Catet! Begini Caranya Belajar di Rumah Lebih Menyenangkan

Rabu, 08 April 2020 - 10:52 WIB
Catet! Begini Caranya Belajar di Rumah Lebih Menyenangkan
Catet! Begini Caranya Belajar di Rumah Lebih Menyenangkan
A A A
Pemerintah memutuskan meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020. Tujuannya baik, yaitu untuk mengantisipasi situasi pandemik saat ini. Dampaknya, kamu yang masih bersekolah harus fokus untuk belajar mandiri di rumah agar ketika situasi ini berakhir tidak tertinggal.

Pertanyaannya, bisakah kamu memanfaatkan smartphone untuk belajar di rumah? Jawabnya, tentu bisa.

Nah, GenSindo mencoba memberi tips supaya kegiatan mencari ilmu di rumah lebih menyenangkan. Kami aplikasikan tips ini melalui perangkat Samsung Galaxy M31.

Manfaatkan Beragam Aplikasi Pembelajaran
IMG_2179
Ada banyak sekali aplikasi pembelajaran yang bisa di akses di smartphone. Mulai Google Classroom yang direkomendasikan oleh Kemendikbud. Hingga Quipper, Ruangguru, Udemy, dan Bahaso.

Nah, disini pentingnya layar besar dan tajam, layar 6.4 inci sAMOLED FHD+ Galaxy M31 membuat GenSindo bisa mengakses materi pembelajaran dan menonton video infografis mengenai suatu topik selama berjam-jam dengan nyaman, mata juga tidak terasa cepat lelah.

Selain itu, karena bezelnya tipis dengan 91% rasio bodi ke layar, serta dimensi 159,2 x 75,1 x 8,9 mm dan berat 191 gram, smartphone ini cukup ringan digenggam.

Ngomongin soal ketahanan, bukan hanya layar Galaxy M31 saja yang bisa bikin mata tahan berlama lama menatapnya. Kapasitas baterai juga besar. Yakni 6.000mAh yang diklaim bisa digunakan untuk menonton video selama 26 jam berturut turut tanpa perlu nge-charge.

Mencari Informasi ataupun Belajar via Podcast
IMG_2191
Selain materi pendidikan formal, sekarang banyak cara baru yang bisa di ambil untuk tetap memperoleh informasi serta menambah pengetahuan selama proses belajar mandiri di rumah.

Podcast, misalnya. Banyak channel podcast yang bisa kamu dimanfaatkan. Seperti channel “Muda Cuma Sekali” di Spotify yang cocok banget untuk kalian yang sedang menempuh pendidikan SMA, mahasiswa atau yang sedang mencari pekerjaan.

Channel tersebut membahas seputar self-development, passion, dan kehidupan anak muda. Lainnya itu, ada channel “Makna Talks” di Soundcloud yang memungkinkan kamu melatih kemampuan bahasa Inggris karena channel tersebut menggunakan bahasa inggris yang “easy listening”.

Silahkan gunakan earphone maupun Bluetooth speaker untuk mengakses podcast via Spotify atau Soundcloud.

Ketika GenSindo mencoba Galaxy M31, suara yang dihasilkan speakernya terdengar jernih. Terutama jika memakai earphone dengan fitur Dolby Atmos. Sama seperti menonton video, kamu bisa mendengarkan podcast dan musik selama 119 jam atau 5 hari nonstop dengan Galaxy M31.

Rajin Membuat Catatan
IMG_2223
Meski memanfaatkan teknologi, tetapi GenSindo jangan lupa untuk tetap rajin membuat catatan. Khususnya materi pendidikan formal dari sekolah. Ada cukup banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan. Misalnya Evernote atau Google Keep.

Adapun yang menjadi aplikasi favorit GenSindo adalah Samsung Note. Ketiga aplikasi tersebut bisa terhubung langsung ke internet sehingga dapat di akses lewat berbagai perangkat. Kita bisa mengetik di Galaxy M31 untuk kemudian dilanjutkan di laptop tanpa kendala.

Jika kalian sedang tidak mood untuk mengetik, kenapa tidak manfaatkan perintah suara? Caranya mudah. Pertama, unduh dan aktifkan Google Keyboard.

Setelah itu, sentuh tombol mikropon di ujung sebelah kanan floating keyboard. Silahkan ubah kata menjadi tulisan. Memang ada keterbatasan. Misalnya lafal harus jelas agar Google tidak salah tulis, juga tidak bisa terlalu panjang. Berhenti setiap 8-10 kata.

Untuk aplikasi penyimpanan dengan memory sebesar 128GB GenSindo cukup menyimpannya di Galaxy M31, jika masih kurang GenSindo bisa menambah kapasitas memory dengan memory eksternal hingga 512GB.

Tetap Komit Mencapai Tujuan
IMG_2179_1
Tidak jarang ketika mencoba untuk serius belajar di rumah menggunakan Smartphone, gangguan datang. Mulai dari keinginan untuk membuka media sosial, ataupun ramainya grup Whatsapp teman teman sejawat.
Nah, Galaxy M31 sudah menggunakan Samsung One UI 2.0 berbasis Android 10 yang memiliki fitur baru Focus Mode. Gunanya meminimalisir distraksi, membuat kita fokus ke pembelajaran atau apa yang sedang kita kerjakan. Dengan Focus Mode, kita bisa memilih aplikasi apa yang aktif. Notifikasi mana yang akan muncul.

Ada dua opsi, Work Time dan Me Time yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Caranya mudah. Masuk ke Settings/Digital Wellbeing & Parental Control/ sentuh Tanda Panah (→) dibawah Digital Wellbeing.
Nah, di opsi Focus Mode, sentuh Add. Masukan nama Focus Mode kamu dan sentuh Save. Sentuh Add lagi, dan tambahkan aplikasi apapun yang ingin digunakan di Focus Mode dan sentuh Done. Terakhir, sentuh Start dan mulai Focus Mode.

Disamping itu, terdapat opsi penting lainnya guna membantu pengguna untuk lebih disiplin berfokus, yaitu opsi app timers yang memberikan batasan pemakaian aplikasi pada jangka waktu tertentu.
Kita bisa menantang diri sendiri untuk bisa membagi waktu antara belajar dan juga entertainment. Cara menemukannya pun mudah, masuk ke Settings/ Digital Wellbeing & Parental Control, dan opsi app timers berada tepat diatas Focus Mode.

Walaupun di rumah saja, 4 cara ala GenSindo diatas kalau kamu manfaatkan tentunya bisa bikin kegiatan belajarmu lebih menyenangkan.
(dng)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1960 seconds (0.1#10.140)