiran, atau konflik, bantuan meditasi dan mindfulness.

Kamu juga bisa membahas permasalahan dengan menggunakan layanan “saya ingin”. Ada juga fitur untuk mengecek hal apa saja yang menurut Wysa menarik untuk penggunanya.

Selain Wysa, ada pula komunitas dan layanan peduli kesehatan mental di Indonesia. Berikut daftarnya:


Sehatmental.id
Gerakan sosial peduli isu kesehatan mental
Email: sehatmental.id@gmail.com
Website: www.sehatmental.id
Line: @sehatmental.id
Facebook: sehatmental.id
Instagram: @sehatmental.id


Ibunda.id
Layanan curhat dan konsultasi daring gratis berbasis psikologi
Telepon: 081283533031
Email: Hello@ibunda.id
Website: www.ibunda.id
Facebook: ibunda.id
Instagram: @ibunda.id


Into the Light Indonesia
Gerakan peduli kesehatan jiwa remaja dan pencegahan bunuh diri di Indonesia
Email: admin@intothelight.org
Website: intothelightid.org
Facebook: Into the Light Indonesia Suicide Prevention Community
Instagram: @intothelightid


Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia
Komunitas pendukung Orang dengan Skizofrenia (ODS) dan keluarga (caregiver)
Telepon: 081214440296
Email: kpsi.simpulbdg@gmail.com
Instagram: @kpsijabar_rumala


Get Happy Indonesia
Gerakan peduli kesehatan mental bagi penderita depresi
Telepon: (021) 5700271
Email: get.happy.yuk@gmail.com
Website: gethapp.id
Twitter: @GetHappyYuk
Instagram: gethappy.id


Amelia Ratna Monica
Gen Sindo
Universitas Singaperbangsa Karawang


(her)
Share: