World Health Day, WHO Bikin Kampanye di Medsos Dukung Petugas Kesehatan

Selasa, 07 April 2020 - 18:00 WIB
World Health Day, WHO Bikin Kampanye di Medsos Dukung Petugas Kesehatan
World Health Day, WHO Bikin Kampanye di Medsos Dukung Petugas Kesehatan
A A A
Tanggal 7 April ditetapkan WHO sebagai Hari Kesehatan Dunia. Tapi ada yang berbeda dari peringatan tahun ini. Apalagi kalau bukan karena pandemi COVID-19.

Indonesia pun kini punya tingkat kematian yang signifikan akibat pandemi tersebut. Menurut data versi Kemenkes RI, per 7 April pukul 09.00, sebanyak 2.491 orang dinyatakan positif, dengan 192 orang sembuh, dan 209 meninggal. Banyak tenaga kesehatan yang gugur saat menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan mengatasi pandemi ini.

Dengan kondisi seperti ini, WHO memutuskan untuk menyoroti status tenaga kesehatan di seluruh dunia. Untuk mencapai target cakupan kesehatan universal, diperlukan kesadaran untuk menyediakan perawatan dan peralatan berkualitas tinggi.

Selain itu, peduli satu sama lain juga hal yang perlu dilakukan. Gak ketinggalan, dukungan untuk tenaga kesehatan yang saat ini bekerja keras merawat pasien.

Nah, dukungan ini pun salah satunya diwujudkan dengan postingan di media sosial. Dengan tagline “Support nurses and midwives”, WHO mengajak masyarakat dunia berterima kasih kepada mereka yang bekerja di rumah sakit dan pusat karantina COVID-19 di berbagai wilayah.

World Health Day, WHO Bikin Kampanye di Medsos Dukung Petugas Kesehatan

Foto: who.int

Masyarakat bisa mem-posting foto atau video mengenai tenaga kesehatan dan pasien, dan memberitahu bahwa mereka sudah melakukan dan bertahan dengan baik. Jangan lupa, pakai tagar #SupportNursesAndMidwives dan #COVID19.

WHO juga bakal memberikan sejumlah laporan menyangkut optimalisasi kontribusi dari seluruh tenaga kesehatan. Laporan pertama telah disiarkan pada situs web resmi WHO pada 7 April dini hari tadi.

“Salah satu pelajaran yang saya harap dapat diambil dari COVID19 ini adalah pentingnya berinvestasi pada petugas kesehatan yang tidak hanya menjaga kehidupan kita, juga kehidupan sehari-hari,” ujar Tedros Adhanom, Direktur Utama WHO.

Tedros juga mengumumkan saat ini sedang dalam persiapan konser global “Together at Home” bersama beberapa penyanyi internasional seperti Lady Gaga. Penampilan spesial dari konser One World: Together at Home akan tayang secara virtual pada 18 April mendatang.

Selain memberikan dukungan baik untuk tenaga kesehatan di luar sana, jangan lupa untuk melakukan imbauan #StayAtHome demi mengurangi penyebaran virus Corona.

Afifah Rahmah Nurdifa
Kontributor GenSINDO
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Instagram: @arnurdifa
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1238 seconds (0.1#10.140)